Connect with us

Product Info

Realme C11, Kinerja Terbatas Desain Berkelas

Published

on

Usai mengeluarkan realme Narzo dan X3 super zoom beberapa waktu lalu, realme kembali mengeluarkan produk barunya yang kali ini beda segmen dengan kedua ponsel sebelumnya. Realme mengeluarkan C11 yang diperuntukkan bagi segmen kelas bawah karena ponsel ini seharga Rp 1 jutaan. Sebagai ponsel kelas entry level, realme C11 tentu memiliki spesifikasi yang berbeda dengan Narzo yang dijual dengan harga Rp 2 jutaan. Namun realme C11 yang merupakan perbaikan dari realme C2 ini juga memiliki beberapa keunggulan. Apa saja keunggulannya, yuk simak ulasannya berikut.

Seperti seri C sebelumnya, realme C11 memiliki bodi belakang menggunakan finishing doff. Finishing doff memang diterapkan realme untuk ponsel entry levelnya sebagai pembeda dengan ponsel kelas menengah dan high end miliknya yang kebanyakan menggunakan finishing glossy. Bodi belakang C11 memiliki desain lebih menarik dibandi seri C sebelumnya. Hal ini karena sebelumnya realme memajang mereknya dengan ukuran yang tak terlalu besar, pada C11 logo relame justru terlihat lebih besar. Hanya saja logo realme berbentuk silhoute dengan warna yang sama dengan warna bodi. Sehingga meskipun logo realme memiliki ukuran yang lebih besar namun tetap tidak mencolok.

Nah yang unik adalah penempatan dua buah kameranya dalam sebuah kotak persegi membuatnya mirip dengan ponsel kelas atas yang biasanya menggunakan empat kamera. Meski kotaknya mampu menampung empat kamera namun C11 hanya memiliki dua kamera sehingga terlihat banyak ruang kosong. Namun sepintas orang Gadgetarian tak akan memperhatikannya dan hanya menyisakan kesan ponsel kelas atas. Bentuk kamera seperti ini merupakan yang pertama kalinya diterapkan oleh realme karena sebelumnya hanya berjajar vertikal maupun horizontal.

Sedangkan tampilan depan tak berbeda dengan ponsel lainnya dengan kamera depan model dewdrop serta layar depan beresolusi 720 x 1560 pixels. Ukuran layarnya yang cukup besar yaitu 6,5” menjadi salah satu nilai tambahnya. Walau tak mendapat karet pelindung pada paket pembeliannya, namun bodi realme C11 mantap dipegang dan tidak licin dan finishing doff pada bagian belakang sedieis banyak membuat tangan kita mantap memegangnya. Seperti biasa di bagian bawah terdapat lubang charger, speaker serta lubang 3,5mm untuk earphone. Dan tidak ada pemindai sidik jari pada realme C11.

Fitur kamera merupakan fitur terpenting lainnya bagi sebuah ponsel kelas entry level karena untuk kinerja, realme C11 nampaknya sudah bisa ditebak. Kamera realme C11 memiliki kualitas yang sangat sepadan dengan harga yang ditawarkan. Meskipun hanya memiliki kamera 13 MP, (wide), PDAF dan 2 MP, f/2.4, kamera C11 mampu menghadirkan gambar yang cerah meskipun di dalam ruangan. Sepertinya tidak jauh beda dengan kamera yang memiliki apperture di bawh f/2.0. Fitur kameranya pun cukup lengkap bahkan tidak beda jauh dengan ponsel harga Rp 3 jutaan.

Meski banyak fitur yang tersedia namun ada beberapa fitur yang tidak ada pada realme C11 diantaranya wide dan macro. Namun jangan kuatir buat penggemar bokeh karena untuk fitur yang satu itu tersedia di ponsel ini. Bahkan mode manual atau mode profesional juga ada pada kamera ponsel ini. Keterbatasan fitur dan mode pengambilan gambar tentunya karena lensa kamera yang tersedia hanya ada dua. Namun secara keseluruhan, fitur dan mode pengambilan gambar yang tersedia sudah cukup dan sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Sedangkan kamera depan realme C11 menggunakan kamera dengan sensor 5MP dan apperture f/2.4. Kamera depan realme C11 memiliki point of view yang lebih lebih lebar atau lebih wide dibanding kamera utama. Hasil kamera depan realme C11 juga cukup jelas walau di dalam ruangan sehingga. Sedangkan untuk video, kamera depan maupun kamera belakang realme C11 memiliki kualitas Full HD 1080@30 fps. Hanya saja untuk pengambilan video dengan menggunakan kamera depan saat di dalam ruangan terlihat lebih gelap dibanding saat digunakan mengambil foto.

Sedangkan untuk dapur pacunya, realme membenamkan prosesor Mediatek Helio G35 Octa Core 2,3 GHz Cortex A-53. Untuk penggunaan browsing internet atau memutar aplikasi musik nampak berjalan lancar-lancar saja. Bermain game? Disarankan untuk bermain game yang ringan-ringan saja ya. Namun untuk keperluan pengolahan foto maupun video, chipset yang digunakan masih cukup kuat. Meskipun kini RAM sebesar 2GB memang impresinya adalah ponsel kelas bawah namun realme tak ragu menggunakan RAM sebesar 2GB karena sudah cukup untuk keperluan sehari-hari.

Berjalan pada OS Android 10 dengan menggunakan realme UI 1.0 tampilan realme C11 menarik dan memang mirip dengan Android One. Menggunakan banyak aplikasi untuk medsos juga bisa dilakukan karena ROM sebesar 32 GB sudah cukup untuk menampung beberapa aplikasi medsos. Memang idealnya kini ponsel memiliki ruang penyimpanan sebesar minimal 64 GB mengingat pengguna ponsel kini banayka mengambil foto hingga tak terasa ruang penyimpanan penuh.

Sedangkan untuk tenaganya, realme membenamkan baterai sebesar 5000 mAh yang awet digunakan sehari-hari. Dalam kondisi separuh terisi atau 50%, realme C11 bisa digunakan untuk stand by hingga hampir seminggu. Sedangkan lama waktu pengisiannya agak lama dibanding saudaranya karena memang tak dibekali fast charging. Realme C11 menggunakan charger berkekuatan 10 watt melalui micro USB.

Harga:
Rp 1.499.000

Plus:
• Desain menarik
• Kualitas kamera sesuai
• Baterai besar
Minus
• Video kurang bagus

Kesimpulan
Membuat ponsel keren memang tak harus mahal dan hal ini dilakukan oleh realme dengan C11 yang masuk kategori entry level namun memiliki desain yang menarik. Baterai besar yang mampu membuat ponsel bekerja lebih lama juga menjadi nilai tambahnya.

Spesifikasi

Layar:
6,5” 720 x 1560 pixels, 20:9 ratio
Chipset:
MediaTek Helio G35, Octa-core 2.3 GHz Cortex-A53, Android 10, realme UI 1.0
Memori:
2GB RAM, 32GB ROM
Kamera Utama:
13 MP, (wide), PDAF
2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera depan:
5 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1/5″, 1.12µm
Video:
1080p@30fps
Baterai:
5000 mAh

Hasil foto menggunakan kamera realme C11

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *