10 Game Endless Runner Terbaik

Genre endless runner yang menyajikan gameplay sederhana dimana karakter akan terus berlari dan kamu tinggal tap atau swipe di layar sangat populer sejak smartphone mulai merakyat dengan pengguna tidak terbatas hanya kalangan dewasa saja namun menjamur sampai ke tingkat anak sekolahan. Gameplay yang simpel itulah yang menjadikan game runner seperti Temple Run atau Subway Surfer menjadi candu yang mengakibatkan lupa waktu hingga berjam-jam. Dan hadirnya Super Mario Run sedikit banyak ikut membantu menggairahkan kembali genre runner yang sebetulnya sudah semakin membosankan. Sebetulnya Super Mario Run pun hanya mengandalkan nama besar Nintendo dan karakter si tukang ledeng sendiri tentunya. Selain Super Mario Run, masih ada lagi beberapa game runner yang kami pilihkan untuk gadgetarian mainkan di sela-sela waktu senggang.

Corridor Z
Tidak jauh berbeda dengan game endless runner legendaris seperti Temple Run atau Subway Surfer, namun Corridor Z membalik sudut pandangnya dengan menampilkan karakter yang berlari dikejar-kejar para zombie dengan sudut pandang dari depan sehingga saat berbelok akan menjadi tantangan yang teramat sulit saat kamu baru memainkannya pertama kali.
Ditengah-tengah pelarian akan ada senjata yang tergeletak di lorong dan kamu bisa mengambilnya untuk menembak para zombie kelaparan di belakangmu. Untuk berbelok, perhatikan cahaya hijau yang akan memandumu ke arah mana kamu akan berbelok.
GRATIS
(Apple App Store, Google Play Store)

Blades of Brim
Tujuan utamamu di sini bukan berlari sejauh mungkin tetapi melenyapkan berbagai monster di lintasan sebanyak mungkin untuk meraih skor tertinggi. Kamu cukup melakukan swipe di layar ke arah monster yang ada di depanmu untuk melenyapkannya. Jumlah monster yang akan kamu temui bervariasi jumlah dan jenisnya tergantung sejauh mana kamu mampu berlari. Jumlah monster yang berhasil kamu kalahkan itulah yang akan menjadi skor kamu.
Kamu juga bisa melancarkan jurus-jurus combo di sepanjang lintasan yang bervariasi jumlahnya. Uniknya, lintasan yang ada tidak hanya berjumlah tiga karena terkadang kamu akan menemukan jalur tambahan dan lintasan akan berubah menjadi empat atau lima jalur.
GRATIS
(Apple App Store, Google Play Store)

Lara Croft – Relic Run
Gameplay dari sang penjarah makam yang terkenal ini tidak melulu soal berlari ke kiri atau ke kanan untuk menghindari objek saja namun kamu juga akan beraksi memanjat dinding atau mengendarai motor di medan yang ekstrim. Selain aksi berlari dan parkour tadi, kamu masih akan disibukkan dengan puluhan musuh yang harus kamu tembak dengan cara tap pada layar. Malah jika kamu bisa mencapai jarak yang cukup jauh, kamu akan beruntung (atau malah sial) dan berhadapan dengan T-Rex yang akan mengunyahmu seandainya nasibmu sedang sial.
GRATIS
(Apple App Store, Google Play Store)

Alto’s Adventure
Ini adalah jenis game runner yang amat sangat wajib kamu mainkan setidaknya sekali dalam hidupmu. Tugasmu yaitu menyusuri pengunungan Alpen dan menangkap sekumpulan Llama yang kabur dari kandangnya. Sepanjang perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan visual indah yang sangat memesona dan suara latar yang sangat nyata terdengar seperti hujan, petir, atau suara angin pegunungan Alpen.
Dan yang paling menarik dari Alto’s Adventure yaitu disematkannya fitur perubahan waktu dan cuaca yang akan terus berganti, bahkan saat kamu mendiamkan game di menu utama. Pergantian waktu dari pagi, siang, sore menjelang petang, malam, sampai ke pagi lagi, disajikan dengan transisi yang sangat halus, apalagi dengan tambahan efek hujan disertai petir, badai salju, dan bahkan kadang-kadang kamu akan bisa melihat bintang jatuh.
Rp 45.000 (Apple App Store)
GRATIS (Google Play Store)

Robot Unicorn Attack 2
Game persembahan dari developer Adult Swim ini benar-benar sayang untuk kamu lewatkan. Robot Unicorn Attack 2 memiliki grafis menakjubkan dengan penggambaran dunia fantasi mereka yang mungkin bisa dibilang absurd namun indah secara bersamaan. Gameplay-nya sendiri sederhana, kamu hanya perlu tap kiri layar untuk melompat dan tap kanan layar untuk melakukan dash. Namun yang paling asyik yaitu musiknya yang sangat seru dan akan terus terngiang di kepalamu bahkan setelah kamu berhenti memainkannya.
GRATIS
(Apple App Store, Google Play Store)

Sonic Runners
Berbeda dengan game endless runner Sonic sebelumnya yang mengambil sudut pandang orang ketiga, Sonic Runners memiliki presentasi side-scrolling runner yang sama dengan gameplay Sonic The Hedgehog di era Sega Genesis 22 tahun silam. Karakter yang kamu mainkan akan berlari secara otomatis melewati susunan level yang memerlukan kejelian mata dan jari untuk meraih skor tertinggi dengan mengumpulkan berlian dan cincin emas yang menjadi ciri khas Sonic The Hedgehog. Cincin tersebut juga berfungsi sebagai nyawa karaktermu supaya tidak langsung mati saat kamu menabrak duri atau musuh.
Kamu cukup tap untuk membuat Sonic, Tails, atau Knuckles melompat hingga tiga lompatan sekaligus. Dengan cara ini kamu dapat membuat Sonic menyerang robot-robot milik Doktor Robotnik sekaligus melukai bos berbadan gendut ini saat pertarungan melawan bos. Kamu tidak hanya bermain sebagai Sonic saja, karena di episode ke-11 kamu bisa bermain sebagai Tails, dan saat kamu sampai di episode ke-16 kamu bisa memainkan Knuckles. Masing-masing memiliki kemampuan melompat dan atribut bonus yang berbeda.
GRATIS
(Apple App Store, Google Play Store)

Vector 2
Kali ini kamu akan beraksi di dalam bangunan laboratorium dengan berbagai jebakan dan rintangan yang akan menghabisimu jika kamu tidak hati-hati. Kamu akan mengendalikan seorang manusia hasil kloning dan harus melarikan diri dengan cara berlari gaya bebas atau parkour. Setiap kali karaktermu mati, kamu dapat mengulang lagi dengan susunan level yang diacak.
Beberapa fitur seperti power-up dan equipment ability akan membantumu untuk berlari sejauh mungkin sehingga perolehan skormu akan semakin tinggi. Animasi yang ditampilkan saat karakter melakukan parkour juga sangat halus sehingga enak dimainkan walau mungkin perangkat dengan spesifikasi menengah ke bawah akan terasa laggy saat memainkannya.
GRATIS
(Apple App Store, Google Play Store)

Ski Safari 2
Kamu akan berseluncur menuruni bukit curam untuk menghindari longsoran salju di belakangmu. Untuk menghindari berbagai rintangan di depanmu, kamu hanya perlu tap untuk melakukan lompatan. Selagi kamu melompat, kamu juga bisa berputar di udara dengan cara tap dan tahan jari di layar, serta slide di layar untuk melakukan berbagai macam trik di udara. Tiap level pun memiliki tampilan latar permainan yang berbeda-beda. Kamu tidak hanya dikejar longsoran salju saja tetapi juga lelehan lava, hingga angin tornado.
GRATIS
(Apple App Store, Google Play Store)

Dashy Crashy
Ingin merasakan aksi kebut-kebutan seru di jalan raya? Kamu bisa mencoba Dashy Crashy besutan Dumpling Design. Di game ini kamu akan mengendalikan mobil yang melaju kencang di jalan raya sambil menghindari mobil-mobil lainnya dan mencapai jarak terjauh serta meraih skor tertinggi. Untuk mengendalikan mobil, kamu cukup swipe layar ke kanan atau kiri untyk berpindah jalur, swipe ke atas untuk ngebut, serta ke bawah untuk rem.
Kamu juga bisa mengumpulkan puluhan mobil melalui sistem gatcha mulai dari, ambulance, truk, mobile es krim, UFO, dan masih banyak lainnya. Sistem monetisasi yang diterapkan juga mirip seperti Crossy Road di mana kamu dapat membuka semua konten cukup dengan bermain dan menonton iklan.
GRATIS
(Apple App Store, Google Play Store)

RAD Boarding
Berseluncur dan melompat sejauh mungkin dengan nuansa 90-an yang sangat berenergi dan diiringi musik yang menghentak akan kamu dapatkan di RAD Boarding. Momentum adalah segalanya di sini. Lintasan yang banyak memiliki turunan dapat kamu jadikan landasan untuk mengambil momentum dan melompat sejauh-jauhnya. Kontrolnya sederhana, kamu tinggal tap dan tahan saat meluncur di turunan dan lepaskan jarimu di saat yang tepat.
Selagi kamu melompat jauh di udara, kamu bisa melakukan berbagai macam trik yang akan melipatgandakan skormu. Kamu juga tidak bisa santai-santai saja selama permainan karena di belakangmu ada lava yang akan terus mengejarmu. Semakin sering kamu terjatuh, lava akan semakin mendekat dan memakanmu hidup-hidup.
GRATIS
(Apple App Store, Google Play Store)

Share