Connect with us

News

Telkomsel MSIGHT Perkenalkan Layanan Telco Big Data

Published

on

Era digital yang ditandai dengan hadirnya sejumlah terobosan teknologi baru di sejumlah bidang, di antaranya adalah big data, IoT, robotika, kecerdasan buatan, blockchain, dan lainnya telah mendorong Indonesia ke arah revolusi industri 4.0.  Kondisi ini memberikan peluang bagi para operator seluler untuk mengembangkan layanan Big Data kepada kalangan bisnis di Indonesia.  Untuk itu Telkomsel memperkenalkan Mobile Consumer Insight (MSIGHT) kepada public sebagai salah satu upaya mendukung transformasi digital Indonesia menuju revolusi industri 4.0. Dalam event Tech in Asia (TIA) 2018 yang diadakan di Jakarta Convention Center, MSIGHT akan memperkenalkan kapabilitas dan manfaat dari layanan Telco Big Data kepada Komunitas Industri, Pemerintah dan Startup.

VP Data Insight and Interface Services Development Telkomsel, Mia Melinda mengatakan “MSIGHT hadir sebagai portofolio bisnis Telkomsel yang menghadirkan layanan Telco Big Data. “Melalui pengembangan kapabilitas kami dalam kemitraan teknologi, MSIGHT sebagai unit yang beroperasi secara business to business (B2B) hadir untuk memberikan nilai tambah untuk lembaga-lembaga pemerintah dan sektor industri seperti keuangan, transportasi, e-commerce, ritel, digital, periklanan, dan masih banyak lagi,” tambah Mia.

Beberapa aplikasi bisnis dari informasi Big Data diantaranya digunakan untuk melakukan monitoring perubahan jumlah trafik pengunjung pusat; segmentasi konsumen berdasarkan profil tertentu; mengetahui perilaku digital konsumen, pola pergerakan konsumen antar lokasi, dan perilaku konsumen terhadap produk dan servis.

Beberapa produk MSIGHT dari Telkomsel ini meliputi Risk Insight yang fokus pada analisis terhadap profil risiko pelanggan dengan manfaat untuk mengelola risiko keuangan klien yang diwakili oleh produk Credit Score dan Location Score. Ada pula Mobility Insight yang fokus pada penyediaan insight tentang pergerakan pelanggan, baik berpindah maupun menetap pada suatu lokasi yang diwakili oleh produk Skyscraper Profiler.  Produk MSIGHT lainnya adalah Lifestyle Insight yang fokus pada penyediaan insight yang berhubungan dengan demografi dan minat pelanggan yang diwakili oleh Syndicated insight. Sedangkan API Marketplace fokus pada penyediaan portal berbagai jenis layanan API telco dan non-telco yang dapat digunakan langsung oleh klien.

Kekuatan Telkomsel dalam menyelenggarakan big data adalah pada basis 178 juta pengguna yang membuat beberapa layanan Telco Big Data MSIGHT dalam tahun ini telah dimanfaatkan instansi pemerintah seperti Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).  BPS dan Bappenas menggunakannya untuk melakukan studi secara lebih efisien dan mendapatkan sudut pandang yang lebih kaya, di mana aplikasinya diterapkan pada studi dampak makroekonomi dari penyelenggaraan Asian Games 2018.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *