Smartfren Uji Coba 5G

Teknologi internet ultra cepat 5G semakin santer digaungkan di Indonesia walau perkiraan penerapannya masih lama.  Meski demikian,  di Tiongkok dan beberapa negara maju lainnya teknologi ini sudah diterapkan secara komersil.  Di Indonesia beberapa operator seluler  sudah melakukan ujicoba dan hari ini Smartfren melakukan ujicoba di Jakarta.

Teknologi yang bakal banyak diterapkan untuk industri ini kedepannya juga bakal diterapkan di industri indonesia.  Untuk itu Smartfren dalam melakukan ujicobanya kali ini mengambil tempat di penyulingan minyak sawit milik Sinar Mas di kawasan Marunda Jakarta.  Dalam ujicoba ini Smartfren  menggandeng ZTE sebagai penyedia perangkat teknologi 5G.

Teknologi yang ditunjukkan, adalah dengan memasang 360 camera, yang terkoneksi dengan jaringan 5G ke virtual reality headset, real time di jalur logistik pengiriman barang PT. Sinarmas Agro Resources and Technology Tbk (PT. SMART, Tbk). Bayangkan jika skala penerapannya lebih besar dan tidak hanya di sekitar lingkungan pabrik tetapi berbeda kota (Red: pabrik dan operator) maka operator tidak perlu berada di lokasi untuk melakukan fungsi pemantauan sehingga lebih efisien, tambah Merza.

Pabrik di marunda ini merupakan pabrik yang mengelola produk turunan dari cpo milik Sinar Mas dan merupakan salah satu pabrik tercanggih di Asia Tenggara dengan otomasi