Vivo Z1 Pro “Spek Bintang Lima Harga Kaki Lima”

Setelah kehadiran S1, Vivo nampaknya tak mau berhenti mengeluarkan ponsel kelas menengahnya di Indonesia. Awal Agustus 2019, Vivo memasukkan Z1 Pro ke pasar ponsel di Indonesia. Kehadiran Z1 Pro di Pasar Indonesia seperti tidak mau kasih kendor pasar ponsel kelas menengah dengan produk baru. Dan yang membuatnya makin ramai adalah kehadiran Z1 Pro dengan spesifikasi sekelas ponsel gaming, namun dengan harga yang bikin panas dingin kompetitornya. Harga dan spesifikasi yang ditawarkan Vivo membuat banyak yang pesaingnya dikisaran harga Rp 3 jutaan bakal kehilangan pelanggan, mungkinkah? Berikut review lengkapnya.

Desain Vivo Z1 Pro memang menawan terutama bagain belakangnya yang glossy dengan pantulan membentuk garis yang mewah. Berbeda dengan saudaranya yaitu S1 yang memiliki fingerprint di layar, Z1 Pro menempatkan fingerprint di bodi belakang. Sementara kamera belakang dengan tiga lensanya berada di sudut atas kiri bodi belakangnya ditambah dengan LED flash light. Balutan bodi glossy juga pada bagian samping sekeliling ponsel namun tak membuat licin dan tetap nyaman digenggam. Namun di samping kiri terdapat tombol pintas untuk Google Asistant serta port mini USB, 3,5mm dan speaker disisi bawah.

Ada sedikit perbedaan pada tampak depan Z1 Pro dibanding vivo seri lainnya karena Z1 Pro seperti juga seri Z lainnya memiliki kamera depan di pojok kiri atas. Hal ini berbeda dengan lainnya yang menggunakan desain dewdrop di tengah atas atau menggunakan pop up camera seperti seri V. Penempatan kamera depan di pojok kiri atas ponsel cukup menghindarkan dari kebosanan kita pada desain dewdrop. Layarnya yang seluas 6,5” pun nampak lapang karena kamera depan tak mengganggu tampilan dan seolah tidak ada kamera. Penempatan kamera depan pun tak memengaruhi pose Gadgetarian saat selfie. Layar dengan resolusi 1080 x 2340 pixels pun nyaman digunakan.

Yang menjadi salah satu unggulan dari Z1 Pro adalah baterai yang berkapasitas 5000 mAh. Baterai sebesar ini bisa untuk stand by selama seminggu dan tentu saja tidak akan cepat habis saat digunakan untuk bermain game apalagi game online yang sering menguras tenaga saat sulit memperoleh sinyal. Saat digunakan bepergian pun akan aman dengan kapasitas baterai sebesar ini, walaupun di kereta pun kini ada colokan listrik.

Untuk kamera, Z1 Pro memiliki mode yang sangat lengkap seperti PPT, Profesional, malam, Panorama, Otomatis, wajah cantik dengan AI, video, Klip dan Swafoto Timur dengan AR. Kamera belakangnya memiliki tiga lensa dengan kekuatan masing-masing 16 MP, f/1.8, (wide), 1/2.8″, 1.12µm, AF, 8 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide) dan 2 MP, f/2.4, depth sensor. Untuk pemotretan di dalam ruangan, hasilnya tajam dan sedikit noise apalagi di luar ruangan saat cahaya cukup banyak.

Suatu kali kami coba untuk memotret seorang model di sebuah taman saat sore hari dengan pencahayaan sore yang mulai memerah. Kami memotret dari jarak hampir 2 meter dengan resolusi tertinggi dan menggunakan mode auto. Hasilnya model yang memiliki wajah cantik itu tertangkap sempurna oleh kamera Z1 Pro dengan warna natural namun tetap tajam. Saat kami perbesar tampilannya, alis mata nampak begitu bersih terlihat menampakkan detail setiap lembar bulu matanya. Efek blur atau bokeh yang dihasilkan juga turut menambah syahdu foto secara keseluruhan karena membuat subyek utama foto menjadi menonjol.

Fitur kamera lainnya yang mumpuni adalah wide angle yang mampu menampilkan gambar dengan view yang lebih lebar. Sehingga deretan gedung yang menjulang di seputar jalan jenderal Sudirman mampu terangkai dalam satu frame tanpa harus menggunakan mode panorama.

Salah satu hal yang membuat heran adalah mesinnya yang memiliki spesifikasi kelas atas atau yang biasa digunakan oleh ponsel harga Rp 5 jutaan. Z1 pro menggunakan Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm) dengan CPU Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver). Spesifikasi chipset dan CPU yang digunakan Z1 Pro lebih tinggi dari S1 yang menggunakan Mediatek MT6768 Helio P65 bahkan jika dibandingkan dengan V15 Pro yang menggunakan Qualcomm SDM675 Snapdragon 675. Z1 Pro menggunakan RAM sebesar 4GB dan Internal memori sebesar 64GB. Sepertinya Vivo menggunakan RAM 4GB untuk menghemat biaya dan agar bisa dijual dengan harga miring.

Saat diuji menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu v7.2.2. Vivo Z1 Pro memperoleh skor keseluruhan sebesar 183644 yang satu tingkat dibawah Huawei P20. Skor penilaian kinerja CPUnya memperoleh skor hampir 70000 yang biasanya diperoleh pada ponsel kelas atas. Dengan spesifikasi seperti ini rasanya bakal nyaman bermain game kelas berat macam Aspalt.

atas: menggunakan wide angle, bawah: mode normal

Kesimpulan
ViVo Z1 Pro merupakan ponsel dengan value for money terbaik. Dengan spesifikasi menggunakan Snapdragon 712 dan baterai 5000 mAh seharusnya ponsel ini dihargai lebih dari harga Rp 3 juta. Ponsel ini memiliki dua spesialisasi sebagai ponsel game namun juga memiliki kamera yang sangat mumpuni dan baterai yang awet.

Spesifikasi

Dimensi/berat:
162.4 x 77.3 x 8.9 mm/201 g
Layar:
1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio, 6,5”
Platform:
Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm), Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver), Android 9.0 (Pie); Funtouch 9
Memori:
4GB RAM, 64GB ROM
Kamera belakang:
16 MP, f/1.8, (wide), 1/2.8″, 1.12µm, AF, 8 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide), 2 MP, f/2.4, depth sensor
Kamera depan:
32 MP, f/2.0
Video:
1080p@60fps

Harga:
Rp 3.099.000