Intel Perkenalkan Prosesor Terbarunya

Perusahaan desain dan pembuatan semikonduktor terkemuka dunia, Intel memaparkan beberapa visinya di masa depan baik jangka panjang maupun jangka menengahnya.  Dalam acara Intel Vision perdana kemarin, Intel mengumumkan berbagai kemajuan yang dicapai di bidang silikon, software, dan layanan, yang menunjukkan bagaimana perusahaan ini telah menyatukan teknologi dan ekosistem dalam memberikan value bisnis bagi para pelanggan pada saat ini dan di masa yang akan datang.

Dalam kesempatan ini Intel juga mengumumkan produk baru termasuk peluncuran prosesor Intel Habana® Gaudi®2 AI untuk melatih beban kerja pusat data dan prosesor 12th Gen Intel® Core™ HX  yang sempurna untuk sistem kerja hybrid. Intel juga menambahkan detail pada GPU pusat data (dengan code name Arctic Sound-M, ATS-M), prosesor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable (dengan code name Sapphire Rapids) dan roadmap infrastructure processing unit (IPU) Intel. 

“Kita berada di pasar global paling dinamis dalam sepanjang hidup kita. Tantangan yang dihadapi perusahaan-perusahaan saat ini sangat kompleks dan saling berhubungan, dan kesuksesan bergantung pada kemampuan mereka untuk secara cepat mengadopsi dan memaksimalkan teknologi dan infrastruktur yang terdepan,” kata CEO Intel, Pat Gelsinger.

  • Prosesor Gaudi sendiri merupakan prosesor yang digunakan untuk pelatihan deep learning AI level tertinggi dan dikenal karena kemampuannya untuk membuat pelanggan melatih lebih banyak namun dengan biaya yang lebih sedikit.  Habana Gaudi2 dan akselerator Greco AI dibangun pada satu software stack tunggal, Synapse AI, yang mendukung arsitektur yang berbeda-beda secara mudah, memungkinkan end-user untuk memanfaatkan kinerja dan efisiensi prosesor ini. Selain itu, Gaudi2 memberikan performa pelatihan AI untuk key vision dan NLP workload dua kali lebih baik dibandingkan dengan teknologi berbasis A100 di pasar saat ini.

Selain Gaudi, Intel juga mengumumkan telah melakukan pengiriman perdana SKU dari prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable (dengan code name Sapphire Rapids). Ini adalah yang pertama dari banyak SKU, dan selebihnya akan menyusul pada sisa tahun ini. Prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable yang menyajikan kinerja keseluruhan yang luar biasa, akan mendukung DDR5, PCIe Gen5, dan CXL 1.1. dan diperlengkapi dengan akselerator terintegrasi yang baru, yang menghasilkan kinerja hingga 30x lebih baik versus generasi sebelumnya, melalui pengoptimalan software dan hardware untuk beban kerja AI.2

Untuk jaringan telekomunikasi, prosesor ini mampu memberikan peningkatan kapasitas hingga dua kali lipat3 untuk penerapan virtual radio access network (vRAN). Dalam komputasi berkinerja tinggi, prosesor Intel Xeon, yang memiliki code name Sapphire Rapids dengan high bandwidth memory (HBM) akan mendorong memori bandwidth yang tersedia untuk prosesor, super-charging high-performance computing.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search