Waspadalah, Ada Pesan WA yang Bisa Lumpuhkan Ponsel

Baru-baru ditemukan pesan WhatsApp yang secara misterius menyebabkan aplikasi tersebut lumpuh, dan bahkan ponsel, jika kita mengetuk emoji berupa titik hitam di dalamnya. Mungkin Gadgetarian bertanya-tanya bagaimana bisa menekan satu emoji dapat menyebabkan aplikasi atau ponsel menjadi lumpuh dan tidak responsif.

Pesan ini, seperti yang ditunjukkan di atas, sebenarnya tidak sesederhana seperti yang kita lihat. Bukan hanya emoj titik hitam, tapi menekan seluruh area pesan itu bisa memunculkan bug berupa ratusan (sekitar dua ribu) karakter yang tak terlihat dalam pesan tersebut yang akhirnya menyebabkan mesin rendering teks Android menjadi rusak dan akhirnya crash, terutama pada ponsel-ponsel Android lama. Beberapa ponsel baru seperti Pixel 2 tampaknya bisa pulih setelah lumpuh sesaat dan sebaiknya Gadgetarian jangan menutup paksa aplikasi.

Serangan ini memanfaatkan kelemahan mesin perender teks Android yang bisa “kelimpungan” saat menangani karakter berjumlah besar dalam waktu singkat. Dan bukan hanya melalui WhatsApp pesan semacam ini bisa mengacaukan Android, hampir semua aplikasi yang bisa menampilkan teks rentan terhadap hal itu. Namun, Chrome tampaknya kebal terhadap bug ini. Untungnya, bug ini tidak terlalu berbahaya, meski bikin kita panik. Bug ini tidak akan menyebabkan hilangnya data, tidak akan memaksa perangkat Gadgetarian melakukan reboot, dan tidak akan menghalangi kita menutup aplikasi dan membukanya lagi. Jika perangkat kita sudah bisa mengatasi bug rendering teks ini, meski butuh beberapa saat, semua masalah akan hilang dengan sendirinya.

Tapi siapa sih yang mau ponselnya “lumpuh” saat sedang digunakan, untuk Gadgetarian mesti waspada dengan pesan-pesan semacam ini. Dan menurut sejumlah sumber, pesan ini tidak melulu menampilkan emoji berupa titik hitam, ada juga yang memakai ikon lain, seperti pelangi, smiley dan lainnya.

Google kemungkinan akan merilis perbaikan untuk segera mengatasi masalah tersebut. Sementara itu, Anda harus menghindari mengetuk pesan yang mencurigakan seperti ini