News
XL Antisipasi Lonjakan Data Saat Pilkada DKI Jakarta
Ramainya perhelatan Pilkada DKI Jakarta yang memasuki putaran ke-2 berimbas pada tingginya partisipasi masyarakat di media sosial. Hal ini membuat trafik layanan data melalui jaringan seluler melonjak cukup tinggi bahkan sebelum pencoblosan pada 19 April lalu. Untuk mengantisipasi lonjakan trafik pasca pemungutan suara pilkada DKI Jakarta, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen menyiapkan jaringan dengan kapasitas yang diperkirakan akan mampu mengatasi kemungkinan kenaikan trafik di hari berlangsungnya pesta demokrasi warga Ibu Kota tersebut. Seperti pada hari pencoblosan putaran pertama, Februari 2017 lalu, diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik antara 15% – 20% di semua jenis layanan.
Vice President Jabodetabek Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan, “Setelah melalui publikasi yang demikian besarnya, kami memperkirakan hari H pencoblosan putaran kedua akan menjadi hari yang cukup spesial dan menjadi perhatian bukan saja masyarakat DKI Jakarta, namun juga oleh masyarakat Indonesia. Karena itu, kemungkinan masyarakat akan ramai-ramai mengakses informasi mengenai hasil Pilkada DKI Jakarta ini, terutama dari media massa dan media sosial.
Pada Pilkada DKI Jakarta putaran pertama Februari 2017 lalu, peningkatan trafik layanan terjadi terutama pada layanan Data. Layanan Data yang mengalami kenaikan ada di hampir semua platform media sosial paling popular, antara lain Facebook, Twitter, Path, LINE, dan instant messenger WhatsApp. Kenaikan trafik terbesar di wilayah DKI Jakarta ada pada Facebook, yaitu mencapai sekitar 16,99%. Jika dilihat dari sisi wilayah layanan XL Axiata yang mengalami kenaikan trafik saat Pilkada serentak Februari 2017 lalu, DKI Jakarta juga menjadi salah satu wilayah yang mengalami kenaikan trafik Data tertinggi, yaitu mencapai sekitar 16,5%.