Partai Demokrat AS Desak Perusahaan Internet Hapus Gambar Senjata Cetak 3D

Lima anggota parlemen dari Partai Demokrat Amerika Serikat (AS) mendesak Google, Reddit dan Twitter untuk menghentikan peredaran desain gambar senjata yang bisa dicetak 3 dimensi di platform mereka. Senator Dianne Feinstein dari California dan empat lainnya mengirim surat kepada perusahaan-perusahaan tersebut awal pekan lalu, mendesak mereka untuk mencegah peredaran gambar senjata cetak 3D yang beberapa waktu belakangan marak di dunia maya, khsususnya di platfor media sosial. “Melakukan hal itu (menghentikan peredaran gambar) dapat membuat semua komunitas kita lebih aman,” ujar surat tersebut.

Para senator itu sebelumnya juga telah mengirimkan surat ke Craigslist, Yahoo, Microsoft dan Facebook, perusahaan yang telah mulai melarang peredaran desain gambar senjata itu di layanannya. Namun, seruan para senator ini bertentangan dengan kampanye mendukung peredaran gambar senjata cetak 3D untuk menjadi legal di AS.

Awal tahun ini, aktivits pendukung hak penggunaan senjata bernama Cody Wlison memenangkan gugatan atas pemerintah federal yang memungkinkannya mengunggah gambar senjata secara daring, tanpa ancaman mendapat hukuman. Menurut Wilson, gambar purwarupa senjatanya dilindungi oleh hak kebebasan berbicara.

Namun, jaksa penuntut umum dari beberapa negara bagian di AS berupaya melakukan banding atas keputusan pengadilan yang memenangkan Wilson terkait penyebaran gambar senjata. Bulan lalu, sebuah koalisi negara bagian mengajukan tuntutan terhadap Wilson dan perusahaannya untuk menghentikan penyebaran gambar senjata secara daring.

Kendati begitu, hal ini tidak menghentikan warga AS lainnya untuk mengedarkan gambar-gambar senjata yang bisa dicetak 3 dimensi tersebut. “Ada sejumlah laporan yang menyebutkan bahwa ratusan gambar dengan file CAD itu telah diunduh oleh beberapa individu, yang saat ini bisa menyebarkan gambar-gambar tersebut secara privat maupun ke publik di berbagai jenis forum,” kata kelima senator Demokrat itu dalam surat mereka. Surat tersebut mengklaim bahwa pelarangan gambar senjata cetak 3D sesuai dengan kebijakan konten perusahaan-perusahaan saat ini, yang melarang konten yang berkaitan dengan senjata dan amunisi.

Namun, hingga kini belum jelas apakah perusahaan-perusahaan internet yang mendapat surat itu akan mengikuti anjuran ini. Sejauh ini, belum ada yang merespons secara terbuka terhadap surat para senator tersebut. Tapi Reddit tampaknya mengambil langkah dalam isu ini, mereka menambahkan sebuah kebijakan baru yang melarang membagikan “gambar cetak 3 dimensi yang dapat dibuat menjadi senjata” di situs mereka.