Samsung Galaxy A52s 5G “Be Awesome”

Galaxy A52s 5G menjadi produk terbaru yang dirilis oleh Samsung Electronics Indonesia (SEIN). Smartphone ini memiliki banyak daya tarik untuk menjadikan muda-mudi menoleh ke arahnya, seperti layar lebar dan jernih, spesifikasi hardware tinggi, hingga teknologi 5G yang diusungnya plus desainnya yang menggoda.  Ponsel ini merupakan pembaruan dari Galaxy A52 yang sudah lebih dulu hadir awal tahun ini. Yuk kita simak ulasan lengkapnya berikut.

Kemasan Samsung Galaxy A52s 5G cukup ringkas dan khas kemasan ponsel kelas A yang dominan warna putih.  Saat unboxing hanya terdapat Kerala charger dan kabel USB type C.  Ada lagi kah? Tidak ada.  Kami cukup kagen juga sim metida tak menemukan perangkat aksesoris lainnya di dalam box seperti earphone bahkan untuk sebuah karet pelindung.  Untuk sebuah ponsel dengan harga diatas Rp 6 jutaan rasanya kotak ponsel ini terlalu kosong.

Bodi Samsung Galaxxy A52s 5G memiliki ketebalan hanya 8.4 mm dan bobot 189 gram dengan desain layar mepet berhiaskan punch hole. Bicara daya tahan fisik, Galaxy A52s 5G sudah bersertifikasi IP67 yang menjadikannya tahan air dan debu. Dengan kemampuannya bertahan di kedalaman air hingga 1 meter selama maksimal 30 menit, setidaknya Gadgetarian bisa foto selfie sewaktu berenang.

Seperti seri A52, bodinya juga nampak padat dan enak digenggam karena meskipun terasa berbobot namun tidak terasa berat.  Kami memegang yang berwarna hitam, dan bodi belakangnya menghadirkan effekt warna hitam doff yang mwah sekaligus maskulin.  Jika kita raba bodi belakangnya maka resan kesat akan terasa sehingga memberikan keamanan dari terpeleset atau licin bahkan saat diajak berenaug sekalipun.  Dan memang seperti tak ada perubahan dibanding Galaxy A52 yang sudah lebih dulu hadir.

Layar smartphone ini berukuran 6.5 inci beresolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel dan mengadopsi panel Super AMOLED serta mengusung desain Infinity-O. Tingkat kejernihan layarnya mencapai 800 nits dan telah disisipkan teknologi Eye Comfort Shield untuk melindungi mata. Ditambah dengan refresh rate-nya yang berkisar di angka 120Hz plus tambahan teknologi Real Smooth menjadikan Samsung Galaxy A52s 5G sangat asyik digunakan untuk internetan, menonton video, video call, meeting online, atau nge-game. Jangan takut layar tergores karena Samsung sudah melapisi smartphone-nya dengan Gorilla Glass 5.

Beralih ke balik layar, Samsung telah membenamkan seperangkat hardware yang difungsikan agar performa tetap melaju kencang. Qualcomm Snapdragon 778G 5G dengan fabrikasi 6nm berkecepatan Octa-core 2.4GHz ditanamkan di bagian dalam dan dipadukan dengan GPU Adreno 642L untuk menghasilkan performa kencang sewaktu digunakan untuk bermain game. Ditambah lagi dengan adanya fitur Game Booster, pengalaman nge-game Gadgetarian akan semakin mengasyikkan.

Chipset yang digunakannya memiliki keunggulan dalam hal meningkatkan peforma hingga 80% GPU, 72% multi-core, dan 40% single-core. Jadi, Galaxy A52s 5G jelas anti lelet.  Saat kami tes menggunakan GeekBench, Galaxy A52s 5G memperoleh skor yang cukup tinggi yaitu 2881.  Skor ini memang menyamai skor yang diperoleh ponsel premium lainnya yang juga memiliki kinerja yang sangat baik untuk multitasking.

Untuk kelancaran multitasking, Samsung juga telah membenamkan RAM berkapasitas 8GB yang dikombinasikan dengan penyimpanan internal sebesar 256GB. Bahkan dengan ukuran sebesar itu, Samsung masih menyelipkan fitur RAM Plus yang akan memperbesar RAM dengan tambahan hingga 4GB yang dialokasikan dari ROM sehingga akses aplikasi lebih dari satu secara bersamaan dapat dilibas dengan mudah oleh Galaxy A52s 5G. Kalau seandainya ruang penyimpanan internal yang disediakan masih kurang, Gadgetarian bisa memanfaatkan slot tambahan untuk memasukkan microSD berkapasitas hingga 1TB untuk semakin memperluas ruang penyimpanan.

Bergeser ke ranah fotografi. Di area belakang bodinya terdapat modul persegi yang menjadi tempat untuk menampung empat kamera belakang yang tersusun atas lensa utama 64 megapiksel, lensa ultrawide 12 megapiksel, lensa makro 5 megapiksel, dan lensa depth 5 megapiksel.  Seperti ponsel Galaxy A52, fitur-fitur fotografinya juga lengkap dan sensornya nampak lebih responsif.

Kamera Galaxy A52s 5G juga dilengkapi teknologi OIS (Optical Image Stabilization) untuk menstabilkan gambar sewaktu merekam agar hasil video lebih halus dan tajam. Teknologi ini membuat habil video yang dibuat saat berjalan maupun berlari sekalipun menjadi tetap tenang dan stabil.  Fitur ini sangat cocok buat Gadgetrian yang senang melakukan vlogging saat bepergian atau membuat konten video selama perjalanan.

Sementara untuk foto selfie, tersedia kamera depan 32 megapiksel dan beberapa fitur yang membuat Gadgetarian akan betah bermain fotografi. Sudah menjadi kebiasaan bagi Samsung untuk menyematkan fitur-fitur fotografi yang menyenangkan untuk para penggunanya.  Salah satu fitur unggulan yang ada pada Galaxy A52s 5G adalah fitur Fun mode untuk menghias foto selfie agar lebih kece.

Dengan fitur ini Gadgetarian bisa melakukan apa saja pada fotonya sesuai dengan selera dan bisa jadi ajang seru-seruan.  Fitur ini menyediakan banyak efek kamera lucu dan menyenangkan seperti penambahan aksesoris, frame bahkan efek glowing keseluruh tubuh.  Semua itu bisa dilakukan sebelum Gadgetarian mengambil foto, siapkan dulu pose dan efeknya hingga pas, lalu jepret, jadilah foto keren dan seru.

Untuk masalah suplai daya, Samsung membenamkan batere berkapasitas 4.500mAH dengan dukungan teknologi pengisian cepat 25W agar smartphone dapat digunakan sepanjang hari dan tidak memakan waktu kala diisi daya. Selain itu, Galaxy A52s 5G juga telah dilengkapi teknologi NFC (Near Field Communication) untuk mendukung transaksi non-tunai, antarmuka One UI berbasis Android 11, sensor sidik jari, WiFi dual-band, GPS, hingga USB Type-C.

Harga

Rp 6.499.000

Kesimpulan

Ponsel kelas menengah andalan Samsung ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi nyaris memasuki kelas high end.  Banyaknya fitur yang disematkan Samsung pada ponsel ini membuatnya memiliki value for money yang cukup.  Kamera yang dibenamkannya pada ponsel ini juga memiliki klasifikasi yang tinggi dengan fitur yang banyak.

Plus

Layar lebar

Total lima kamera (4 belakang + 1 depan)

Chipset bertenaga

Mengusung teknologi 5G

Minus

Tanpa aksesoris dalam kardus

Spesifikasi

Dimensi/Berat:

159.9 x 75.1 x 8.4 mm/189 gram, IP67

Layar:

Super AMOLED  6.5 inci Full HD+ Infinity-O Display (1080 x 2400 piksel), 407ppi, 120Hz refresh rate, Gorilla Glass 5

UI:

One UI 3.1

OS:

Android 11

Chipset:

Qualcomm Snapdragon 778G 5G (6nm)

CPU:

Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 670 & 4×1.9 GHz Kryo 670)

GPU:

Adreno 642L

RAM:

8GB

Memori internal:

256GB, Micro SD hingga 1TB

Kamera belakang:

Quad; 64 megapiksel (f/1.8, 26mm (wide), 1/1.7″, 0.8µm, PDAF, OIS), 12 megapiksel (f/2.2, 123˚ (ultrawide), 1.12µm), 5 megapiksel (f/2.4, makro), 5 megapiksel (f/2.4, depth), Digital Zoom hingga 10x, LED flash, panorama, HDR, video 4K@30fps, 1080p@30/60fps; gyro-EIS

Kamera depan:

32 megapiksel (f/2.2, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm), HDR, video 4K@30fps, 1080p@30fps

Konektivitas:

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4G + 5GHz), Bluetooth v 5.0, USB Type 2.0-C, Location (GPS, Glonass, BeiDou, Galileo), NFC

Sensor:

Accelerometer, Fingerprint sensor, Gyro sensor, Geomagnetic sensor, Hall sensor, Light sensor, Virtual Proximity sensor

Batere:

4,500mAh, 25W Fast Charging

Hasil foto menggunakan kamera Samsung Galaxy A52s 5G

Start typing and press Enter to search