Connect with us

News

Trafik Layanan Data XL Axiata Naik 218%

Published

on

Pada masa mudik lebaran tahun ini yang dimulai dari H-5 hingga H+2 tahun ini, layanan data XL Axiata naik 218 persen dibanding trafik layanan data yang terjadi tahun lalu.  Kenaikan trafik layanan data juga lebih tinggi sebesar 15 persen dibanding trafik layanan data di hari-hari biasa diluar masa mudik lebaran.  Kenaikan trafik layanan data yang terjadi diseluruh Indonesia ini merupakan bukti terus bergesernya layanan komunikasi yang digunakan pelanggan XL dari sms dan voice menjadi layanan berbasis data termasuk penggunaan media sosial.  Meski meningkat sangat signifikan namun tingkat keluhan dan gangguan dapat diminimalisir berkat penambahan kapasitas jaringan hingga 2x lipat.

Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, “Sampai saat ini kami terus secara maksimal bersiaga menjaga performa jaringan guna melayani kebutuhan pelanggan selama libur Lebaran. Hingga saat ini hampir tidak ada gangguan yang berarti terjadi di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik Data, SMS, juga voice, meski terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan. Penggunaan layanan data oleh pelanggan XL Axiata didominasi oleh penggunaan media sosial berbagai platform termasuk penggunaan video call. Trafik Data selama periode H-5 hingga H+2 tercatat total lebih dari 4020 TB, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB.

Dampak dibukanya beberapa akses tol baru di pulau Jawa memacu peningkatan penggunaan layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135%. Kenaikan akses ke kedua layanan tersebut juga disebabkan melonjaknya kebutuhan pelanggan atas informasi rute dan kondisi lalu lintas saat menuju kampung halaman dan lokasi-lokasi wisata di luar Jabodetabek. Kegiatan berbagi informasi selama mudik lebaran juga terlihat cukup tinggi karena akses ke layanan social media messaging (WhatsApp, FB Messenger, LINE) yang meningkat lebih dari 46,5%. Hal yang sama juga terjadi pada akses ke layanan berbasis VoIP Call (WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP, Skype) hingga sekitar 9%.

Mulai meratanya jaringan 4G LTE di berbagai daerah di luar Jawa, baik di Sumatera, Kalimantan, serta Sulawesi membuat akses terhadap beberapa konten hiburan atau data berukuran besar melalui jaringan 4G LTE seperti video/film dan foto-foto beresolusi tinggi juga meningkat. Peningkatan trafik akses lainnya terjadi pada konten video, termasukdownload/upload sekitar 6%, serta pada akses video call (via BBM, Viber, LINE, WhatsApp, Facebook VoIP, Skype) meningkat sekitar 9%.  Pergerakan terbesar pelanggan XL Axiata pada musim mudik lebaran tahun ini tetap terjadi di wilayah Jawa Tengah, Di Yogyakarta, dan Jawa Timur. Hal ini sesuai dengan pergerakan warga Jabodetabek yang melakukan perjalanan pulang kampung. Saat hari H Lebaran (25 Juni 2017), jumlah pelanggan di Jabodetabek menurun sebesar 23%. Sebaliknya di beberapa wilayah yang menjadi tujuan mudik utama mengalami peningkatan jumlah pelanggan, seperti di Jawa Barat meningkat 13,5%, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta 22%, serta Jawa Timur 10,5%.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *