OPPO RENO 6 “Bermain Videografi”

Reno 5 masih hangat dalam ingatan kita bahkan baru beberapa bulan versi 5G diperkenalkan, kini OPPO sudah menghadirkan Reno 6 ke Indonesia.  Ponsel yang menggunakan jarigen 4G LTE ini memiliki banyak pembaruan pada kamera serta fitur-fitur videografinya.  OPPO masih fokus pada kamera untuk seri Reno miliknya bahkan hingga beberapa waktu kedepan.  Selain itu Reno 6 juga memiliki tampilan yang tetap menarik dalam hal finishing bodi belakangnya.  Kami berkesempatan untuk menjajal Reno 6 dengan warna hitam berbintang.  Seperti apa kamera Reno 6, yuk simak ulasannya berikut.

Pertama kali memegang Reno6 kesannya adalah ringan dan ramping.  Bobot Reno 6 yang hanya 173gr ini memang terasa ringan ditambah lagi dengan bodinya yang ramping hanya 7,8mm.  Secara keseluruhan memang dimensi Reno6 tak berbeda dengan Reno5 karena ketebalannya hanya berbeda 0,2mm namun cukup terasa tipisnya.  Memegang Reno6 terasa mantap terutama karena bagian belakngnya yang bertekstur sehingga tidak terasa licin.

Bagian belakang Reno6 Stellar Black menghasilkan detail berkilau halus ke warna hitam klasik. Ada pula efek Reno Glow yang memberikan detail berkilauan yang halus pada penampang belakang dan membuat sidik jari tak bisa menempel ketika Gadgetarian memegangnya.  Gadgetarian akan melihat efek kilauan cahaya di bagian belakangnya saat digerakkan dan terpantul cahaya akan memberikan kesan elegan dan maskulin.

Layar depan OPPO Reno6 menggunakan AMOLED 6,4 inci 90Hz dengan single punch-hole untuk kamera depannya.  Layar OPPO Reno6 memiliki sertifikasi Netflix HD dan Amazon Prime Video HD, Gadgetarian akan dapat menikmati streaming konten yang lebih detail. Layar Reno6 juga low-blue light screen yang telah diverifikasi dan disertifikasi oleh SGS Eye Care Display.  Hal ini untuk melindungi penglihatan Gadgetarian saat menggunakan perangkat dalam waktu yang lama.

Dapur pacunya masih sama dengan yang digunakan oleh Reno5 dengan chipset Qualcomm® Snapdragon™ 720G yang bandel.  Komposisi memori yang digubakan Reno6 adalah 8GB RAM serta 128GB ROM yang cukup lega untuk berbagai aktifitas terutama untuk mendukung performa kamera Reno6. Meski bukan sebagai ponsel gaming namun komposisi dapur pacunya membuat bermain game tetap nyaman dan lancar.  Dengan RAM Expansion memungkinkan sebagian penyimpanan internal bisa digunakan sebagai memori jangka pendek jika RAM habis.  Dan tak lupa Reno6 juga dilengkapi dengan Fitur game yang disesuaikan seperti Quick Startup, Game Focus Mode, dan teknologi Hyperboost 4.0.

Saat diuji dengan menggunakan Geekbench 5 performa Reno6 sudah cukup baik dalam mendukung semua aplikasi yang dijalankan.  Reno6 memperoleh skor 1720 khas Qualcomm® Snapdragon™ 720G karena semua ponsel yang menggunakan chipset ini juga memiliki skor yang serupa.  Fitur-fitur kameranya pun berjalan dengan baik tanpa hambatan termasuk buat bermain game.  Kesimpulannya perpaduan chipset Qualcomm® Snapdragon™ 720G dengan RAM 8GB mampu menghasilkan kinerja ponsel yang ciamik.

Fokus utama kami ada pada kamera Reno6 baik untuk kegiatan fotografi maupun videografi sebagai nilai jualnya.  OPPO Reno6 memiliki kamera belakang 64MP quad camera dan kamera depan 44MP yang sama dengan pendahulunya namun dengan peningkatan siginifikan pada algoritma OPPO Image-clear Engine. Hal ini membuat Gadgetarian dapat menangkap subyek gambar yang makin jelas dan tajam meskipun subyek yang kita bidik dalam keadaan bergerak.  OPPO Reno6 memberikan kemudahan dalam mengambil gambar dengan fitur Ultra-clear 108MP Image yang sekaligus memberikan kemudahan saat melakukan penyuntingan.

Kamera Reno6 menggunakan lensa dengan apperture sebesar F/1.7 yang lebar sehingga mampu menangkap cahaya yang banyak bahkan saat suasana redup sekalipun.  Lensa berikutnya memiliki sensor berkekuatan 8MP 119° Wide Angle Camera dengan apperture F/2.2.  Buat Gadgetarian yang gemar mengambil gambar Macro ada lensa berkekuatan 2MP Macro Camera (4cm) dengan apperture F/2.4.  Dan lensa keempat berkekuatan 2MP Mono Camera dengan apperture F/2.4.

