Canon EOS R”Populaire” Sudah Hadir di Indonesia

Canon melalui Datascrip akhirnya secara resmi memasukkan EOS RP ke Indonesia. Canon EOS RP merupakan downgrade dari Canon EOS R yang sudah diluncurkan pada Oktober tahun lalu.  Canon EOS RP memiliki resolusi 26MP dengan ukuran layar monitor 3″. Ukuran ini lebih kecil dari EOS R karena EOS R memiliki resolusi 30MP dengan layar monitor 3,2″ yang lebih besar. Meski demikian beberapa spesifikasi penting ternyata sama persis dengan EOS R seperti prosesor DIGIC 8 serta sensornya.

Kamera full frame ini memiliki bodi yang lebih ramping dibanding EOS R karena beberapa panel yang ada di bodi EOS R tak nampak pada bodi EOS RP seperti LCD Control Panel. Namun lensa yang digunakan tetap sama dengan RF lens mount.  Meskipun memiliki perbedaan harga yang cukup jauh dengan EOS R namun ternyata keduanya masih memiliki banyak persamaan.  Ada beberapa pertanyaan mengapa menggunakan nama “RP” dan apa makna “P” pada nama kamera ini.

“Canon EOS RP menjadi kekuatan baru dalam sistem EOS R untuk memenuhi kebutuhan perangkat kamera mirrorless full-frame yang andal dengan harga terjangkau. Filosofi penggunaan tipe “P” diambil dari sejarah kesuksesan kamera Canon pada tahun 1960, dan juga terinspirasi dari bahasa Perancis yaitu “Populaire”, yang diharapkan dengan hadirnya Canon EOS RP semakin banyak pengguna yang bisa merasakan kehebatan kamera mirrorless full-frame Canon,” ujar Merry Harun – Canon Division Director, pt. Datascrip.

Datascrip selaku distributor tunggal untuk merek Canon, menjual Canon EOS RP body only (BO) dengan harga Rp 19.998.000 serta Canon EOS RP with lens RF 24-105mm F/4L IS dengan harga Rp 35.750.000.  Nah buat Gadgetarian yang merasa tertarik silakan kunjungi http://store.datascrip.id/ dan tunggu ulasan lengkapnya di TPLUS Magazine ya https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/tplus