Data Terbaru Ungkap Penjualan Tahunan iPhone Alami Penurunan

Apple telah mengonfirmasi bahwa penjualan iPhone menurun namun mereka tidak menjelaskan seberapa banyak penurunan tersebut. Untungnya, firma riset asal AS bernama Counterpoint Research merilis data tentang penurunan penjualan yang dialami iPhone belakangan ini.

Secara keseluruhan, penjualan pada periode bulan November 2018 menurun hingga 20 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menurut data yang dirilis Couterpoint tersebut. Hingga bulan Januari 2019, iPhone XR, khususnya yang model 64 GB, menjadi produk terlaris di jajaran iPhone baru. Namun, penjualan tersebut masih di belakang iPhone 8, lebih rendah sekitar 5 persen.

Penjualan iPhone XS sebenarnya lebih tinggi 3 persen ketimbang raihan iPhone 8 Plus di periode yang sama pada tahun 2017. Namun, untuk penjualan iPhone XS Max angkanya kalah jauh dari iPhone X, bedanya bahkan mencapai 46 persen!

Untuk pasar Tiongkok, Counterpoint melihat permintaan yang lebih dari rendah dari perkiraan untuk iPhone XR akibat minimnya fitur-fitur inovatif dan juga kamera belakang yang hanya mengusung satu lensa. Selain itu, harganya yang tinggi juga diklaim sebagai penyebab utama rendahnya minat warga Tiongkok terhadap iPhone XR.

Walau data bulan Desember 2018 belum dirilis, beberapa prediksi menyebutkan iPhone XR masih akan menjadi primadona di periode tersebut. Disamping itu, popularitas iPhone 7 dan iPhone 8 juga diperkirakan akan terus tumbuh di negara-negara berkembang mengingat tingginya harga iPhone baru.

Start typing and press Enter to search