Connect with us

News

Integrasi Terus Berjalan, Indosat Ooredoo Hutchison Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran

Published

on

Tiga bulan setelah pengumuman merger antara Indosat Ooredoo dan Hutchison Tri sudah dihadapkan pada momen lebaran yang tahun ini bakal sangat ramai mengingat tahun ini pemerintah membolehkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik setelah dua tahun dilarang.  Hal ini akan membuat Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) harus bekerja keras menyelesaikan integrasi layanannya sehingga bisa digunakan dengan baik oleh pelanggan IM3 dan Tri saat mudik lebaran nanti.

Saat ini IOH baru menyelesaikan integrasi jaringan pada 1000 site yang utamanya di pulau Jawa dari target 43.000 site hingga akhir tahun 2022.  SVP Head of Network Operation IOH, Agus Sulistyo mengungkapkan kepada media di Jakarta kemarin (20/4/2022) bahwa, “Pada akhir tahun 2022, IOH akan mengintegrasikan lebih dari 43 ribu sites. Integrasi memberikan peningkatan layanan indoor coverage dan penambahan kapasitas dengan pemanfaatan kerapatan sites dan lebar pita dari jaringan sebelumnya. Sebagai tambahan, IOH akan menambahkan lebih dari 11 ribu sites baru di beberapa tahun mendatang untuk lebih memperluas jaringan dan meningkatkan pengalaman pelanggan IM3 maupun Tri.”

Sementara ini pelanggan IM3 Ooredoo hanya bisa menggunakan jaringan IM3 saja begitu pula dengan pelanggan Tri.  Lebih lanjut Agus juga mengungkapkan bahwa IOH kini melakukan pilot project pengintegrasian jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN). Hal itu bertujuan agar IOH dapat segera mewujudkan layanan telekomunikasi digital berkelas dunia dengan kecepatan dan jangkauan jaringan yang lebih baik kepada pelanggan.

Sementara itu terkait kesiapan IOH dalam menghadapi arus mudik lebaran, IOH melakukan optimalisasi jaringan pada 300 titik pusat keramaian di seluruh tanah air seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan. Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, IOH juga melakukan optimalisasi jaringan di beberapa rute mudik, seperti antara Jakarta dan Surabaya. Dengan jaringan IOH yang terintegrasi, pelanggan IM3 maupun Tri akan mendapatkan pengalaman telekomunikasi digital yang lebih baik.

Dalam beberapa uji jaringan yang dilakukan IOH di beberapa kota di Indonesia, kualitas jaringan IOH terpantau bagus dengan kecepatan rata-rata di beberapa wilayah mencapai lebih dari 100 mbps.