Connect with us

Product Info

Asus Zenfone Live L2 “Tampil Lebih Segar”

Published

on

 

Asus dikenal memiliki rentang produk yang beragam dengan berbagai segmen mulai dari entry level hingga high end. Sambil menunggu kehadiran Zenfone 6 ke Indonesia yang rencananya Juni mendatang, hadir Zenfone Live L2. Seri ini sudah ada sejak 2018 lalu dengan Zenfone Live L1, namun seri L2 yang baru saja diluncurkan ini ternyata memiliki spesifikasi yang justru dibawah Live L1. Ponsel entry level andalan Asus ini memiliki bodi yang nyaris tak berubah dibanding pendahulunya kecuali bagian belakangnya. Seperti apa perbedaan diantara keduanya dan tampilan bari Zenfone Live, yuk kita simak ulasannya.

Secara bentuk antara Live L1 dan Live L2 tak ada banyak perbedaan atau mungkin sama saja terutama dari depan. Hanya saja Asus memberikan kesan ponsel masa kini pada bagian belakangnya dengan memberikan warna gradasi yang sedang ngetren saat ini. Ponsel yang memiliki dua pilihan warna antara cosmic blue dan rocket red ini memang terlihat lebih trendi terutama dengan adanya logo Asus yang lebih besar dan melintang di bagian belakang. Gradasi warna ke arah gelap memberikan kesan macho dan lebih laki-laki, dibanding Zenfone Live L1 yang menyediakan pilihan warna lembut dan cenderung ke perempuan.

Perbedaan pemilihan warna ini kemungkinan karena Zenfone Live L1 lebih ditujukan untuk segmen remaja atau wanita. Hal ini karena banyaknya penggemar selfie kaum wanita dibanding kaum pria. Namun ternyata peminat selfie di kalangan pria pun kini sudah banyak, sehingga Asus membuat Zenfone Live versi pria atau remaja pria dengan memberikan pilihan warna yang lebih tegas dan elegan. Sedangkan bodinya menggunakan bahan yang sama dengan Live L1 namun dengan finishing glossy yang mengkilap. Secara umum kualitas bahannya sangat sesuai dengan harganya dan memiliki nilai lebih dari desainnya.

Zenfone Live L2 memiliki ukuran bodi yang sama dengan L1 dan memiliki bentang layar sebesar 5,5” dengan resolusi layar 720 x 1440 pixels dengan rasio layar 18:9. Jika dilihat dari ukuran dan beratnya yang sama persis dengan L1, kedua ponsel ini memiliki kerangka yang sama. Sehingga Zenfone Live L2 seperti merefresh Zenfone Live L1 menjadi lebih segar.

Ponsel yang cocok untuk dipakai ngevlog ini memiliki kamera yang cukup dari sisi resolusinya. Zenfone Live L2 menggunakan kamera utama dengan resolusi yang bisa diatur dan dipilih sesuai kebutuhan hingga maksimal 13 MP. Sedangkan kamera depannya masih menggunakan kamera dengan resolusi 5MP seperti Zenfone Live L1. Bauat Gadgetarian yang gemar ngevlog ataupun selfie-selfie di taman dan juga diluar ruangan, Zenfone Live L1 sudah sangat oke untuk menghasilkan gambar yang terang. Begitu pula jika Gadgetarian mengambil video juga akan menghasilkan gambar video yang jelas. Sedangkan jika digunakan di dalam ruangan, Zenfone Live L2 mampu menyerap cahaya dengan baik, sehingga gambar yang dihasilkan sangat baik dengan bukaan lensa f/2.0.

Dalam hal memori yang digunakan juga tak memiliki banyak perbedaan seperti pada Zenfone Live L1 baik pada internal memory maupun RAM. Zenfone Live L2 menggunakan RAM sebesar 2GB dengan internal memory sebesar 16GB. Saat ponsel-ponsel kelas menengah sudah banyak yang menggunakan internal memory sebesar 64GB, kapasitas memori Zenfone Live L2 memang terlihat sedici. Namun jangan sedih karena jika Gadgetarian menginginkan memori lebih disediakan slot memori tambahan yang bisa diisi oleh micro SD sebesar 1TB meskipun tak perlu sebesar itu untuk membuat sebuah konten video.

Sedangkan untuk dapur pacunya, Zenfone Live L2 menggunakan prosesor Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53. Jadi meskipun bukan ponsel gaming tapi bukan berarti Gadgetarian nggak bisa main game ya. Asalkan jangan game yang hard core macam PUBG. Sayangnya OS yang digunakan masih menggunakan Android 8.0 (Oreo), padahal kini sudah banyak yang menggunakan Android 9.0 (Pie). Untungnya Zenfone Live menggunakan Android Go Edition sehingga memudahkan Gadgetarian untuk melakukan upgrade ke Android Pie. Meskipun menggunakan Android Go, Namun Asus tetap mempertahankan eksistensi ZenUI 5 sebagai ciri utama ponsel Asus.

Harga
Rp 1.199.000

Kesimpulan:
Zenfone Live L2 merupakan versi penyegaran dari Zenfone Live L1 dari sisi tampilan sehingga membangkitkan ketertarikan konsumen terhadap ponsel kelas entry level di kisaran harga Rp 1 jutaan.

Desain 4
Kinerja 3
Fitur 3
Harga 4

Hasil foto selfie

Spesifikasi

Dimensi/Berat:
147.3 x 71.8 x 8.2 mm/140gr
Layar:
5,5” IPS LCD capacitive touchscreen, 720 x 1440 pixels, 18:9
Platform:
Android 8.0 Oreo (Go edition); ZenUI 5, Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 (28 nm), Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
Memori:
2GB RAM, 16GB ROM
Kamera:
13 MP, f/2.0, PDAF, LED Flash, 5MP kamera depan, 1080p@30fps video
Baterai:
3000 mAh

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *