FujiFilm Kembangkan X-Pro3 dengan Banyak Keunikan

Gadgetarian yang gemar fotografi khususnya para fans FujiFilm pasti kenal dengan X-Pro2 yang di perkenalkan pada 2016 lalu.  Seri kamera FujiFilm yang memiliki hybrid multi viewfinder ini bakalan ada penerusnya lho.  Fujifilm mengumumkan pengembangan X-Pro3 pada acara Fujifilm Summit X di Tokyo, Jepang pada 20 September 2019 lalu.   Fujifilm mengumumkan dalam pengembangan X-Pro3 nantinya akan ada beberapa fitur baru yang menarik.

Dalam kesempatan ini FujiFilm “membocorkan” beberapa spesifikasi X-Pro3 seperti penggunaan bahan titanium untuk bodinya serta bakal tersedia dalam tiga warna pilihan seperti Hitam, DURA Hitam dan DURA Perak. Perbedaan antara DURA dan non DURA adalah Versi ‘Hitam’ standar nampaknya finishing bodi bakal dicat, sementara versi ‘DURA’ finishing dilakukan dengan beberapa cara khusus. Penggunaan bahan titanium pada kamera ini merupakan sebuah keistimewaan mengingat titanium adalah logam yang istimewa.  Hal ini karena titanium merupakan bahan yang sulit dibentuk namun memiliki ketahanan yang luar biasa.  Titanium juga memliki bobot yang ringan dan tahan lama dibanding bahal logam lainnya yang biasa digunakan oleh bodi kamera pada umumnya.

Electronic View Finder (EVF) juga bakal menjadi fitur yang menarik dari kamera ini.  Selain hybrid multi viewfinder, X-Pro3 memiliki EVF dengan resolusi tinggi yang membuat saat membidik menjadi menyenangkan.  EVF  X-Pro3 memiliki tingkat kontras yang lebih tinggi, lebih cerah serta memiliki frame rate yang lebih tinggi.  Yang juga menarik adalah penggunaan layar LCD yang tersembunyi. Engsel layar berada di bawah dan jika Gadgetarian ingin melihat LCD maka Gadgetarian harus membaliknya ke bawah.  Menurut FujiFilm hal ini untuk menjaga agar fotografer tetap di EVF dibanding menonton dari layar LCD.  Dan uniknya lagi Gadgetarian kan dibawa bernostalgia karena terdapat ikon rol film di balik layar LCD yang bisa berubah ketika Gadgetarian mengubah ISO.