Advan G9 Pro “Memori Besar Baterai Gahar”

Baru beberapa hari lalu Advan memperkenalkan G9 sebagai ponsel entry level dengan empat kamera, kini Advan mengeluarkan varian atasnya. Advan mengeluarkan G9 Pro dengan beberapa perbedaan spesifikasi dengan G9. Advan seperti tak mau kalah dengan merek lainnya dengan membombardir pasar ponsel dengan banyak produk setelah Nasa Plus dan G9. Walau tak banyak perbedaan dengan G9, Advan G9 Pro memiliki peningkatan spesifikasi yang cukup besar untuk mendongkrak kinerjanya. Seperti apa varian Pro dari Advan G9 ini? Yuk simak ulasannya berikut.

Wujud G9 Pro memang tak jauh berbeda dengan seri G9 bahkan nyaris sama karena perbedaan utamanya pada warna bodi belakang. Advan G9 Pro memiliki warna bodi belakang yang lebih matang dibanding G9. Namun komposisi kamera dan ornamen-ornamen yang ada semuanya sama termasuk penempatan logo Advan. Meski bodi belakang full glossy namun Advan G9 Pro tetap nyaman dipegang dan tak terasa licin. Penempatan speaker, kartu SIM dan juga charger USB type C tetap sama dengan G9.

Advan juga memberikan casing bodi yang terbuat dari plastikyang mudah dipasang. Dengan model polkadot atau lubang-lubang membuat tampilan Advan G9 Pro menjadi lebih trendi dan yang pasti makin nyaman digenggam. Secara keseluruhan wujud desain Advan G9 Pro tak mengecewakan dan bagus. Kualitas material dan finishing pun terbilang oke karena terlihat rapi dan presisi serta tidak tampak murahan. Seperti ponsel lainnya, layar depan G9 Pro juga didominasi layar berukuran 6,6 inci dengan resolusi layar 720 x 1600 piksel. Sementara diatasnya terdapat kamera depan dengan desain dew drop.

Advan G9 Pro menggunakan prosesor favoritnya yaitu Unisoc OctaCore A55 1.6GHz+1.2GHz yang juga digunakan pada G9. Lalu bagaimana kinerjanya? Saat kami uji benchmark menggunakan Geekbench 5, Advan G9 Pro memperoleh poin 835 untuk pengujian multicore sedangkan pengujian single core memperoleh nilai 153. Pengujian single core ini tak beda dengan yang dihasilkan Advan G9. Namun untuk pengujian multicore, Advan G9 Pro unggul dari G9 dengan nilai 835 yang lebih tinggi 30 poin dibanding G9. Kemungkinan memang memori yang lebih besar pada G9 Pro menjadi pemicu melonjaknya skor multi core.

Dengan komposisi memori 6GB RAM dan 64GB ROM, Advan G9 Pro mampu menunjukkan kinerja yang cukup baik saat digunakan bermain game. Saat kami coba untuk bermain game aspalt 8 kinerjanya sangat baik dan lancar. Memacu mobil berkecapat tinggi nampak nyaman tak ada lag dan berjalan mulus. Bermain menggunakan sensor gerak juga berjalan lancar dan responsif. Secara keseluruhan tak ada kendala saat bermain game yang membutuhkan respon yang cepat.

Kamera utama Adan G9 Pro dengan sensor berkekuatan 13MP serta dukurgan 3 kamera lainnya. Kamera Advan G9 Pro memiliki fitur yang cukup lengkap dengan fitur kecantikan, HDR serta tersedianya mode malam, panorama, manual hingga burst. Mode burst yang tersedia pada G9 cukup responsif dan mampu mengambil gambar berurutan dengan cukup baik. Over all kualitas kameranya yang sama dengan Advan G9.memiliki kinerja cukup baik.

Selain hasil foto yang jernih, pengambilan gambar pada mode malam juga menunjukkan kualitas kameranya yang cukup baik. Pengambilan gambar dengan mode malam di dalam temaramnya suasana cukup baik dengan sedikit noise. Dengan cahaya yang minim kamera G9 Pro masih mampu menangkap subyek yang ada di hadapannya dengan cukup jelas. Namun sedikit kendala yang sama pada G9 yaitu agak lama dalam menentukan fokus. Sehingga Gadgetarian tidak bisa langsung melakukan jepretan pada kamera atau ada sedikit jeda.

Lalu bagaimana dengan kamera depan? Kuncinya tetap ada pada cahaya yang datang. Kamera depan Adan G9 Pro memiliki kinerja cukup baik terutama pada saat siang hari dimana cahaya yang datang cukup berlimpah. Kamera depannya juga mampu beradaptasi dengan backlight sehingga hasil selfie akan tetap jelas dan terang. Kamera depan berkuatan sensor sebesar 5MP ini juga berfunhgsi sebagai pemindai wajah dan sensornya bekerja cukup baik dan responsif.

Menggunakan baterai berkapasitas 5200 mAh, Advan G9 Pro memiliki ketahanan baterai yang sangat baik. Jika digunakan untuk standby, ponsel ini bisa bertahan hingga beberapa minggu mulai dari penuh. Dan bisa digunakan hingga 4 hari meski terhubung dengan WiFi dengan kondisi masih sedikit aplikasi yang digunakan dan hanya sesekali digunakan untuk bermain game.

Harga Rp 1.649.000

Kesimpulan
Advan G9 Pro mengandalkan memori yang besar dengan quad camera sebagai nilai jualnya. Perbedaan yang sedikit dibanding G9 namun dengan rentang harga yang lumayan jauh bisa menjadi alasan bagi pembeli untuk lebih memiliki G9 ketimbang G9 Pro. Namun di beberapa daerah konsumen masih melihat besarnya memori menjadi patokan bagusnya ponsel bisa jadi nilai tambah bagi G9 Pro.

Spesifikasi
Dimensi 163.9 x 76.3 x 9.5 mm
Berat 190gr
OS Android 10
Display 6.6”, HD+, 720×1600 piksel
Network GSM/HSPA/LTE
CPU UNISOC Octa-core
Memori 6GB RAM, 64GB ROM
Front Camera 5MP
Rear Camera Quad Camera 13MP+0.3MP+0.3MP+0.3MP
Battery 5200 mAh

Hasil Foto Advan G9 Pro

Start typing and press Enter to search