Connect with us

Coffee Break

Jadi Sutradara Dengan Ponsel Istimewa

Published

on

Menjadi sutradara merupakan sebuah impian bagi insan perfilman, karena menjadi sutradara bukanlah perkara mudah. Menjadi sutradara harus mengerti segala sesuatu tentang film termasuk kamera. Menjadi sutradara harus memiliki pandangan yang jeli layaknya kamera sehingga sang sutradara tau kapan harus berpindah frame dengan sudut pandang yang bagus. Karenanya menjadi sutradara tak hanya harus mengerti secara teori namun juga harus memiliki pengalaman yang cukup.

Namun kini Gadgetarian bisa menjadi sutradara atau bertindak layaknya seorang sutradara profesional. Dengan teknologi kamera yang semakin maju, membuat video bahkan sebuah film sekalipun kini bisa dilakukan oleh siapa saja. Produsen ponsel pun kini semakin banyak menghadirkan teknologi yang inovatif terutama dalam hal kamera sehingga mengoperasikan kamera kini semakin mudah. Para vlogger pun kini semakin dimudahkan dalam membuat konten video yang menarik.

Samsung Galaxy S21 Series 5G merupakan salah satu ponsel dengan kemampuan kamera baik untuk fotografi maupun videografi yang sangat mumpuni. Baik hardware maupun software yang dimilikinya sangat menunjang untuk membuat konten yang menarik. Salah fitur yang menarik dari kamera Galaxy S21 Series 5G adalah fitur Director’s View yang diilhami dari kebiasaan para sutradara yang sering berganti-ganti lensa untuk mendapatkan view yang diinginkan.

Fitur director’s view merupakan fitur yang memanfaatkan ketiga lensa kamera yang ada pada Samsung Galaxy S21 Series 5G. Ketiga lensa yang tersedia bekerja secara bersamaan dan menampilkannnya di layar. Sehingga Gadgetarian bisa menggunakan tiga lensa tersebut secara bergantian. Ketiga lensa yang aktif dapat mengambil view wide angle, view normal serta view dekat. Gadgetarian hanya tinggal menyentuh tiga layar kecil dengan berbagai view untuk mengaktifkannya.

Fitur Director’s view

Gadgetarian dapat mengaktifkan fitur ini dengan membuka folder more dan klik ikon Director’s View. Namun jika Gadgetarian memnginginkan yang lebih praktis bisa menciptakan shortcut yang memunculkan fitur Director’s View langsung di bagian atas shutter. Sehingga Gadgetarian bisa menggunakannya layaknya memilih opsi foto atau video pada aplikasi Kamera.

Fitur director’s view bisa hadir berkat prosesor Exynos 2100 yang 30% lebih cepat dan 10% lebih hemat daya. Sehingga Image Signal Processor (ISP) mampu memproses video yang diambil oleh empat lensa di saat yang sama, yakni tiga lensa di belakang dan satu lensa di depan. Hasil video dengan director’s view pun bagus dengan pergantian view yang lembut. Karena lebih hemat daya maka Gadgetarian tak usah kawatir menggunakan fitur ini saat berada di luar ruangan yang jauh dari listrik.

Setelah fitur keren ini tersedia, maka Gadgetarian tinggal menyediakan ide kreatif untuk membuat konten, karena bagaimanapun hasil akhir juga ditentukan sang sutradara. Buat Gadgetarian yang ingin membuat konten dengan konsep vlogging, ada fitur vlogger mode. Fitur ini memang dirancang untuk ngevlog dengan menampilkan tampilan dua layar depan dan belakang sekaligus dalam satu layar. Dengan demikian Gadgetarian dapat bertatap muka dengan kamera depan tanpa kehilangan momen didepan.

Selain Director’s View, Gadgetarian juga bisa mencoba video pro untuk perekaman video. Disini Gadgetarian bisa dengan leluasa mengatur kamera sesuaka hati termasuk tata suaranya. Layaknya kamera perekaman profesional, fitur ini menampilkan apperture, speed, WB dan ISO. Jika menggunakan mode video Auto Gadgetarian tak bisa merekam suasana temaram maka dengan mode video pro, Gadgetarian dapat menangkap temaramnya malam dengan baik sesuai dengan selera.

Nah sudah tau teknologinya, sudah genggam perangkatnya segera berkarya membuat konten sederhana yang penuh makna. Selamat berkarya.

https://youtu.be/byPB2mWiPs4

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *