Connect with us

News

OPPO Melejit Samsung Terjepit

Published

on

Setelah beberapa tahun lamanya Samsung merajai pasar ponsel tanah air kini tiba saatnya Samsung harus merelakan posisinya sebagai penguasa pasar ponsel tanah air kepada OPPO.  Adalah perusahaan riset konsumen global, Canalys telah merilis laporan penelitian terbaru mereka terkait pangsa pasar smartphone di Indonesia untuk periode kuartal kedua tahun 2019. Pada laporan terbarunya, OPPO memimpin marketshare smartphone Indonesia untuk pertama kalinya dengan persentase 26 persen. Sementara pertumbuhan tahun ke tahun OPPO tercatat meningkat 54%.

Keberhasilan OPPO ini merupakan keberhasilan bersejarah baginya mengingat ini adalah capaian nomor satu yang pertama kalinya bagi OPPO.  Dalam dua tahun terakhir OPPO memang sudah sangat dekat menempel Samsung sebagai penguasa pasar ponsel tanah air.  Tak hanya Samsung, OPPO juga berhasil menggeser kedudukan Xiaomi sebagai runner up dibelakang Samsung selama ini.  Sehingga OPPO tak hanya mendahului Samsung tapi juga Xiaomi sekaligus.

Keberhasilan OPPO dalam memuncaki market share ponsel pintar di Indonesia tak lepas dari gencarnya OPPO membanjiri pasar ponsel Indonesia dengan ponsel kelas menengah.  OPPO sendiri memiliki banyak varian ponsel kelas menengah di Indonesia seperti seri A dan seri F yang tersedia hingga ke pelosok Indonesia.  Sering terlihat jajaran produk OPPO di beberapa toko ponsel hingga di tingkat kabupaten.  Bahkan jika kita mengunjungi sentra ponsel di Jakarta maka produk OPPO terasa mendominasi.

Lengsernya Samsung dari puncak singgasananya menjadi tamparan besar bagi Samsung yang kini posisinya kian terjepit diantara produsen ponsel Tiongkok seperti Xiaomi, Vivo dan Realme.  Namun diantara keberhasilan OPPO menggeser Samsung, Vivo justru menunjukkan kinerja yang terbaik dengan pertumbuhan tertinggi dibanding tahun 2018 yaitu sebesar 62%.  Dengan pertumbuhan ini bukan tidak mungkin susunan penguasa pasar ponsel tanah air akan berubah lagi. Kita tunggu saja.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *