Connect with us

App

Kustomisasi: Deretan Launcher Android Terbaik 2017

Published

on

Dari jutaan aplikasi yang ada di Play Store, aplikasi launcher ternyata menjadi salah satu yang kerap diunduh pengguna ponsel Android. Mungkin Gadgetarian salah satunya. Wajar memang, karena dengan launcher kita mengubah tampilan standar ponsel kesayangan menjadi lebih menarik sesuai selera dan pengaturan yang disediakan aplikasi launcher. Jadi, launcher mewakili kebebasan kustomisasi di OS Android yang tidak ada di sistem operasi mobile lainnya, termasuk iOS.

Aplikasi launcher sudah kerap diulas di berbagai (kalau tak mau dibilang semua) media gadget, bahkan ada nama-nama yang kerap muncul sebagai launcher favorit, seperti Nova Launcher dan Action Launcher. Nah, kali ini TPlus Magz akan merangkum deretan launcher-launcher terbaik versi TPlus Magz yang bisa Gadgetarian jajal untuk mempercantik tampilan ponsel Android kesayangan. Simak ya!

Flick Launcher

Flick Launcher merupakan salah satu aplikasi launcher anyar di Play Store (aplikasi ini masih belum diluncurkan secara resmi, namun sudah tersedia untuk umum) dan berusaha menghadirkan banyak fitur Android Oreo/Nougat, seperti peluncur populer lainnya, tapi Flick Launcher juga menawarkan fitur-fitur unik lainnya, seperti penguncian aplikasi dan folder dengan sidik jari, kata kunci khusus untuk memulai pencarian suara, dan banyak lagi.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, namun ada beberapa fitur yang mesti dibeli. Kalau Gadgetarian ingin penasaran dengan penampilan Android Oreo, Flick bisa jadi alternatif apik untuk membuat Android kesayangan tampil segar ala Android Oreo.

ASAP Launcher

ASAP Launcher, sesuai namanya, merupakan launcher yang fokus pada tampilan yang sederhana dan akses yang cepat. ASAP mengusung konsep UI berbasis kartu dan dapat disesuaikan untuk menampilkan berbagai macam hal seperti kalender, kontak, to-do list, dan lain-lain. Gadgetarian juga bisa dengan cepat mengakses daftar aplikasi dengan menggesek dari sisi kiri layar ke arah kanan, dan ada juga toggles bar yang dapat diakses dengan menggesekkan dari sisi kanan layar ke kanan. ASAP Launcher juga mengusung dock yang dapat menampung aplikasi-aplikasi favorit.

Nova Launcher

Tak diragukan lagi, Nova Launcher adalah salah satu aplikasi launcher terbaik. Aplikasi ini terus diperbarui, punya komunitas aktif di belakangnya, memiliki banyak pilihan kustomisasi, dan para pengembang menambahkan fitur terbaru dari launcher stok Android segera setelah diluncurkan. Tahun ini, Nova memiliki integrasi Google Now di layar awal, dan baru-baru ini mendapatkan integrasi Sesame Shortcuts, yang merupakan fitur yang sangat berguna. Launcher ini juga mengusung fitur-fitur terbaru dari akses pintas aplikasi Oreo dan Nougat, notifikasi titik (dot), notifikasi emblem dan hal-hal lainnya, seperti ikon adaptif, drawer aplikasi gesek, dan masih banyak lagi. Nova adalah salah satu launcher Android terbaik yang bisa Gadgetarian dapatkan.

Action Launcher

Serupa dengan Nova Launcher, Action Launcher juga merupakan aplikasi peluncur Android yang terkenal dan banyak digunakan Gadgetarian. Aplikasi ini cepat, optimal, dan juga menawarkan sejumlah fitur yang membedakannya dari para pesaingnya, termasuk fitur Shutters, yang memungkinkan Gadgetarian menyapu ikon sebuah aplikasi untuk menampilkan widget pilihan Anda tanpa perlu menempatkannya. di layar utama, dan Quickbar, yang merupakan bilah penelusuran Google yang dapat disesuaikan dengan akses pintas dan aplikasi. Action Launcher juga telah mengusung beberapa fitur Android terbaru,  seperti ikon adaptif bergaya Oreo.

Microsoft Launcher

Sesuai namanya, Microsoft Launcher merupakan aplikasi peluncur Android besutan Microsoft. Berbeda dari launcher kebanyakan, Microsoft Launcher sama sekali tidak meniru launcher Android bawaan. Launcher ini menawarkan fitur-fitur seperti halaman home screen yang dapat disesuaikan dan dapat menampilkan umpan berita, foto dan aplikasi terbaru, aplikasi dan kontak yang sering digunakan, dan banyak lagi. Launcher ini mirip dengan umpan Google Now namun tidak terbatas hanya satu halaman di sebelah kiri layar utama,  dan Anda dapat menampilkan beragam informasi di layar ponsel. Berbicara tentang home screen, Microsoft Launcher memiliki bar pencarian sendiri (tentu saja menggunakan mesin pencari Bing). Ada juga tombol cepat yang mudah disesuaikan yang dapat diakses dengan menarik dock ke atas, dan juga aplikasi Anda yang paling sering digunakan ditampilkan di baris kedua dock tersebut.

Evie Launcher

 

Evie Launcher adalah pengganti launcher Android bawan yang berorientasi pada fitur pencarian yang mudah dan intuitif untuk digunakan. Sepintas, Evie terlihat seperti peluncur Android lainnya, namun ternyata launcher punya pendekatan yang berbeda dari kebanyakan launcher lain, karena ia menempatkan fungsi pencarian global bergaya iOS sebagai fitur utamanya. Gadgetarian dapat melakukan pencarian langsung dari layar utama menggunakan widget batang pencarian atau dengan menggesek ke bawah. Ini merupakan metode yang sangat efektif untuk menemukan aplikasi atau kontak dengan cepat. Selain itu, Evie juga menawarkan beberapa fitur yang diupdate dari launcher terbaru Android, termasuk laci aplikasi dan ikon notifikasi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *