Connect with us

News

Jaringan XL Axiata di Sulawesi Tengah Telah Pulih 100%

Published

on

Dua minggu pasca gempa 7,4 Skala Richter yang melanda Sulawesi Tengah (Sulteng), 28 September 2018 lalu, jaringan seluler XL Axiata telah pulih sepenuhnya.  Pulihnya jaringan seluler  XL Axiata ini juga termasuk di Palu dan Donggala kini semua pelanggan XL Axiata di seluruh provinsi ini bisa kembali mengakses semua layanan XL Axiata. Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, “Kami telah berhasil memulihkan sepenuhnya atau 100% jaringan di seluruh Sulawesi Tengah, termasuk Palu, Donggala, juga Sigi yang paling parah terlanda gempa.

“Hal ini karena semua BTS yang ada telah kembali beroperasi normal. Ini merupakan hasil kerja keras luar biasa dari tim terkait, di mana kami harus menangani banyak sekali aspek teknis maupun non teknis yang terkait. Semua kami lakukan agar masyarakat bisa kembali memanfaatkan layanan XL Axiata guna mendukung aktivitas pasca bencana” ujar Yessie.  Proses pemulihan jaringan antara lain meliputi perbaikan kabel fiber optic (FO) di seluruh daerah yang terlanda gempa dan tsunami, pemulihan site-site simpul, memobilisasi cluster jaringan di area-area terdekat dengan lokasi bencana, hingga mengerahkan mobile BTS (MBTS) dari Makassar. Untuk beberapa titik yang membutuhkan waktu lebih lama untuk pemulihan, XL Axiata menggunakan 4 unit MBTS yang kini diperbantukan di Palu.

Untuk beberapa BTS yang masih bisa berfungsi namun terkendala pasokan listrik, XL Axiata berkoordinasi dengan PLN setempat dengan mengerahkan genset ke setiap BTS, juga bahkan memperbaiki genset di BTS-BTS yang sempat rusak karena gempa. XL Axiata masih membuka sarana telepon gratis di beberapa titik pengungsian agar masyarakat bisa menggunakannya.  Hasilnya beberapa hari setelah gempa, trafik XL Axiata dari dan ke wilayah Sulteng melonjak drastis, meskipun kemampuan jaringan menurun karena imbas gempa.

Sejak akhir pekan lalu XL Axiata juga telah membuka kembali layanan pelanggan, termasuk layanan penjualan di XL Center Palu yang telah kembali buka sejak awal pekan ini. Seluruh karyawan XL Center dalam kondisi selamat dari bencana dan langsung melayani banyak pelanggan dan masyarakat yang datang.  Saat ini jaringan di Sulteng ditopang oleh total lebih dari 400 BTS, termasuk lebih dari 200 BTS 3G, dan sekitar 80 BTS 4G. Jumlah pelanggan ada total 342 ribu pelanggan, 15% di antaranya adalah pengguna layanan data.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *