Star Wars: The Last Jedi “The Force is Still with Us”

Kisah Star Wars: The Last Jedi dimulai dari ending Star Wars: The Force Awakens saat Rey (Daisy Ridley) akhirnya berhasil menemukan Luke Skywalker (Mark Hamill) dan berusaha membujuknya untuk ikut bergabung dengan kelompok Resistance yang dipimpin General Leia Organa (Carrie Fisher) namun Luke justru menolaknya mentah-mentah. Pada akhirnya Rey pun memintanya untuk mengajarkan bagaimana cara menggunakan dan mengendalikan Force. Disaat yang sama, Kylo Ren (Adam Driver) beserta pasukan First Order menyerang kelompok Resistance dan membunuh banyak anggota kelompok tersebut. Bahkan First Order memiliki teknologi yang dapat menemukan jejak kapal induk kelompok Resistance saat kabur dengan kecepatan cahaya. Poe Dameron (Oscar Isaac) dan Finn (John Boyega) pun memiliki rencana untuk menyelinap ke kapal induk First Order dan menghancurkannya dari dalam.

Jujur saja, Star Wars: The Force Awakens berhasil memberikan pengalaman menonton perang bintang yang luar biasa dengan kedalaman cerita yang baik dan juga kehadiran jajaran karakter baru yang amat mudah disukai penonton. Pun begitu halnya dengan Star Wars: The Last Jedi yang masih mampu memberikan pengalaman sinematik perang bintang dengan sangat memukau, meskipun The Last Jedi memiliki kekurangan dibandingkan dengan seri sebelumnya. Pergantian sutradara dari J.J. Abrams ke Rian Johnson membuat Star Wars: The Last Jedi memiliki arah penceritaan dan warna baru yang berbeda dari The Force Awakens. The Last Jedi tampil dengan narasi yang lebih kompleks namun sayangnya ritme penceritaan yang ditampilkan menjadi sedikit lemah sehingga dengan durasi film yang mencapai 2 jam lebih The Last Jedi agak terasa sedikit membosankan di beberapa bagian.

Di jajaran departemen akting, Daisy dan Driver terlihat semakin menyatu dengan karakter Rey dan Kylo yang dimainkannya. Penampilan mereka berdua sangat kuat terutama saat mereka melakukan telepati dan menceritakan kisah pilu dalam hidup mereka sehingga tercipta ikatan yang sangat kuat antara Rey dan Kylo serta penonton. Luke Skywalker pun mendapatkan porsi penceritaan yang kuat meskipun porsi penceritaan yang dihadirkan tidak maksimal. Karakter Leia yang diperankan mendiang Carrie Fisher pun mendapatkan cukup banyak momen menyentuh yang sekaligus menjadi persembahan terakhir darinya untuk para penggemar seri Star Wars.

Sayangnya, beberapa karakter lama dan baru yang hadir tidak mendapatkan porsi penceritaan yang solid sehingga kehadiran mereka tidak begitu mencuri perhatian. Beberapa karakter lama seperti Poe, Finn, dan General Hux (Domhnall Gleeson) tampil dengan porsi yang terbatas, tidak sekuat di seri sebelumnya. Sementara beberapa karakter baru seperti Rose Tico (Kelly Marie Tran), DJ (Benicio Del Toro), dan Vice Admiral Amilyn Holdo (Laura Dern) mampu tampil cukup baik meskipun tujuan dan pengisahan karakter mereka dihadirkan dengan tidak terlalu kuat. Selain itu, beberapa pertanyaan yang ada di The Force Awakens tidak akan terjawab semua di sini. Mungkin hal itu memang disengaja untuk kelanjutan seri berikutnya.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun Star Wars: The Last Jedi tampil sangat baik di adegan aksi perang bintangnya yang sangat memacu adrenalin. Visual dari aksi kejar-kejaran pesawat luar angkasa tetap mampu tampil memanjakan mata terutama saat adegan penghancuran kapal menggunakan kecepatan cahaya. Pertarungan lightsaber yang menjadi ciri khas seri Star Wars juga tetap tampil seru dan mengagumkan dengan kilatan cahaya dan dengungan dari lightsaber yang akan terus berdengung di telinga. Mungkin Star Wars: The Last Jedi memiliki kualitas penceritaan yang berada sedikit di bawah Star Wars: The Force Awakens namun tidak bisa dipungkiri juga kalau The Last Jedi masih menjadi suguhan perang bintang yang seru dan mengasyikan.

Star Wars: The Last Jedi

Genre: Fiksi Ilmiah, Petualangan, Aksi

Cast: Daisy Ridley, Adam Driver, Mark Hamill, Carrie Fisher, John Boyega

Share