Dua Hal yang Dibutuhkan Jurnalis Dalam Beraktivitas Saat Pandemi

Datangnya pandemi Covid-19 memaksa kita untuk bisa berkegiatan secara digital, secara virtual atau secara daring.  Hal ini karena kewajiban kita untuk menjaga jarak dan menghindari berkumpul dengan teman dan kerabat. Berkegiatan secara virtual adalah sesuatu yang gampang-gampang susah karena membutuhkan banyak hal.  Diantaranya adalah gawai dan jaringan internet yang mumpuni yang bisa terus berjalan dengan baik.  Lalu apakah aktivitas kita sehari-hari akan terhambat oleh keadaan ini.

Banyak bidang usaha atau industri yang terganggu oleh pandemi terutama bidang pariwisata atau industri kreatif yang berhubungan dengan pengumpulan orang.  Namun masih banyak pula yang tak terganggu seperti penulis ataupun jurnalis yang bisa melakukan kegiatannya secara jarak jauh.  Meski tak terganggu namun para jurnalis harus menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru ini. Kini para jurnalis tak perlu lagi ke kantor untuk menulis artikelnya dan bisa dilakukan di mana saja.  Aktifitas konferensi pers pun juga dilakukan secara daring dengan menggunakan beberapa aplikasi.

Dimasa seperti ini gawai yang praktis untuk dibawa seperti tablet menjadi teman kerja yang pas bagi para jurnalis dalam beraktivitas sehari-hari.  Bentuk dan berat tablet yang ideal untuk digunakan secara mobile membuatnya lebih praktis dibanding membawa laptop.  Apalagi kini teknologi tablet sudah sangat maju sehingga kemampuannya setara bahkan melebihi laptop.  Dengan tambahan beberapa aksesori seperti keyboard yang membuat tablet dapat digunakan layaknya laptop.  Bahkan pekerjaan multi tasking yang biasanya hanya bisa dilakukan di laptop kini juga bisa digunakan di tablet.  Dengan chipset terbaik maka kinerja tablet dapat maksimal seperti Samsung Galaxy Tab S7+.

Bekerja secara daring tak hanya soal gawai namun juga koneksi internet stabil dan kencang.  Bukan apa-apa karena koneksi internet lemot hanya akan membuat kita tidak nyaman, apalagi jika dikejar deadline karena artikel harus segera terbit.  Hari gini sudah bukan jamannya lagi mencari paket internet murah, karena buat apa murah kalau kecepatannya bagaikan siput kena garam.  Dimasa pandemi ini banyak operator seluler yang menawarkan paket koneksi internet yang lebih terjangkau, namun sekali lagi utamakan kestabilan dan kecepatan koneksi.

Untuk itu Gadgetarian perlu mengetahui operator seluler mana yang memiliki koneksi internet paling stabil di tempat kita bekerja.  Jika di tempat Gadgetarian koneksi internet Telkomsel yang paling stabil dan kencang maka gunakan Telkomsel.  Apalagi jika kita harus melakukan video call dengan rekan sejawat untuk rapat redaksi dengan lima orang sekaligus atau lebih.  Maka koneksi internet yang stabil sangat dibutuhkan bahkan Telkomsel punya paket yang memberikan kuota khusus untuk aplikasi conference.

Nah meskipun Gadgetarian bukan seorang jurnalis atau wartawan pasti punya kegiatan yang sama di rumah selama pandemi ini.  Jadi ingat, cuma butuh dua ini agar dapat berkegiatan dirumah yaitu gawai atau tablet yang mumpuni dan koneksi internet yang kencang dan stabil. Selamat beraktifitas.