Connect with us

News

Aplikasi BukuWarung Dongkrak Pendapatan UMKM

Published

on

Era digital membuat kita semua menyesuaikan diri dengan mengimplementasikan semua kegiatan kita sehari-hari menjadi serba digital.  Saat pandemi membuat kita semakin intens mengadopsi teknologi digital di semua aspek seperti pendidikan, keuangan dan juga bahkan sektor UMKM.  Pengadopsian teknologi digital pada sektor UMKM bahkan sudah dimulai sejak sebelum pandemi dan menjadi sebuah keharusan meskipun tak ada pandemi.

Digitalisasi di sektor UMKM harus dilakukan karena memberikan banyak keuntungan bagi UMKM itu sendiri maupun ekonomi Indonesia secara keseluruhan.  Salah satunya adalah digitalisasi dapat meningkatkan pendapatan UMKM karena bisa meningkatkan efisiensi dan daya jangkau usaha.  Keduanya dapat meningkatkan profesionalitas dan juga meningkatkan pendapatan UMKM.

Studi terbaru dari Center of Innovation and Digital Economy Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mendapati bahwa penggunaan aplikasi BukuWarung (yang memiliki fitur utama pencatatan keuangan digital) telah berhasil meningkatkan produktivitas pelaku UMKM sehingga menambah output usaha sebesar Rp 640 miliar, atau setara dengan PDB UMKM 0,01 persen.

BukuWarung juga memiliki andil mengakselerasi output ekonomi nasional hingga Rp 32,86 triliun, setara dengan PDB Nasional 0,27 persen, serta menambah nilai investasi yang masuk ke Indonesia sebesar Rp 2,32 triliun atau berkontribusi atas peningkatan investasi nasional sebesar 47,07 persen.

Studi  mengenai “Dampak Aktivitas Ekonomi Aplikasi BukuWarung terhadap Perekonomian Nasional dan UMKM” itu juga memperlihatkan adanya perubahan pada aspek sosial. Adanya aktivitas BukuWarung membuat pendapatan pelaku usaha secara total mengalami kenaikan sejumlah Rp 10,97 triliun dan mendorong penyerapan tenaga kerja sebanyak 368 ribu jiwa.

Menanggapi hasil studi INDEF tersebut, Ika Paramita selaku Head of Marketing BukuWarung mengekspresikan kebanggaannya, “UMKM menjadi fokus BukuWarung mengingat peran krusialnya terhadap perekonomian Indonesia. Hasil studi bersama INDEF ini membuktikan bahwa BukuWarung telah berada pada jalur dan arah yang tepat untuk memajukan UMKM di Tanah Air. Kami tak akan berhenti di sini. Sebaliknya, kami justru semakin siap mengembangkan bisnis dan layanan guna semakin memperkuat peran BukuWarung dalam memberdayakan UMKM dan berkontribusi memajukan perekonomian Indonesia.”

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *