HTC Bakal Angkat Kaki dari Tiongkok?

Tidak jelas bagaimana kondisi divisi produksi mobile HTC setelah Google melakukan akuisisi terhadap sejumlah aset dan karyawannya. Belakangan, perusahaan asal Taiwan ini juga lebih fokus menggarap bisnis VR (virtual reality)-nya. Pada bulan Juli tahun lalu, HTC memutuskan untuk angkat kaki dari pasar ponsel pintar India, dan tampaknya langkah ini tak lama lagi juga akan dilakukan di Tiongkok,

Menurut laporan terbaru, perangkat-perangkat HTC sudah tidak lagi dijual di JD.com dan Tmall, dua toko daring kenamaan di Tiongkok. Melalui akun Weibo resminya, HTC mengungkapkan langkah untuk menarik produk dari toko daring tersebut diambil melalui pertimbangan yang cermat untuk strategi bisnis jangka panjangnya di pasar Tiongkok. Hingga kini, HTC masih menjual produk mereka di toko resmi milik mereka meski tidak semua produk tersedia.

Meski belum dikofirmasi, banyak pihak yang melihat hal ini sebagai langkah awal HTC untuk mundur penuh dari Tiongkok. HTC sendiri diketahui tengah memangkas semua operasi yang berkaitan dengan smartphone. Hal ini berdampak pada berkurangnya ketersediaan produk di sejumlah tempat serta terlambatnya jadwal pembaruan software Android mereka.

Kendati demikian, HTC tampaknya belum mau menyerah total dari pasar smartphone. Mereka diketahui tengah menggarap penerus HTC Exodus, ponsel blockchain yang dinilai cukup sukses menarik minat konsumen. Kabarnya pula, HTC akan merilis ponsel ini di Amerika Utara, Eropa dan Australia.