Connect with us

Product Info

Samsung Galaxy A52 “Desain Menggoda Kinerja Istimewa”

Published

on

Samsung Galaxy A Series merupakan ponsel kelas menengah dari Samsung dengan banyak varian. Maret ini ada tiga Galaxy A Series baru Haiti Galaxy A32, Galaxy A52 dan Galaxy A72. Dan Redaksi TPLUS Magazine kedatangan tamu Galaxy A52 untuk dapat kenal lebih dekat. Dari acara unboxing ketiga Galaxy A Series ini di Korea beberapa waktu lalu terlihat banyak kelebihan dari Galaxy A52. Nah seperti apa Galaxy A52 ini, yuk simak ulasannya berikut.

Hal pertama yang membuat kami terpesona adalah ketika melihat tampak belakangnya karena mengingatkan pada Galaxy S21 series. Walau tak sama persis namun komposisi kameranya dengan kotak yang menonjol jelas membuat kami teringat dengan Samsung Galaxy S21 Series. Seluruh bodi belakangnya dibalur oleh finishing doff yang makin ciamik dilihatnya. Tak ada finger print di bodi belakang karena finger print Galaxy A52 ada di layar depan.

Warna-warna yang dihadirkan Samsung pada Galaxy A52 juga lembut atau pastel yang lebih kalem. Kebetulan kami memegang warna Awesome Violet yang cocok untuk pria maupun wanita. Galaxy A52 tersedia dalam empat warna pilihan seperti Awesome Violet, Awesome Black, Awesome White dan Awesome Blue. Lis samping Galaxy A52 finishing chrome dengan sedikit sentuhan warna violet, sehingga warna chromenya memiliki nuansa keunguan. Galaxy A52 memiliki SIM slot di atas dengan dua slot untuk kartu SIM serta satu slot untuk memory card.

Galaxy A52 memiliki layar Super AMOLED dengan bentang layar sebesar 6,5” dengan refresh rate 90Hz dan kecerahan 800 nits. Kondisi layar seperti ini sangat pas untuk digunakan bermain game online bareng walau untuk waktu yang cukup lama. Refresh rate yang pas pun akan membuat mata tidak cepat lelah dan irit daya baterai. Refresh Rate 90 Hz yang ada pada Samsung Galaxy A52 merupakan refresh rate standar yang tidak terlalu rendah, karena masih banyak yang menggunakan layar dengan refresh rate hanya 60Hz.

Bodi Galaxy A52 merupan ponsel dengan sertifikasi IP67 yang tahan terhadap air dan juga debu. Gadgetarian bisa membawa GHalaxy A52 berenang hingga kedalaman 1 meter, sehingga selfie di dalam air makin menyenangkan. Gadgetarian pun kini tak lagi harus kawatir jika menggunakan ponsel saat hujan atau tak sengaja tercebur ke dalam air. Untuk pemakaian luar ruangan, debu yang beterbangan maupun yang menempel jadi lebih mudah dibersihkan. Cukup basuh dengan air mengalir maka debu yang menempel di Galaxy A52 akan hilang. Aktifitas offroad dengan bersepeda pun tak perlu kawatir lagi.

Faktor penting lainnya agar ponsel pintar yang Gadgetarian gunakan dapat nyaman digunakan untuk kegiatan berat seperti bermain game online adalah chipset yang digunakan. Samsung Galaxy A52 menggunakan Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm). Prosesor ini memiliki spesifikasi Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver). Kombinasi chipset ini memang dirancang untuk ponsel pintar gaming terlihat dari kode G pada namanya. Kami juga sempat melakukan tes benchmark menggunakan GeekBench yang memperoleh skor 1606, angka ini cukup baik untuk ponsel di kelas menengah.

Chipset yang mumpuni menjadi lebih mantap dengan penggunaan memori yang pas pula. Galaxy A52 menggunakan memori yang cukup besar yaitu 8GB. RAM yang cukup besar akan membuat ponsel pintar menjadi lebih cepat berfikir sehingga meningkatkan kinerja ataupun performa ponsel pintar saat digunakan untuk bermain game. Galaxy A52 dan Galaxy A72 juga memiliki ruang penyimpanan yang luas dengan 256GB. Wah jika memiliki ruang penyimpanan seluas ini akan membuat ponsel menjadi lebih enteng dan kinerja menjadi meningkat.

Galaxy A52 memiliki empat kamera dengan lensa yang cukup lengkap. Kamera belakangnya terdiri dari kamera utama dengan sensor 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF, OIS. Kamera kedua memiliki sensor sebesar 12 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide), Sedangkan dua kamera lainnya berkekuatan 5 MP, f/2.4, untuk pengambilan gambar macro, serta sensor 5 MP, f/2.4, yang digunakan untuk membuat efek bokeh. Fitur kamera yang ada di Galaxy A52 bisa dibilang lengkap dan mode kamera single take tak ketinggalan juga ada di ponsel ini.

Kamera video ponsel ini juga keren karena terdapat image stabilizer serta bisa mengambil gambar video hingga kualitas 4K. Image stabilizernya berjalan dengan baik saat kami coba mengambil video sambil berlari. Hasil videonya tak nampak ada guncangan berarti walau berlari di permukaan tidak rata. Gadgetarian yang suka ngevlog akan sangat cocok nih pake Galaxy A52 karena gambarnya stabil. Oha Gadgetarian bisa ngevlog sambil hujan-hujanan lho, mantab kan.

Harga:
Rp 5.399.000

Kesimpulan
Galaxy A52 memiliki tampilan yang menarik dengan pilihan warna kalem yang cocok untuk pria dan wanita. Kinerjanya pun baik baik untuk bermain game maupun mengunakan fitur-fitur kamera yang ada ditambah bisa digunakan saat hujan maupun di tempat basah.

Spesifikasi
Dimensi/berat:
159.9 x 75.1 x 8.4 mm/189gr
Layar:
6,5”, Super AMOLED, 90Hz, 800 nits
OS:
Android 11, One UI 3.1
Chipset:
Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm), Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
Memori:
8GB RAM, 256GB ROM
Kamera:
64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.7X”, 0.8µm, PDAF, OIS, 12 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide), 1.12µm, 5 MP, f/2.4, (macro), 5 MP, f/2.4, (depth)
Kamera depan:
32 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/2.8”.
Video:
4K@30fps, 1080p@30fps
Baterai:
4500 mAh, Fast charging 25W,

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *