Connect with us

Product Info

Blincam – Kamera Canggih yang Bisa Bikin Salah Tingkah

Published

on

Dunia fotografi tidak mutlak hanya menjadi milik para fotografer handal saja karena saat ini semua orang bisa mendadak jadi fotografer. Mulai dari sekedar ikut-ikutan tren sampai ke hobi yang akhirnya dapat menjadi penghasilan tambahan. Namun, momen tak terduga biasanya sering datang tiba-tiba sehingga mau tak mau tangan harus selalu siap memegang kamera atau minimal smartphone untuk membidik momen unik dan berharga. Nah, perusahaan startup dari Tokyo menciptakan kamera dengan kontrol yang unik dan simpel yaitu Blincam yang hanya mengandalkan kedipan mata untuk memotret objek di sekitar.

Blincam memiliki dimensi 85 x 17 x 10mm dengan berat hanya 25 gram dan berbentuk kotak kecil panjang yang bisa dipasang pada kacamata. Gadgetarian cukup memandang berkeliling seperti biasa dan jika menemukan momen menarik, tinggal berkedip saja. Kerennya lagi, Blincam mampu membedakan mana kedipan mata yang alami dan mana kedipan yang disengaja untuk memotret dengan akurasi hingga 90 persen berkat ditanamkannya teknologi Eye Movement Sensor. Hanya saja jangan sampai kedipan mata kamu disalahartikan sama orang sekitar ya. Nanti repot sendiri lho.

Device ini juga dilengkapi dengan LED indikator batere, Bluetooth, port microUSB, sensor kamera HD CMOS, penyimpanan internal sebesar 32GB, dan speaker untuk suara shutter. Hasil jepretan kamu bisa langsung ditransfer ke smartphone menggunakan konektivitas nirkabel Bluetooth. Blincam juga memiliki satu tombol fisik dengan modul lensa yang mengarah ke depan, dan menyimpan batere build-in sehingga tetap aktif hingga empat jam atau delapan jam saat standby.

Teknologi memotret dengan kedipan sebenarnya sudah pernah diterapkan di Google Glass, dan ini menjadi masalah tersendiri. Selain belum adanya solusi untuk mengetahui apakah jepretan Blincam sudah tepat sasaran atau belum, Blincam juga terbentur masalah privasi. Hanya dengan berbekal smartphone saja, privasi orang sudah banyak disebarkan di dunia maya, apalagi dengan kamera yang bisa disamarkan penggunaannya sehingga tidak terlihat orang itu sedang memotret atau tidak. Walau begitu, device ini tetap menawarkan sesuatu yang unik dan menarik. Blincam masih dalam tahap pengembangan dan diperkirakan akan diluncurkan akhir 2016 atau awal 2017 dengan banderol harga sekitar US$ 185.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *