News
Telkomsel Kelola Reputasi Melalui CSR
CSR bagi sebuah perusahaan kini bukan hanya sebagai sebuah syarat namun menjadi sebuah keharusan apalagi bagi sebuah perusahaan besar. Hal ini karena CSR tak hanya bernilai sosial namun juga memiliki nilai strategis bagi image perusahaan. Itulah mengapa banyak perusahaan yang mengeluarkan dana besar untuk sebuah kegiatan CSR karena hal ini secara tidak langsung juga akan memberikan manfaat bagi perusahaan dalam jangka panjang dan menengah.
Salah satu perusahaan yang sering menyelenggarakan kegiatan CSR adalah Telkomsel. Perusahaan telekomunikasi dibawah payung PT Telkom Tbk. ini sering melakukan kegiatan CSR. Salah satu keunikan dari CSR yang dilakukan oleh Telkomsel adalah kegiatan sosial yang tak hanya bersumber dari dalam perusahaan saja namun juga melibatkan pelanggan dan juga karyawannya untuk turut memberikan sumbangsih kepada masyarakat.
Karenanya Telkomsel kembali mencatatkan prestasi internasional dengan penghargaan pada kategori Reputation Management Excellence dari Gartner Marketing & Communications Awards 2025. Apresiasi global ini menekankan keberhasilan Telkomsel dalam mengelola reputasi perusahaan melalui inisiatif sosial. Program Telkomsel Sambungkan Senyuman, berhasil mengungguli tiga finalis perusahaan multinasional ternama dari Arab Saudi, Amerika Serikat, dan Kanada.
Ajang Gartner Marketing & Communications Awards yang diselenggarakan setiap tahun oleh Gartner, perusahaan riset dan konsultasi teknologi terkemuka di dunia, telah menjadi tolok ukur efektivitas strategi komunikasi dan pemasaran lintas industri secara global.
Telkomsel Hadirkan Program CSR “Telkomsel Jaga Bumi”
Dalam kategori Reputation Management Excellence, dua program dari inisiatif Telkomsel Sambungkan Senyuman, yakni Donasi Sekolah Super Seru dan Donasi Sepatu untuk Pelajar di Papua, dinilai telah berhasil meningkatkan pemerataan akses pendidikan sekaligus menguatkan keterlibatan aktif pelanggan dalam aksi sosial yang berdampak nyata. Para juri Gartner menilai bahwa inisiatif Telkomsel Sambungkan Senyuman mampu menyelaraskan tujuan bisnis Telkomsel dengan kontribusi sosial yang tulus dan otentik.
Telkomsel Sambungkan Senyuman sendiri merupakan sebuah inisiatif filantropi kolaboratif yang melibatkan pelanggan dan karyawan dalam berbagai aksi nyata guna menghadirkan kebaikan bagi masyarakat yang membutuhkan.
Di bawah payung inisiatif ini, Telkomsel menghadirkan beragam program sosial, salah satunya Donasi Sekolah Super Seru yang menyisihkan Rp1.000 dari setiap transaksi pelanggan untuk membangun dan merenovasi puluhan ruang kelas di sekolah-sekolah terpencil. Program ini sukses menjawab tantangan infrastruktur pendidikan di berbagai daerah di Indonesia, terbukti dengan lebih dari 2 juta transaksi pelanggan yang menghasilkan dana donasi lebih dari Rp2 miliar hanya dalam dua minggu sejak program diluncurkan.
Telkomsel percaya bahwa pendidikan bukan hanya terbatas pada ruang kelas, tetapi juga mencakup kesiapan anak-anak sebelum memasuki lingkungan sekolah. Melalui gerakan Sambungkan Senyuman untuk Generasi Gemilang, Telkomsel mengajak pelanggan untuk menukarkan Telkomsel Poin dan uCoin dengan ribuan tas sekolah hasil karya seniman disabilitas. Ini sekaligus melanjutkan kesuksesan penyaluran Donasi Sepatu untuk Pelajar di Papua pada tahun sebelumnya, di mana partisipasi aktif lebih dari 39 ribu pelanggan Telkomsel yang melakukan lebih dari 111 ribu transaksi penukaran Poin, telah dikonversi menjadi ratusan pasang sepatu untuk siswa di Papua.
Melalui ‘Donasi Sekolah Super Seru’, Telkomsel menyisihkan Rp1.000 dari tiap transaksi pelanggan untuk membangun dan merenovasi puluhan ruang kelas di sekolah-sekolah terpencil.