Connect with us

Coffee Break

Mabar Makin Pede dengan Ponsel Kinerja Oke

Published

on

Bermain game online sekarang ini selain membutuhkan jaringan internet yang stabil dan kencang, juga memerlukan ponsel pintar dengan performa tinggi. Hal ini karena bermain game online harus bebas jeda atau lag yang bisa mempengaruhi hasil permainan. Karena nggak lucu kan kalah main game online gara-gara ponsel pintar yang digunakan memiliki performa yang kurang oke. Lalu ponsel pintar yang bagaimana bisa digunakan untuk bermain game online dengan lancar. Apakah harus menggunakan ponsel flagship yang harganya selangit?

Bermain game online dengan nyaman tak harus dengan menggunakan ponsel pintar mahal. Di keluarga Samsung Galaxy ada A Series yang memiliki segudang kelebihan termasuk kinerja atau performa yang bagus namun dibanderol dengan harga terjangkau. Di keluarga Galaxy A Series terdapat beberapa varian yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan termasuk untuk bermain game. Ada Galaxy A32, Galaxy A52 dan juga Galaxy A72 yang bisa dipilih sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Dan ketiganya memiliki kemampuan untuk membuat Gadgetarian nyaman bermain game.

Ada beberapa komponen penting dalam ponsel pintar yang bisa membuat Gadgetarian nyaman bermain game di ponsel pintar. Salah satunya adalah layar atau display yang selalu kita pandangi saat bermain game online. Bagus tidaknya layar untuk bermain game tergantung beberapa faktor seperti refresh rate. Refresh rate merupakan kemampuan layar ponsel dalam melakukan refresh di setiap detiknya. Dalam hal ini makin tinggi refresh rate akan semakin nyaman mata saat bermain game. Saat ini ada standar minimal refresh rate agar ponsel pintar nyaman untuk dipakai bermain game yaitu 90Hz.

Refresh Rate 90 Hz ada pada Samsung Galaxy A Series terbaru. Ketiga ponsel Galaxy A Series yang baru saja diluncurkan Samsung ini menggunakan layar Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz, serta kecerahan 800 nits. Kondisi layar seperti ini sangat pas untuk digunakan bermain game online bareng walau untuk waktu yang cukup lama. Refresh rate yang pas pun akan membuat mata tidak cepat lelah dan irit daya baterai.

Faktor kedua agar ponsel pintar yang Gadgetarian gunakan dapat nyaman digunakan bermain game adalah chipset yang digunakan. Selama ini ada tiga chipset yang populer digunakan oleh ponsel android yaitu Mediatek, Snapdragon dan Exynoss. Samsung Galaxy A52 dan Galaxy A72 menggunakan Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm). Prosesor ini memiliki spesifikasi Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver). Kombinasi chipset ini memang dirancang untuk ponsel pintar gaming terlihat dari kode G pada namanya.

Chipset yang mumpuni akan lebih mantap lagi jika dikombinasikan dengan penggunaan memori yang pas pula. Galaxy A52 dan Galaxy A72 menggunakan memori yang cukup besar dengan dua pilihan yaitu 6GB dan 8GB. RAM yang cukup besar akan membuat ponsel pintar menjadi lebih cepat berfikir sehingga meningkatkan kinerja ataupun performa ponsel pintar saat digunakan untuk bermain game. Galaxy A52 dan Galaxy A72 juga memiliki ruang penyimpanan yang luas dengan dua pilihan antara 128GB dan 256GB.

Faktor lain yang tidak kalah penting dalam memilih ponsel pintar untuk bermain mobile game adalah baterai dan juga pengisiannya. Galaxy A52 menggunakan baterai sebesar 4500 mAh sedangkan Galaxy A72 menggunakan baterai berkapasitas 5000 mAh. Keduanya juga sudah menggunakan sistim pengisian daya cepat atau fast charging. Galaxy A52 dan Galaxy A72 menggunakan teknologi pengisian daya Fast charging 25W yang mampu mengisi daya 50% hanya dalam 30 menit. Gadgetarian pun akan lebih tenang bermain game tanpa takut kehabisan daya apalagi jika sedang bermain di tempat yang tak ada sumber listriknya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *