5 Aplikasi untuk Membuat Sketsa dan Gambar

Corat-coret di kertas saat iseng menggambar memang mengasyikkan, terlepas dari hasilnya bagus atau tidak, yang penting bebas berkreasi. Apalagi jika pekerjaannya memang seorang illustrator, menggambar atau merancang sketsa memang sudah menjadi makanan sehari-hari. Namun, untuk Gadgetarian yang sedang memulai untuk belajar menggambar atau membuat sketsa, kumpulan aplikasi di bawah ini bisa membantu untuk semakin mengasah kemampuan dalam hal, ya itu tadi, menggambar. Siapa tahu bisa jadi illustrator beneran.

SketchBook
Autodesk yang sering menciptakan software animasi dan desain arsitektur membuat aplikasi untuk menggambar dan membuat sketsa di platform Android. Gadgetarian bisa menuangkan ide di aplikasi ini dalam membuat gambar-gambar ataupun sketsa arsitektur, pemandangan, jalanan, ataupun orang.
Gadgetarian bisa menggunakan berbagai macam tool seperti memilih warna, jenis brush apa yang akan digunakan, membuat garis atau lingkaran, hingga membuat layer. Gadgetarian juga bisa mengatur Opacity dan Radius. Asyiknya lagi, untuk menikmati fitur lengkap yang ada di SketchBook, Gadgetarian tidak pelu merogoh kocek sedikitpun karena beragam fitur pro sekarang tersedia secara gratis.
GRATIS
Google Play

Sketch Kit
Aplikasi ini lebih ke orang yang hanya sekedar ingin menggambar atau meng-edit di smartphone. Gadgetarian bisa membuat gambar baru di kanvas kosong lalu pilih jenis brush yang ingin digunakan dan atur ketebalannya. Lalu bisa tambahkan warna, efek filter, tulisan, animasi, atau stiker untuk mempercantik gambar.
Gadgetarian juga bisa menambahkan foto diri sendiri atau bersama teman-teman untuk dijadikan latar belakang atau disisipkan ke dalam gambar. Jika masih kurang, masih ada tambahan beragam tema seperti Bunga, Salju, Bintang, dan lain-lain agar hasilnya semakin indah.
GRATIS
Google Play

ArtFlow
Gadgetarian akan mendapatkan beragam fitur yang sangat lengkap di aplikasi ArtFlow dengan lebih dari 80 jenis brush, kanvas, warna, layer, dan lain-lain. Aplikasi ini juga mendukung stylus seperti Samsung S Pen sehingga kegiatan menggambar atau membuat sketsa menjadi lebih seru.
ArtFlow menyediakan kanvas dengan ukuran hingga 6144 x 6144 yang terdiri dari 50 layer. Gadgetarian juga bisa meng-kustomisasi brush dari gambar yang diimpor. Aplikasi ini juga mendukung impor dan ekspor gambar dengan format JPG, PNG, dan PSD. Sayangnya, karena aplikasi ini memerlukan standar GPU khusus jadi aplikasi ArtFlow tidak kompatibel dengan semua perangkat Android.
GRATIS
Google Play

Painter Mobile
Painter Mobile memiliki tampilan antarmuka yang disesuaikan dengan desain material. Gadgetarian bisa mewarnai foto, melacak, atau menggambar di sini. Berbagai macam tool disediakan di sini mulai dari Brush, Blend, Cat, Paint Bucket, Eyedropper, Eraser, Layer, dan Crop. Khusus untuk brush, aplikasi Painter Mobile menyediakan banyak pilihan brush seperti Ballpoint Pen, Pencil, Finger, Flat Oil, dan banyak lagi lainnya.
Untuk foto yang ingin dimasukkan, Gadgetarian bisa memilihnya dari galeri, mengambil gambar langsung dari kamera, atau mencarinya di Google. Kanvas yang sedang dikerjakan bisa diputar arah dengan dua jari. Gadgetarian juga bisa menggunakan stylus untuk sensasi menggambar seperti di kanvas asli. Hasil gambar yang sudah selesai bisa disimpan dalam format JPEG.
GRATIS
Google Play

Sketch Master
Ingin menggambar hanya sekedar mengisi waktu luang tanpa perlu penggunaan atau tampilan yang ribet? Aplikasi Sketch Master bisa diandalkan. Fitur-fitur yang ditawarkan termasuk standar dengan hanya tersedia brush, pengaturan kanvas, layer, penghapus, dan warna.
Mengatur ukuran kanvas tidak bisa seenaknya karena ukuran maksimum kanvas tergantung resolusi layar. Gadgetarian juga bisa melakukan zoom hingga 3000%. Untuk isian kanvas, Gadgetarian bisa meng-impor gambar dari galeri atau langsung dari kamera smartphone.
GRATIS
Google Play