Connect with us

Coffee Break

5 Hal di Galaxy Z Flip4 5G yang Bikin Kepincut

Published

on

Smartphone layar lipat perlahan-lahan mulai mengambil hati pasar Indonesia. Sempat ada keraguan, apakah mekanisme layar lipat aman digunakan untuk jangka waktu lama? Memang sempat ada masalah terkait mekanisme layar lipat. Namun, yang namanya perbaikan pun juga peningkatan teknologi smartphone berjalan bertahap dan semakin kencang. Teknologi yang dulu hanya bisa kita lihat di film-film fiksi ilmiah kini satu per satu telah hadir di dunia nyata. Contohnya, ya, smartphone layar lipat. Dan Samsung baru saja merilis Galaxy Z Flip4 5G yang merupakan foldable smartphone terkece untuk saat ini. Setidaknya ada lima hal yang akan bikin Gadgetarian kepincut untuk bisa memilikinya.

Desain Samsung Galaxy Z Flip4 5G membuat Gadgetarian bisa menggunakan berbagai angle untuk melakukan selfie. Foto: Samsung

 

Desain

Mengusung form factor clamshell, Galaxy Z Flip4 5G memiliki bodi yang ramping dengan bobot hanya 187 gram. Desainnya begitu nyaman untuk dioperasikan hanya dengan satu tangan, entah itu dalam mode terlipat, terbuka, atau ketika dalam Flex Mode. Lalu, jika cantik di luar, apakah mekanisme layar lipatnya kuat? Jangan salah. Tidak hanya kuat saja, tetapi juga tangguh. Gadgetarian tidak perlu khawatir ketika harus sering membuka-tutup layar lipatnya karena Samsung telah menggunakan teknologi Ultra Thin Glass yang memiliki ketebalan hanya 1/3 dari rambut manusia sehingga tingkat fleksibilitasnya sangatlah tinggi. Layarnya pun tahan dilipat lebih dari 200.000 kali.

Tak hanya kuat di mekanisme layar lipatnya saja, Galaxy Z Flip4 5G juga tampil semakin sangar berkat digunakannya dua material paling tangguh di industri, yakni Armor Aluminium dari Samsung pada rangka bodi dan pelindung engsel serta Gorilla Glass Victus+ pada Cover Screen dan bodi belakangnya sehingga bodi smartphone akan mampu bertahan dari ancaman goresan dan ketika terjatuh serta aman digunakan untuk jangka waktu beberapa tahun ke depan. Bahkan, bodi Galaxy Z Flip4 5G juga aman dari bahaya tumpahan air minum, hujan, maupun tercebur serta dapat bertahan di kedalaman air 1.5 meter selama 30 menit berkat sertifikasi IPX8 yang berhasil dikantonginya sekaligus menjadikannya sebagai smartphone layar lipat pertama dengan ketahanan terhadap air.

Dengan segala macam bentuk perlindungan tadi, Galaxy Z Flip4 5G pun menjelma sebagai smartphone foldable dengan greater durability yang outstanding .

Cuma Samsung Galaxy Z Flip4 5G Yang Bisa Begini

Layar

Selain tangguh, layar sentuh Galaxy Z Flip4 5G juga akan memanjakan mata Gadgetarian. Memiliki ukuran 6.7 inci dengan panel Dynamic AMOLED 2x dan didukung resolusi Full HD+ 2640 x 1080 piksel serta dilengkapi adaptive refresh rate 120Hz (1~120Hz), maka jangan heran jika nantinya Gadgetarian tak akan sanggup melepaskan pandangan mata meski hanya sejenak saja dari layarnya. Aktivitas menonton film, gaming, atau hanya sekadar scrolling di media sosial tidak akan pernah terasa menjemukan.

Cover Screen

Tak hanya layar utama dan ketangguhan mekanisme layar lipatnya saja yang memukau karena sesungguhnya ada lagi yang lebih menakjubkan, yakni Cover Screen. Samsung menemukan fakta bahwa banyak konsumen yang sangat menggemari keberadaan Cover Screen sehingga di Galaxy Z Flip4 5G, Samsung memberikan berbagai peningkatan. Selain ukurannya yang diperbesar menjadi 1.9 inci, Cover Screen-nya juga menawarkan lebih banyak fungsi.

Gadgetarian dapat langsung menggunakan Cover Screen tanpa harus membuka lipatan layar smartphone-nya. Misalnya, ketika Gadgetarian harus membalas chat, menerima panggilan telepon, atau bahkan bikin konten berupa foto maupun video, Gadgetarian hanya perlu melakukan 1-2 tap atau swipe sehingga menggunakan Galaxy Z Flip4 5G jauh dari merepotkan.

Bikin konten foto atau video, misalnya. Kini Gadgetarian tidak perlu membuka perangkat terlebih dahulu karena dengan adanya Quick Shot, mau merekam video atau mengambil foto selfie cukup lakukan swipe di Cover Screen. Bahkan mau bikin portrait selfie dengan efek blur juga bisa menggunakan Portrait Mode sekaligus mengatur aspect ratio-nya (1:1, 4:3, 16:9, 22:9) langsung di Cover Screen. Merekam atau nge-vlog dengan kontinuitas yang seamless dari Quick Shot saat layar ditutup ke Flex Mode saat layar dibuka tanpa pause atau stop video juga tidak masalah.

Untuk selfie, contohnya, Gadgetarian bisa melakukan foto narsis dengan preview sama seperti menggunakan smartphone pada umumnya. Caranya seperti di bawah ini:

Saat perangkat dalam keadaan terlipat, tekan tombol power dua kali untuk membuka tampilan kamera di Cover Screen

Swipe ke kiri atau kanan untuk memilih mode Photo, Video, atau Portrait sesuai keinginan

Swipe ke atas atau ke bawah untuk zoom out atau zoom in. Kamu juga bisa tap Cover Screen dua kali untuk mengatur zoom

Tap Cover Screen atau tekan tombol volume untuk memotret atau merekam

Begitu pula saat menerima panggilan telepon atau membalas pesan langsung di Cover Screen, Gadgetarian bisa langsung melakukannya tanpa harus membuka perangkat. Cover Screen akan menampilkan tampilan panggilan masuk dan Gadgetarian hanya perlu tap Cover Screen lalu swipe ke kanan untuk menjawab panggilan telepon. Kalau untuk membuat panggilan telepon dari Cover Screen, gimana caranya? Bisa, kok, tetapi Gadgetarian butuh bantuan Bixby dan melakukan pengaturannya di awal. Caranya seperti di bawah ini:

Saat perangkat dalam keadaan terbuka, buka aplikasi Bixby

Tap ikon Discover di bagian kanan atas, lalu tapi ikon More (tiga titik) di kanan atas pilih Settings

Aktifkan toggle “Use while phone locked”

Saat perangkat dalam keadaan terlipat, panggil Bixby dengan perintah suara dan buat panggilan

Setali tiga uang dengan menerima panggilan telepon, Gadgetarian juga bisa membalas chat langsung di Cover Screen dengan Quick Reply.

Caranya:

Swipe ke kanan pada Cover Screen untuk cek notifikasi, lalu tap notifikasi pesan masuk yang ingin kita lihat

Balas pesan langsung di Cover Screen, pilih respons yang telah tersedia secara otomatis, seperti “Yes” atau “OK”

Pengguna juga bisa tap ikon mikrofon untuk membalas pesan via perintah suara (Voice Command)

Baca juga Ekspresikan Diri Sebebas-bebasnya Menggunakan Galaxy Z Flip4 5G

Kerennya lagi, untuk membuat tampilan Cover Screen yang lebih personal, tersedia kustomisasi untuk menjadikan tampilan Cover Screen beda dari yang lain, mulai dari pilihan desain jam, hingga mengatur background dengan berbagai format, seperti gambar, GIF, atau video. Gadgetarian juga bisa memasang karakter AR emoji sendiri di Cover Screen dengan keunikan ekspresi karakter yang berbeda di berbagai momen, misalnya ketika memutar lagu, atau ketika baterai lowbat.

Gimana caranya melakukan kustomisasi? Ada dua cara yang bisa Gadgetarian pilih.

Customize dari bagian Settings:

Buka Settings

Pilih Cover Screen

Pilih Clock Style

Pilih opsi tampilan jam yang diinginkan. Kalau kamu pilih Basic, kamu bisa customize lebih lanjut dengan pilih Clock background image untuk memasukkan gambar atau video dari Gallery. Kalau kamu pilih Graphical, ada opsi Gradient font, Flower garden, dan AR emoji yang bisa kamu pilih.

Pilih Done saat sudah selesai, lalu lipat Galaxy Z Flip4 5G dan lihat perubahannya pada Cover Screen

Customize langsung dari Cover Screen:

Tap Cover Screen dua kali, lalu tekan lama tampilan jam pada Cover Screen

Swipe ke kanan atau ke kiri untuk memilih tampilan jam yang diinginkan

Selfie menggunakan cover screen menjadi lebih mudah. Foto: Samsung

 

Baterai

Mengakomodir berbagai aktivitas menggunakan Galaxy Z Flip4 5G tentunya membutuhkan suplai daya yang tinggi. Itulah mengapa Samsung membenamkan baterai berkapasitas 3.700mAh yang telah dilengkapi teknologi Super Fast Charging yang mampu mengisi daya hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit. Atau bisa pula menggunakan Fast Wireless Charging 2.0. Dengan kemampuan tersebut, Gadgetarian bisa menggunakan Galaxy Z Flip4 5G selama berjam-jam.

Prosesor Snapdragon 8 Plus Gen 1+RAM

Dan segala kecanggihan fitur-fitur tadi tentunya tak lepas dari performa super ngebut dari chipset Snapdragon 8+ Gen 1. Dengan fabrikasi 4nm, maka digunakannya Snapdragon 8+ Gen 1 sebagai otak menjadikan Galaxy Z Flip4 5G mampu melahap segala aktivitas, mulai dari gaming, multitasking, editing hingga bikin konten foto maupun video. Performanya yang cepat juga tak lepas dari keberadaan RAM 8GB.

Bagi Gadgetarian yang hobi bikin konten, dipasangnya chipset Snapdragon 8+ Gen 1 dan RAM 8GB tentunya menjadikan aktivitas tersebut dapat berjalan tanpa kendala sehingga Gadgetarian dapat lebih leluasa memanfaatkan keberadaan Ultra Wide Camera 12 megapiksel dan Wide Camera 12 megapiksel di bagian Cover Screen serta Selfie Camera 10 megapiksel untuk nge-vlog maupun hunting foto. Bikin konten di malam hari pun tidak akan mengecewakan berkat ditingkatkannya fitur Super Night Resolution, OIS & VDIS, yang menjadikan gambar akan terlihat lebih tajam, stabil, dan jernih, meski foto dan video diambil dalam kondisi rendah cahaya.

Singkatnya, performa ngebut dari chipset Snapdragon 8+ Gen 1 dan dukungan RAM 8GB menjadikan Galaxy Z Flip4 5G 30% lebih hemat daya dan 10% lebih kencang saat digunakan berburu konten.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *