Lenovo P2 “Turbo Turbo Charge, Turbo Power”

Setelah cukup lama sejak kemunculan P1 Turbo Tahun lalu, kini Lenovo kembali mengeluarkan ponsel dengan kekuatan baterai yang terbaik.  P2 Turbo merupakan suksesor P1 Turbo dengan beberapa perbaikan yang cukup signifikan.  Meskipun fokus Utama ponsel ini ada pada baterai namun mesin yang digunakan memiliki kapasitas yang besar terutama besaran RAM yang digunakan.  Untuk mendukung kekuatan baterainya, P2 Turbo juga memiliki fitur fast charging untuk mempercepat pengisian baterai. Walau memiliki baterai yang cukup besar dan cenderung sama dengan P1 Turbo namun Lenovo lebih menitik beratkan pada ketahanan baterai pada P2 Turbo.  Karenanya Lenovo menyematkan fitur dan juga hardware yang dapat menghemat penggunaan baterai. Sehingga penggunanya dapat menggunakan P2 Turbo selama mungkin.

Lenovo P2 turbo fitur Fast charging 24W, dengan fitur ini Gadgetarian hanya perlu mengisi baterai selama 15 menit untuk dapat digunakan hingga 10 jam. Karena besarnya kapasitas baterai membuat ponsel ini juga bisa berfungsi sebagai power bank untuk perangkat lain, jadi jika ada teman atau kerabat kita yang membutuhkan daya karena baterai ponselnya habis, maka P2 Turbo bisa digunakan sebagai powerbank.  Walau memiliki kapasitas baterai 5100 mAh namun P2 Turbo memiliki body yang cukup ramping 8,3mm.

Di samping bodinya terdapat tombol yang bisa menghemat baterai.  Tombol ini untuk mengaktifkan fitur Ultimate Power Saver yang dapat menghemat baterai dengan sangat signifikan. Namun dengan mode ini Gadgetarian hanya bisa menggunakannya untuk menelepon dan mengirim sms saja.  Mode ini akan mematikan semua aplikasi dans item yang dapat menghabiskan daya baterai. Hal ini karena selama ini semua aplikasi dan sistem yang ada dalam ponsel kita akan terus menyerap daya dari baterai meskipun tidak kita gunakan atau dalam kondisi siaga.

Dalam sebuah tes jika digunakan untuk menonton video, Lenovo P2 Turbo  mampu bertahan hampe selama 24 jam atau seharian penuh. Jika digunakan untuk menelepon maka ponsel ini bisa digunakan selama hampir 35 jam hingga baterainya habis.  Atau jika digunakan untuk browsing internet, ponsel ini bisa digunakan selama 17 jam.  Tentu saja untuk browsing ini tergantung dari sinyal yang tersedia.  Jika sinyal yang didapat sangat bagus maka konsumsi baterai yang diperlukan akan semakin sedikit dan jika sinyak yang didapatkan kondisinya buruk maka hal ini akan menguras baterai sehingga waktu penggunaannya akan semakin singkat.

Kiner P2 Turbo cukup baik mengingat ponsel ini memiliki mesin yang cukup oke dengan RAM cukup besar dikelasnya yaitu 4GB.  Chipset yang digunakan juga sudah bagus yaitu Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 dengan CPU berkekuatan Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53.  Penggunaan multi tasking dengan ponsel ini juga lancar-lancar saja tanpa kendala berarti.  P2 Turbo sudah menggunakan OS Android versi 7.0 Nougat.

Desain P2 Turbo sesungguhnya mirip dengan pendahulunya P1 Turbo.  Ukuran layar yang 5,5” juga sama dengan P1 Turbo serta resolusi layarnya yang 1080 x 1920 pixels lengkap dengan Corning Gorilla Glass 3.  Hanya saja P2 Turbo sudah menggunakan Super AMOLED capacitive touchscreen, 16juta warna sedangkan P1 Turbo menggunakan layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16juta warna.  Jika kita lihat bagian belakangnya maka helas akan teringat dengan P1 Turbo karena leak kamera dan LED flashnya sama persis.  Resolusi kamera yang dihadirkan pun sama yaitu 13MP dengan kamera depan sebesar 5MP.

Walaupun seolah tak begitu melakukan perombakan dalam hal kamera namun P2 Turbo ternyata memiliki resolusi atau kualitas yang lebih bagus untuk pengambilan video.  P2 Turbo mampu mengambil gambar video dengan ketajaman 2160p@30fps atau yang dikenal dengan 4K.  Punya tampilan visual yang baik nggak afdol kalo suaranya nggak keren. P2 turbo memiliki sepasang speaker di sis bawah ponsel dengan kualitas suara yang cukup baik, kalo diberi nilai 1-10 nilainya 8 lah.  Karena ketika dicoba untuk memainkan lagunya Raisa, suara lembutnya jelas terdengar.  Yang unik adalah bobot P2 Turbo yang ternyata lebih ringan dari pendahulunya, padahal baterai P2 Turbo memiliki kapasitas yang lebih besar.

Harga Rp4.499.000

Product Info:
• RAM 4GB
• Android Nougat
• Speaker Stereo
• Baterai irit

Spesifikasi

Dimensi/berat:
153 x 76 x 8.3 mm/177 g
Layar:
5,5” Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
OS:
Android 7.0 Nougat
Prosesor :
Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
Memori:
4 GB RAM, 32 GB ROM
Kamera:
13 MP, f/2.0, 21mm, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, 5 MP, f/2.2, 1080p, Video
2160p@30fps, 1080p@30fps
Baterai :
Li-Ion 5100 mAh

Share