Connect with us

Product Info

Product Review Samsung Galaxy M20

Published

on

Samsung yang kini tengah berjuang untuk menjauh dari kejaran Xiaomi di Indonesia mengeluarkan produk baru untuk kelas menengahnya bawahnya. Segmen yang selama ini diisi oleh Samsung Galaxy seri J ini kini diiddi oleh seri M yaitu M20. Samsung Galaxy M20 merupakan ponsel terbaru untuk klasifikasi kelas menengah yang terlihat dari kapasitas ROM dan RAM serta prosesor yang digunakan. Harga yang dibanderol sebesar Rp 2,7 juta pun juga sebagai indikasi bahwa M20 merupakan ponsel kelas menengah bawah. Namun kualitas dan performa M20 justru menunjukkan lebih dari sekadar ponsel kelas menengah bawah.

Desain Samsung Galaxy M20 mirip dengan ponsel-ponsel yang ada selama ini terutama untuk tampilan depan yang didominasi layar lebar. Selain M10, Samsung Galaxy M20 merupakan ponsel Samsung pertama yang menggunakan kamera depan dengan desain dewdrop. Desain dewdrop sempat “diharamkan” oleh Samsung karena tak mau dianggap ikut-ikutan ponsel lain, namun kenyataannya M20 dan M10 menggunakan desain dewdrop ini. Meski tak ada keterangan penggunaan proteksi layar seperti Gorilla Glass, namun layar M20 nampak lembut dan tahan goresan untuk dipakai sehari-hari seperti gesekan terhadap saku celana maupun permukaan kasar.

Dual camera yang ada pada Samsung Galaxy M20 mampu menghasilkan gambar yang baik, juga untuk bokeh

Ponsel yang tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Ocean Blue dan Charcoal Black ini memiliki desain bodi belakang yang terlihat biasa saja dengan barisan dua lensa kamera lengkap dengan LED flash light dan fingerprint. Bodi belakang M20 yang menggunakan bahan plastik dengan finishing semi glossy nyaman dipegang dan tidak licin. Namun seperti biasa ponsel dengan finishing seperti ini selalu meninggalkan bercak sidik jari usai kita memegangnya. Meskipun Samsung tak menyertakan casing untuk melindungi bodinya, Gadgetarian dapat membeli sendiri casing untuk M20 yang sudah banyak tersedia di toko-toko online maupun offline.

Bobot M20 sebesar 186 g memang cukup berat namun masih dalam taraf nyaman untuk dibawa. Dengan ketebalan sebesar 8,8mm, ponsel ini mudah diangkat saat dalam keadaan tergeletak walau dalam kondisi tergesa-gesa. Di bagian sisi bawahnya terdapat speaker internal, port USB type C serta port 3,5mm untuk earphone. Sementara di sisi sebelah kiri dan kanan terdapat tombol power, volume dan slot untuk 2 SIM card dan 1 micro SD.

Jika melihat harganya, ada beberapa ponsel yang bermain di kelas ini selain Samsung Galaxy M20 seperti Nokia 5.1 Plus dan Vivo Y95, namun M20 memiliki beberapa keunggulan. Layar Samsung Galaxy M20 memiliki resolusi yang lebih tinggi diantara para pesaingnya tersebut. Hal ini karena M20 menggunakan layar dengan resolusi 1080 x 2340 pixels dengan rasio layar 19.5:9 sedangkan pesaingnya menggunakan layar dengan resolusi 720 x 1520 pixels. Dan dibanding pesaingnya, M20 memiliki bentang layar terbesar yaitu sebesar 6.3 inci dengan 83.6% screen-to-body ratio.

Samsung Galaxy M20 yang menggunakan chipset Exynos 7904 Octa (14 nm) dengan CPU Octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53) sangat cukup untuk menjalankan ponsel untuk segala kegiatan. Kombinasi RAM yang ada dengan prosesor yang digunakan membuat penggunaan multitasking pada M20 dapat berjalan dengan baik tanpa kendala saat digunakan sehari-hari. Untuk penggunaan bermain game, M20 bisa dibilang cukup dan mampu menjalankan game dengan framerate sedang seperti Grand Turismo.

M20 dilengkapi kamera belakang dengan resolusi maksimum 13MP berukuran 4128 piksel x 3096 piksel dan Gadgetarian bisa memilih beberapa alternatif resolusi seperti 9,6 MP atau 7,9 MP. Meski memiliki resolusi maksimum yang hanya 13 MP namun resolusi ini sangat cukup buat Gadgetarian yang gemar memposting foto di media sosial. Namun jika Gadgetarian menggunakan foto hasil kamera M20 dengan resolusi maksimal untuk di cetak dapat menghasilkan cetakan foto yang bagus dengan ukuran besar sekalipun.

Kamera yang dimiliki M20 menghasilkan gambar dengan warna dan tingkat kecerahan yang tidak berlebihan. M20 menghasilkan foto dengan warna yang natural dan lembut sehingga ketika dipakai untuk mengambil gambar saat senja, M20 mampu menghasilkan gambar yang kaya dengan warna pastel yang romantis. Untuk mengujinya kami membawanya ke Pantai Mengiat di kawasan Nusa Dua Bali untuk menangkap gambar saat matahari terbit sejak fajar menyingsing hingga matahari terlihat sempurna. Hasilnya M20 mampu menangkap gambar dengan suasana dan nuansa warna yang sama dengan suasana aslinya.

Walau tak sebagus kamera ponsel flagship, M20 juga mampu mengambil gambar dalam suasana redup dengan hasil yang cukup baik. Sedangkan untuk pengabilan gambar saat siang atau terang, kamera yang ada pada M20 tak usah diragukan lagi kualitasnya. Dan buat Gadgetarian yang efek-efek kamera, M20 juga dilengkapi dengan beberapa efek kamera yang seru dan lucu-lucu.

Harga
Rp 2.799.000
JD.id

Spesifikasi
Dimensi/berat: 156.4 x 74.5 x 8.8 mm/186gr
Layar: 6,3”, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 screen ratio
OS: Android 8.1
Chipset: Exynos 7904 Octa (14 nm)
Memori: ROM 32GB, RAM 3GB
Kamera belakang: 13 MP, f/1.9, 1/2.8″, 1.12μm, PDAF
5 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)
Kamera depan: 8 MP, f/2.0, HDR
Video: 1080p@30fps
Baterai: 5000 mAh

Hasil kamera Samsung Galaxy M20

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *