Connect with us

News

XL Gandeng ITB Luncurkan Xmart Village 3.0

Published

on

XL Xmart Village 3.0

PT. XL Axiata Tbk (XL) terus konsisten memberikan kontribusi langsung terhadap pengembangan ekonomi digital di Indonesia. Salah satunya adalah lewat program Xmart Village yang telah dirintis sejak tahun 2014 lalu dan kini telah memasuki tahun ke-3. XL bersama-sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali  meluncurkan Program Xmart Village 3.0 yang dilakukan oleh Chief Digital Services XL, Joseph Lumban Gaol, bersama-sama dengan beberapa Kepala Desa di Cibeusi, Lembang, Subang, Jawa Barat. Program Xmart Village ini memiliki tujuan  menciptakan standar baru pembangunan desa digital di Indonesia.

Joseph Lumban Gaol mengatakan, “Sebagai penerus dari program Xmart Village 1.0 dan 2.0, pada Xmart Village 3.0 kami mengembangkan solusi-solusi yang lebih dekat dengan keseharian masyarakat. Kami juga menyasar lebih banyak aspek. Disamping ekonomi dan pariwisata, kami juga berupaya meningkatkan minat baca, kesehatan, budaya, hingga administrasi desa.”

Melalui Xmart Village 3.0, XL ingin mengajak masyarakat memanfaatkan teknologi digital secara positif dengan menghadirkan beragam inovasi digital bukan sekadar untuk mempertontonkan kecanggihan teknologi. Dengan program ini XL ingin mengangkat peran teknologi dalam memajukan kehidupan masyarakat desa. Hal ini karena selama ini teknologi digital sering dipandang sebagai kebutuhan masyarakat perkotaan saja, padahal di desa pun masyarakat sudah sangat siap untuk mengadopsi teknologi-teknologi baru. Tak hanya untuk berkomunikasi, tapi juga untuk membantu aktivitasnya sehari-hari.

Sejumlah aktifitas yang sudah siap dijalankan pada Xmart Village 3.0 antara lain digitalisasi taman bacaan, standarisasi smart toilet, geomapping, peningkatan standar administrasi pedesaan, penyediaan website dan layanan digital lainnya seperti instagram, pembuatan video 360, dan pelatihan digital bagi anak dan wanita. Khusus untuk digitalisasi taman bacaan, 320 anak di desa-desa sasaran saat ini dapat menikmati buku-buku dalam format digital yang koleksinya terus bertambah. Taman bacaan ini menjadi taman bacaan digital pertama di Indonesia yang juga memiliki fasilitas perangkat Virtual Reality (VR) dengan sejumlah aplikasi yang sesuai dengan program Internet Sehat atau Melek Internet yang XL selalu dukung.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *