Connect with us

News

Penetrasi Smartphone XL Terus Meningkat

Published

on

Agresifitas XL dalam mengembangkan dan memperbaiki jaringannya membawa dampak meningkatnya penetrasi smartphone yang menggunakan layanan data XL. Penetrasi smartphone XL telah meningkat 21% menjadi 60% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Ini berarti bahwa XL saat ini memiliki 27,1 juta pelanggan smartphone per akhir September 2016, meningkat 71% YoY dari periode yang sama tahun lalu.

Tingkat pemakaian layanan data juga terus bertambah seiring dengan meningkatnya trafik 4G LTE hingga hampir 30x sejak peluncuran secara komersial 4G LTE pada November 2015. Rata-rata penggunaan untuk pelanggan smartphone mencapai lebih dari dua kali lipat, yang selanjutnya mendorong kenaikan trafik secara total di seluruh jaringan XL hingga 146% YoY.

Peningkatan jumlah pelanggan smartphone XL juga sebagai akibat dari penambahan paket jenis “Combo” dengan meluncurkan HotRod XTRA, yang mengkombinasikan kuota internet data di jalur 2G/3G/4G sebagai kuota “Any-Net”. Sementara itu, sebagai bagian dari program bundling smartphone XL memperkenalkan program “Smartphone XTRA Hemat” yang menawarkan kepada pelanggan paket bundling smartphone dengan layanan data Combo XTRA,  untuk jangka waktu tertentu.

Sedangkan untuk produk paska bayar XL meluncurkan  XL Prioritas yang telah ditingkatkan dan diluncurkan kembali, sehingga jumlah pelanggan meningkat signifikan dan ARPU menjadi lebih tinggi secara YoY. Selain itu, pelanggan high value juga telah merespon dengan baik kehadiran merek premium ini termasuk dengan keseluruhan pengalaman layanan yang lebih baik.

Saat perayaan ulang tahunnya yang ke-20 XL juga telah meluncurkan layanan Mobile Broadband (MBB) untuk pelanggan, yang dinamakan XL Go. Layanan ini pun telah ditetapkan sebagai target fokus layanan XL kedepan mengejar beberapa kompetitornya yang sudah lebih dulu menerapkan layanan ini. Dengan layanan ini pelanggan bisa mengakses internet kecepatan tinggi  secara sharing melalui berbagai perangkat di jaringan XL 4G LTE dengan menggunakan perangkat Mi-Fi atau router. XL juga telah menyediakan berbagai pilihan paket layanan sesuai dengan kebutuhan, XL Go untuk individu, XL Home untuk penggunaan keluarga dan XL Biz  untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Berbagai penawaran paket kuota Data yang disediakan XL melalui jaringan 4G LTE ini menjadi solusi terhadao rendahnya penetrasi Fixed Broadband di Indonesia.

Pada triwulan ketiga tahun 2016, pendapatan layanan tumbuh 2% QoQ, membalikkan tren penurunan yang terjadi selama 2 kuartal terakhir. Pertumbuhan ini didorong oleh pertumbuhan pada pendapatan data yang mampu mengimbangi penurunan pada pendapatan “Legacy Service”  (Voice dan SMS), terutama karena substitusi layanan data. Namun, pendapatan kotor rata (flat) QoQ di kuartal ketiga tahun 2016 karena pendapatan sewa menara turun setelah selesainya penjualan dan penyewaan kembali menara ke ke Protelindo pada pada triwulan sebelumnya.

Basis pelanggan XL terus tumbuh dengan penambahan 1 juta pelanggan pada triwulan ini, menjadi total 45 juta, 8% lebih tinggi dari basis pelanggan tahun lalu. ARPU blended XL telah meningkat menjadi lebih dari Rp 36.000 pada periode 9 bulan di 2016 ini, atau 13% lebih tinggi dari Rp 32.000 di periode yang sama tahun lalu. Pencapaian ini merupakan hasil dari fokus XL untuk meraih pelanggan secara tepat sebagai bagian dari agenda Transformasi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *