Connect with us

Product Info

Realme C25Y, Next Level of Entry Level

Published

on

Seri C dari realme dikenal sebagai ponsel dengan harga yang sangat terjangkau namun dengan nilai jual yang tinggi.  Seri C sebelumnya memiliki bateri yang besar dan tentunya desain yang menarik.  C25Y (ce dua lima ye) merupakan ponsel terakhir yang hadir di tahun 2021 ini bersama dengan realme 8i.  Selain memiliki desain yang trendi khas realme, ponsel ini juga memiliki kamera dengan sensor yang besar dan tak lupa membawa keunggulan-keunggulan lainnya khas seri C.  Nah seperti apa keunggulannya dibalik harganya yang sangat terjangkau ini, yuk simak ulasannnya berikut.

Foto: realme

Desain realme seri C secara keseluruhan selalu menghadirkan aksesn-aksen khusus pada bodi belakangnya sebagai ciri termasuk pada C25Y ini.  Namun pada bodi belakang C25Y untuk pertama kalinya terdapat aksen yang disebut sebagai garis estetik vertikal.  realme C25Y mengadopsi desain garis estetika, yang memvisualisasikan estetika abstrak garis dan menghadirkan susunan “garis” serta “permukaan bertekstur” dengan metode desain.  Warna Metal Grey yang kami pegang terasa semakin menarik dengan adanya garis estetik ini.

Komposisi triple camera yang ada di pojok kiri bodi belakang juga terlihat menyatu dengan garis estetik vertikal yang menghiasi seluruh bodi belakang C25Y.  Ada pula finger print di bagian tengah bodi belakangnya dekat kamera yang mudah dijangkau oleh telunjuk Gadgetarian.  Speaker internal pun diletakkan di pojok kiri bawah bodi belakang ponsel yang ditemani oleh logo realme yang samar menyatu dengan warna bodi belakang sebagai ciri ponsel realme.

Foto: realme

Sudah bukan jamannya lagi kalau ponsel memiliki layar dibawah 6” termasuk untuk ponsel dengan harga yang terjangkau sekalipun.  realme C25Y memiliki layar berukuran 6,5 inci (16,5cm) dengan mini-drop.  Layar realme C25Y menghadirkan bidang pandang yang luas sehingga makin nyaman untuk digunakan bermacam aktifitas seperti belajar di rumah maupun untuk bermain game.  Layar C25Y memiliki rasio layar-ke-bodi sebesar 88,7% yang menghasilkan bidang pandag luas tanpa menambah besar ukuran bodi secara keseluruhan.

Lalu bagaimana dengan kinerjanya?  Ponsel entry level jaman sekarang memang luar biasa perkembangan teknologinya sehingga ponsel jenis ini pun kini memiliki spesifikasi yang tak lagi cupu termasuk dalam hal chipset.  Realme C25Y menggunakan prosesor UNISOC T610 12nm octa-core 12nm yang bertenaga. Platform seluler 4G octa-core baru UNISOC T610 mengadopsi desain arsitektur Arm DynamIQ. Mesin gambar Vivimagic Solution generasi kelima yang dikembangkan sendiri, dan teknologi pemrosesan tampilan berkualitas tinggi.

Dengan CPU 2xA75 1.8GHz + 6xA55 1.8GHz, realme C25Y memiliki performa multi-core yang meningkat lebih dari 25% (dibandingkan dengan MTK P35, hasil tes GeekBench) dengan menggunakan teknologi 12nm yang canggih. Dengan menggunakan Arm Mali G52 3EE 2-Core GPU performa tinggi, sehingga 30% lebih tinggi dari produk pesaing (sebagian besar tes terkait GPU pada GFXBench v5.0 lebih baik daripada MTK P35), juga dapat meningkatkan pengalaman bermain game. Kinerja realme C25Y juga makin oke dengan dukungan memori berkapasitas 4GB serta ruang penyimpanan sebesar 64GB dan tersedia juga slot micro SD dengan kapasitas hingga 256GB.    

Foto: realme

Yang menarik adalah pada sektor kamera dimana realme C25Y mengusung kamera dengan sensor besar.  Tak tanggung-tanggung, realme C25Y menggunakan kamera dengan sensor berkekuatan 50MP dengan AI yang sangat jarang ditemukan di ponsel entry level.   realme C25Y adalah model pertama dalam seri C yang dilengkapi dengan kamera 50MP sehingga dapat mengeluarkan foto piksel besar hingga 8160×6144 sehingga mampu menampilkan lebih banyak detail.  Sensor besar pada kamera utamanya didukung dengan dua kamera tambahan untuk menambah banyak fitur kamera.

Dua kamera lainnya menggunakan lensa makro dengan jarak fokus super dekat. Jarak fokus 4cm menutupi kurangnya fokus close-up di lensa utama. Fitur ini dapat membantu Gadgetarian memotret objek dengan sangat dekat atau menikmati dunia fotografi mikro yang kreatif.  Sedangkan kamera ketiganya menggunakan lensa B&W yang memberikan efek artistik khusus potret untuk mereproduksi hasil potret dalam hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap gambar.

Foto: realme

Dalam mode Potret, pencahayaan, suhu warna, rona, dan parameter lainnya berulang kali disesuaikan dengan baik. Bersamaan dengan simulasi kerja potret utama, foto disetel ke gaya film retro dengan penerapan yang luas, menambahkan tekstur ke foto gaya potret akhir.  Di bagian depan, terdapat kamera selfie 8MP yang dapat mengambil foto selfie dengan habil foto yang jernih. Kamera juga mendukung AI Beauty Function, Mode HDR, Mode Potret, dan sebagainya membuat Gadgetarian bisa mengeksplorasi foto selfie dengan kamera depan.

Dan satu hal yang membuat realme C25Y menjadi ponsel yang powerful adalah karena menggunakan baterai berkapasitas 5000 mAh.  Kapasitas baterai yang besar ini bisa membuat C25Y menemani Gadgetarian seharian tanpa takut kehabisan daya.  Bahkan ketika baterai tinggal 5% sekalipun bisa digunakan untuk menelepon hingga 2,21 jam dalam mode memat daya super.  realme C25Y mengadopsi metode pengisian daya 9V/2A melalui adaptor pengisi daya dan kabel micro USB yang disertakan. Dengan OTG reverse charging, realme C25Y juga dapat menjadi penghemat masa pakai baterai.

Harga:

Rp 2.099.000

Kesimpulan:

realme C25Y merupakan ponsel entry level dengan banyak value yang didapat penggunanya hampir disemua sektor seperti kamera, baterai, kinerja hingga desainnya.  Dengan semua spesifikasi yang ada pada C25Y membuatnya menjadi ponsel Entry level terbaik untuk kegiatan sehari-hari termasuk untuk belajar secara daring.

Desain 4

Kinerja 3

Fitur 4

Harga 4

Spesifikasi

Dimensi/berat: 164.5 x 76 x 9.1 mm/200gr

Layar: 6,5 inci (16,5cm) Fullscreen, Resolusi 1600 piksel x 720 piksel,  Rasio Layar 88,7%, Kecerahan Layar 420nits

Chipset: Unisoc T610 Octa-core 12nm, 2× ARM Cortex-A75 1.8GHz, 6× Cortex-A55 1.8GHz, ARM Mali-G52

Memori: 4GB RAM, 64GB ROM, slot micro SD hingga 256GB

Kamera: 50MP kamera utama FOV 77° 5P lens PDAF Max Digtal Zoom 4X, 2MP Macro FOV 88.8° 3P lens 4cm FF, 2MP B&W FOV 88.8° 3P lens FF, Video 480P/30fps, 720P/30fps, 1080P/30fps

Kamera Depan:  AI 8MP Sony IMX355 f/2.0 Aperture 5P lens, AI Beauty; HDR; perekaman video di 480P/30fps dan 720P/30fps

Konektivitas: Mendukung 2.4G Wi-Fi, Mendukung Bluetooth 5.0

Baterai: 5000mAh Mendukung OTG reverse charging

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *