Cara Sederhana Bikin Foto Luar Biasa

Saat pandemi seperti sekarang ini, hampir semua kegiatan dilakukan secara online termasuk berdagang. Hal ini karena selam pandemi masyarakat menghindari kontzak fisik untuk menghambat penularan Covid-19 dan menggantinya dengan secara online. Yang sebelumnya jarang memesan makanan secara online kini lebih sering memesan makanan secara online untuk menghindari penyebaran Covid-19 di restoran. Karenanya kini banyak pula pengusaha kecil atau semacam UMKM yang memanfaatkan internet untuk berdagang secara online.

Berdagang secara online membutuhkan beberapa persyaratan agar barang dagangan kita dapat menarik pembeli dan tentunya akan laku terjual. Mengingat pembeli tidak bisa memegang secara langsung barang akan dibelinya maka informasi yang lengkap dan juga foto yang menarik sangat diperlukan untuk memberikan kepercayaan kepada para calon pembeli. Foto yang ditampilkan harus mampu mendukung semua informasi yang dibutuhkan oleh calon pembeli. Lalu bagaimana agar foto produk yang kita jual dapat menarik? Apakah diperlukan kamera profesional yang mahal?

Gadgetarian tak perlu membeli kamera profesional yang mahal untuk membuat foto produknya yang menarik. Gadgetarian mungkin pernah mendengar bahwa foto yang bagus itu tergantung dari orang dibelakang kamera. Nah untuk itu Gadgetarian tidak perlu menggunakan kamera profesional yang mahal untuk membuat foto produk yang menarik dan cantik. Gadgetarian bisa menggunakan kamera ponsel untuk membuat foto produk yang menarik seperti Samsung Galaxy A21 dan Galaxy A31 yang memiliki kamera memukau namun dengan harga yang terjangkau.

Galaxy A21 merupakan ponsel dengan harga menarik yang memiliki kemampuan kamera melebihi harga yang ditawarkan. Dengan harga Rp 2 jutaan, Galaxy A21 memiliki kamera dengan sensor berkekuatan 16MP dibantu dengan tiga kamera lain berkekuatan 8MP dan 2 MP. Keempat kameranya memiliki kemampuan wide angle, macro dan bokeh yang mampu menghasilkan foto artistik nan menarik. Dan jika Gadgetarian ingin menambahkan video produknya, Galaxy A21 juga mampu membuat video dengan kualitas tinggi.

Baca juga: Lakukan Hal Positif dengan Konten Kreatif

Jika Gadgetarian memiliki dana lebih bisa memilih Galaxy A31, tenang saja meskipun lebih mahal dari Galaxy A21, harga Samsung Galaxy A31 tetap terjangkau. Meski demikian, Galaxy A31 memiliki spesifikasi kamera yang juga melebihi harga yang ditawarkan. Ponsel ini memiliki sensor utama sebesar 48MP dengan dukungan tiga kamera 8MP serta dua kamera bersensor 2MP untuk mendukung fitur wide angle, macro dan juga bokeh. Kamera Galaxy A31 memiliki apperture f/2.0 yang mampu menangkap cahaya sangat banyak sehingga foto yang dihasilkan akan cerah.

Lalu bagaimana agar Gadgetarian mampu membuat foto produk yang cantik dan mampu menarik pemebeli? Kunci pertama untuk membuat foto bagus adalah pada cahaya yang pas atau tidak terlaulu terang dan juga tidak terlalu redup. Agar foto yang dihasilkan menarik, cahaya yang datang juga harus ditata dengan baik sesuai dengan konsep foto yang akan kita buat. Tips pertama hindari cahaya langsung seperti sinar matahari yang langsung menerpa produk karena hasil fotonya akan over lighting dan menghilangkan tekstur dan bentuk dari produk yang difoto.

Foto: dok. Samsung, oleh Berry Phan, Founder Jasafotojakarta

Pantulan cahaya yang kita terima dapat memberikan berbagai bentuk, tekstur dan karakter pada sebuah foto. Dalam pengambilan foto produk seperti makanan, perlu diperhatikan berbagai sumber cahaya dan letak dimana cahaya itu berada. Gunakan teknik Back Lighting (Sumber cahaya dari belakang) dan Side Lighting (Sumber Cahaya dari Samping) yang akan memberikan cahaya dan bayangan yang lebih berkarakter sehingga menghasilkan konten yang lebih Awesome. Dengan Pro-Mode dari Samsung Galaxy A21s, pengguna bisa dengan mudah mengatur manual ISO, White Balance dan Exposure sehingga bisa lebih mengontrol cahaya yang di inginkan.

Nah bagaimana dengan tips singkatnya, menarik bukan. Selamat mencoba dan buat foto kreatif untuk mempromosikan produk untuk menarik pembeli.

Start typing and press Enter to search