Connect with us

News

Kinerja Keuangan XL Axiata Membaik

Published

on

XL Axiata Tbk mengumumkan beberapa pencapaian selama 9 bulan yang berakhir tanggal 30 September 2016 lalu.  Selain mengumumkan pencapaian meningkatnya jumlah pelanggan dan ARPU blended XL juga mengumumkan peningkatan laba selama 9 bulan di awal 2016 ini. Dari laporan yang dirilis ini nampak adanya banyak kemajuan yang diraih XL sejak mengakuisisi AXIS dan pencatatan rugi bersih tahun lalu.

Dalam laporannya menyebutkan Laba XL sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA) sedikit menurun QoQ pada 3Q 16. Hal ini terjadi sebagai dampak dari penjualan menara, dan biaya sewa kembali yang lebih tinggi. Selain itu, ada pula karena pengaruh peningkatan upaya dari sisi Sales dan Marketing untuk membangun kesadaran pelanggan melalui program U900 dan peluncuran layanan 4G, terutama untuk visibilitas perdagangan yang lebih baik. Meskipun demikian, pada periode 9 bulan di 2016, EBITDA meningkat 3% YoY menjadi Rp 6,2 triliun, sementara margin juga telah meningkat 2,8% YoY menjadi 38,6%, sebagai hasil dari fokus XL pada profitabilitas yang merupakan inti dari agenda Transformasi.

Seiring dengan agenda Transformasi, XL telah berhasil menyelesaikan tujuan pengelolaan Neraca Keuangan (Balance Sheet Management) untuk mengurangi dan meminimalkan dampak fluktuasi forex. Karena itu, dengan selesainya proses rights issue, dan penjualan menara serta transaksi penyewaan kembali menara tersebut, pada triwulan sebelumnya, posisi leverage yang dimiliki XL saat ini telah kembali seperti pada masa pra-akuisisi AXIS. Hal ini memberikan XL kekuatan dan fleksibilitas neraca yang memadai.

Peningkatan terbesar adalah pada laba bersih di mana XL mencatat Laba sebesar Rp 160 miliar dibandingkan dengan kerugian sebesar Rp 507 miliar tahun lalu. Hal ini terjadi karena dampak positif penguatan Rupiah terhadap US Dollar, dan keuntungan dari penjualan menara ke Protelindo pada periode tersebut.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *