Arus Mudik Macet Parah, Jaringan Internet Dipastikan Melimpah

Arus mudik sudah dimulai jelang Hari Raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi.  Seperti yang diprediksi sebelumnya oleh Pemerintah, pada arus arus mudik tahun ini di beberapa daerah terjadi kemacetan.  Tanggal 28 April hingga 30 April 2022 menjadi tanggal dimana para pemudik memadati jalur utama mudik di Jawa sehingga kemacetan di beberapa ruas tol seperti Cikampek dan Palimanan Kanci terjadi cukup parah, bahkan Tol Merak padat hingga 15 km.

Bagi Gadgetarian yang mudik menggunakan kendaraan pribadi dan terjebak kemacetan yang cukup parah tahun ini tak usah kawatir dengan jaringan internet.  Hal ini karena sudah diantisipasi oleh beberapa operator seluler seperti Telkomsel.  Operator seluler dengan pelanggan 170 juta ini telah melakukan beberapa langkah antisipasi agar Gadgetarian dapat mudik dengan aman dan nyaman dengan jaringan internet Telkomsel yang stabil.

Memasuki momen Ramadan 2022 lalu, Telkomsel sendiri telah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 km, yang difokuskan untuk memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan broadband yang menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia, terutama jalur mudik di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera yang diprediksi menjadi jalur paling padat di momen mudik Lebaran 2022.

Untuk jalur mudik di Pulau Jawa hingga Bali dan Nusa Tenggara, Telkomsel telah menambah sebanyak 516 unit BTS 4G/LTE baru dan mengoperasikan 40 unit COMBAT, serta melakukan upgrade di 266 unit BTS 4G/LTE. Sedangkan untuk pengamanan jaringan sepanjang jalur mudik di Pulau Sumatera, Telkomsel menambah 115 unit BTS 4G/LTE baru, dengan pengoperasian 16 unit COMBAT, dan upgrade sebanyak 271 BTS 4G/LTE.

Upaya penguatan kualitas jaringan juga telah dilakukan Telkomsel melalui peningkatan kapasitas di 872 unit BTS 4G/LTE dan melakukan penambahan sebanyak 688 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 60 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) di seluruh wilayah POI RAFI 2022. Telkomsel turut melakukan penambahan kapasitas jaringan sekira 932 Gbps untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node), sehingga total kapasitas yang akan melayani trafik komunikasi selama momen RAFI 2022 menjadi 10.032 Gbps. Sedangkan untuk Internet IX ada penambahan kapasitas sebesar 290 Gbps, sehingga total kapasitas menjadi 6.390 Gbps. Guna memastikan kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE bagi pelanggan, layanan VoLTE Telkomsel kini telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone.

Start typing and press Enter to search