Arrival (2016) Bukan Film Alien Biasa

Seorang ahli bahasa bernama Louise Banks (Amy Adams) diminta bantuannya oleh pihak militer AS setelah pesawat makhluk asing berbentuk oval muncul dan singgah di dua belas lokasi berbeda di bumi. Louise berangkat ke Montana dan mulai memelajari bentuk komunikasi dengan para alien Heptapod. Dibantu oleh ilmuwan Ian Donnelly (Jeremy Renner), mereka berdua mulai menjalin komunikasi secara berkala dengan dua sosok alien yang mereka beri panggilan Abbott dan Costello hingga akhirnya Louise mulai memahami apa tujuan mereka sebenarnya datang ke bumi.

Berapa banyak kamu melihat suguhan film yang memertontonkan kisah alien yang muncul dari luar angkasa dan singgah di bumi? Dan dari sekian banyak film yang sudah kamu tonton, pasti tidak jauh-jauh dari peperangan masif para militer Amerika melawan sepasukan alien lengkap dengan pesawat luar angkasanya. Atau dalam skala kecil, sesosok makhluk misterius dari planet lain yang jatuh ke bumi dan meneror sekumpulan orang yang malang di daerah terpencil. Namun, kamu boleh berekspektasi sangat tinggi saat sutradara jenius asal Kanada, Denis Villeneuve yang sempat membuat nafas penontonnya tertahan kala melihat karyanya dengan judul-judul Prisoners, Enemy, atau Sicario, mulai melebarkan sayapnya ke ranah fiksi ilmiah dan melibatkan invasi alien.

Arrival dimulai dengan cukup lambat dan ini sebetulnya berpotensi membuat sebagian penontonnya menguap, namun secara perlahan, Arrival mulai memerlihatkan madunya dengan berbagai misteri dan ketegangan yang muncul. Alur ceritanya dijahit dengan rapi dengan berbagai sempilan adegan kilas balik yang diselipkan dalam narasinya, namun fokus utama tetap terjaga dengan baik meski sesungguhnya kita tidak pernah benar-benar mendapatkan penjelasan secara gamblang tentang maksud kunjungan para alien tersebut. Luar biasanya, walaupun ini merupakan sajian fiksi ilmiah, kita tidak akan banyak melihat berbagai istilah sains yang rumit dan memusingkan otak karena pada dasarnya, ini merupakan sajian drama kemanusiaan dalam ranah sains.

Kredit lebih juga patut diberikan ke tokoh utama, Amy Adams, yang sangat mendominasi layar dan menyuguhkan totalitas akting yang luar biasa, meski hal ini berimbas ke kurang terlihatnya para pemain pendukung sehingga mereka terkesan hanya sebagai pelengkap saja. Ciri khas Villeneuve dalam menampilkan unsur simboliknya juga kembali muncul di sini dengan pengambilan sudut pandang kamera yang tak biasa. Pada akhirnya, Arrival adalah sajian film tentang alien dan sains yang mungkin tidak akan hadir setahun sekali, namun sekalinya muncul, Arrival mampu meninggalkan emosi yang mengaduk-aduk penontonnya dan akan membekas cukup lama di benak mereka.

Arrival
Genre: Drama, Misteri, Sci-Fi
Cast: Amy Adams, Jeremy Renner, Forest Whitaker

Share