Hasil foto dengan kamera Reno6 mode Auto

Mode kamera yang disediakan OPPO Reno6 sama dengan yang lain namun cukup lengkap jika Gadgetarian membuka mode lainnya.  Terdapat 11 mode lainnya yang utamanya digunakan untuk video seperti mode dual view video yang menampilkan kamera depan dan belakang secara bersamaan untuk memudahkan Gadgetarian melakukan vloging. Ada pula AI Mixed Portrait dan juga SOLOOP Templates yang mempermudah Gadgetarian dalam membuat video dengan berbagai tema yang menarik.   

Yang menarik dari SOLOOP Templates adalah banyaknya templates yang disediakan sekira 9 templates yang bisa digunakan Gadgetarian untuk membuat kolase foto maupun video pendek seksra 3-4 detik.  Beberapa foto yang diambil kemuadian akan diolah menjadi sebuah video pendek legkip dengan beberapa filter maupun efek dan juga musik.  Gadgetarian cukup memilih salah satu template sesuai keinginan bisa dinamin dan juga romantis.   Setelah itu Gadgetarian bisa mengambil foto atau video dengan kamera depan maupun belakang.  Setelah itu klik create dan jadilah video pendek yang keren.

Hasil kamera Reno6 mode bokeh

Bagaimana dengan fotografinya.  Sebagai ponsel dengan keunggulan utama pada kamera, Reno6 memiliki kualitas kamera yang mumpuni.  Beberapa mode yang kami coba adalah mode malam dan pro atar manual.  Menggunakan speed render dengan menggunakan tripod adalah sesuatu yang biasa, kami coba membuat foto dengan mode malam atau mode manual tanpa tripod.  Hasilnya cukup bagus dan tak nampak noise maupun gambar yang blur karena getaran tangan saat mengambil gambar.

Hasil foto kamera Reno6 mode malam

 

Hal ini membuktikan bahwa image stabilizer bekerja maksimal, namun memang seharusnya menggunakan tripod akan lebih baik.  Jika Gadgetarian ingin bereksplorasi dengan menggunakan tripod ada tripod mode.   Yaitu mode pengambilan gambar dengan speed rendah hingga 45 detik sehingga kamera Reno6 mampu mengambil cahaya sebanyak-banyaknya untuk menghasilkan gambar yang cerah meskipun dalam kondisi pencahayaan yang sangat redup.

Selain fitur kamera yang lengkap, ada beberapa fitur yang disediakan untuk mempermudah Gadgetarian dalam beraktifitas menggunakan Reno6.  Untuk konektifitas, Reno6 memiliki fitur diantaranya adalah NFC yang sudah tersedia, OPPO share yang memungkinkan Gadgetarian berbagi file dengan sesama ponsel OPPO dengan cepat ada pula screencast yang bisa terhubung dengan monitor.  Ada pula OSIE visual effect (OPPO Screen Image Engine) yang membuat tampilan gambar video pendek menjadi lebbig ajam dan matang.

Terakhir yang kami ulas adalah baterai Reno6 yang irit karena bisa stand by berhari hari dan jika digunakan untuk kegiatan fotografi bahkan nyambung WiFi seharian pun tak akan habis.  Pengelolaan aplikasi dengan AI membuat Reno6 mampu berjalan dengan menggunakan daya yang efisien sehingga tidak ada penggunaan daya yang tak perlu.  Dengan baterai berkapasitas 4310 mAh, sudah cukup bagi Gadgetarian untuk menggunakan Reno6 dalam beberapa hari tanpa mengisi daya.  Kalaupun mengisi daya, Reno6 sudah dibekali dengan pengisian daya cepat 50W flash charge yang mempersingkat pengisian daya ponsel.

Harga: Rp 5.199.000

Kesimpulan

Reno6 yang memposisikan diri sebagai ponsel kamera memiliki cukup banyak fitur kamera yang bisa membantu Gadgetarian sebagai penggunanya makin mudah membuat video dengan banyak template yang bisa digunakan.

Spesifikasi

Dimensi/berat: 159.1mm×73.3mm×7.8mm/173gr

Chipset: Qualcomm® Snapdragon™ 720G

Memori: 8 GB RAM, 128 GB ROM (dengan fitur RAM Expansion)

128GB ROM UFS 2.1 (dapat diperluas dengan MicroSD)

Layar: 6.4″ AMOLED Single Punch Hole, 90 Hz refresh rate + up to 180 Hz touch sampling rate

Kamera Utama: 64MP Main Camera F/1.7 + 8MP 119° Wide Angle Camera F/2.2 + 2MP Macro Camera (4cm) F/2.4 + 2MP Mono Camera F2.4

Kamera Depan: 44MP F/2.4

Fitur:  NFC, Multi-cooling System, ColorOS 11.1 berbasis Android 11

Baterai & Pengisian Daya: 4310mAh, 50W Flash Charge

Start typing and press Enter to search