Jaringan dan Layanan Telkomsel Pulih 100% di Palu dan Donggala

Selama dua minggu ini, operator seluler terus membenahi jaringannya di Sulawesi Tengah pasca gempa bumi dan tsunami yang terjadi 28 September 2018 lalu.  Mereka mengerahkan tenaga teknis untuk mengembalikan kondisi jaringan mereka seperti sebelum bencana dengan normalisasi BTS yang mengalami gangguan.  Telkomsel sebagai operator seluler dengan jangkauan terluas di Indonesia berupaya keras untuk menormalisasi jaringannya.  Beberapa upaya dilakukan Telkomsel dengan mengerahkan mobile BTS serta mobile genset agar semua BTSnya kembali berfungsi normal.

Hal ini karena kendala utama dari BTS Telkomsel yang mengalami gangguan karena terputusnya pasokan listrik ke BTS yang mengakibatkan tidak berfungsinya BTS.  Sedangkan BTS yang mengalami kerusakan, untuk sementara digantikan oleh mobile BTS agar layanan komunikasi dapat kembali berfungsi.  Berkat upaya yang dilakukan Telkomsel tersebut, kini jaringan seluler Telkomsel di daerah bencana sudah 100% pulih dan dapat melayani pelanggannya secara normal seperti sedia kala.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan, “Kami bersyukur saat ini layanan komunikasi suara, SMS dan data Telkomsel sudah kembali normal di wilayah Palu dan Donggala. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dan membantu selama masa pemulihan jaringan kami pasca gempa. Kini masyarakat Palu dan Donggala serta pihak-pihak yang terlibat dalam upaya pemulihan dapat menggunakan layanan komunikasi dengan normal tanpa ada suatu gangguan yang berarti.”

Guna menjaga kenyamanan jaringan komunikasi, Telkomsel akan terus memantau site-site jaringan yang berpotensi mengalami gangguan dengan menyiapkan 218 mobile genset untuk catuan daya dan 3 mobile BTS. Telkomsel juga menyiagakan 200 personel teknis yang ditempatkan di posko-posko monitoring, command center serta lokasi-lokasi BTS untuk melakukan troubleshoot dan back up genset

Tak hanya memulihkan jaringannya, Telkomsel juga telah mulai kembali membuka layanannya kepada konsumen dengan membuka 7 kantor pelayanan GraPARI di Palu, Sigi, Donggala, Kota Raya, Parigi, Pasangkayu, Poso, dan Toli-Toli.  Sementara itu untuk GraPARI yang masih belum bisa digunakan, Telkomsel membuat GraPARI sementara di 3 lokasi yakni halaman GraPARI Palu, STO Telkom Palu dan Bandara Palu. Juga terdapat 8 Mogi yang disebar untuk mendekatkan diri dengan pelanggannya yang memerlukan layanan.

Sementara itu untuk para pelanggan di Palu dan Donggala, Telkomsel memberikan paket layanan telpon dan SMS gratis ke semua operator kepada seluruh pelanggan Telkomsel yang juga berguna bagi kelancaran upaya pemulihan wilayah bencana.  Paket gratis nelpon dan SMS dapat diaktifkan dengan menu UMB *888*20# atau SMS, Ketik SULTENG Kirim ke 8999 hingga 14 Oktober 2018.