News
XLSMART Terus Genjot Integrasi Jaringan
Belum setahun XLSMART berdiri, gabungan XL Axiata dan Smartfren ini terus melakukan integrasi jaringan demi memberikan kenyamanan kepada penggunanya. Di akhir kuartal kedua 2025, total jumlah BTS XLSMART mencapai lebih dari 209 ribu BTS, meningkat 28% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara trafik layanan di periode ini juga mengalami pertumbuhan sebesar 43% YoY, mencapai 3.817 Petabybes.
XLSMART terus melakukan upaya peningkatan kualitas jaringan dan pengalaman pelanggan dengan terus membangun infrastruktur telekomunikasinya dengan memaksimalkan penggunaan Capex tahun ini. Komitmen memperkuat jaringan dan pengalaman pelanggan tercermin dari pengeluaran belanja modal (Capex) sekitar Rp 2,3 triliun hingga kuartal kedua dari total keseluruhan alokasi belanja modal senilai Rp 20 – 25 triliun hingga akhir tahun, termasuk untuk mendukung integrasi jaringan.
Secara keseluruhan selama kuartal kedua 2025 ini, XLSMART telah berhasil meraih pencapaian yang progresif sebagai upaya menciptakan value dari konsolidasi yang dilakukan pasca merger. Konsolidasi yang dilakukan XLSMART meliputi aspek teknologi, komersial serta sumber daya manusia (people). Diharapkan XLSMART dapat terus berkembang dan mampu melayani 82,6 juta pelanggan, dengan ARPU campuran (blended) tetap di kisaran Rp 36 ribu.
Pasca Merger Segini Pelanggan XLSMART
Dari sisi Teknologi, XLSMART berhasil melakukan ekpansi jaringan dengan cepat melalui inisiatif National Roaming dan MOCN, yang membuka keterhubungan dan konektifitas jaringan legacy XL dan Smartfren. Hal ini dilakukan agar jangkauan jaringan dan layanan XLSMART yang bisa dinikmati oleh pelanggan dan masyarakat menjadi semakin luas. Hingga kini terdapat tambahan sekitar 156 kota/area di Indonesia yang bisa diakses pengguna Smartfren.
Presiden Direktur & CEO XLSMART, Rajeev Sethi mengatakan, “Kuartal kedua 2025 menjadi tonggak penting bagi XLSMART. Dua setengah bulan setelah proses merger dilakukan, kami menghadapi tantangan eksternal maupun internal. Secara eksternal, industri masih diwarnai kompetisi yang ketat, sementara secara internal, kami perlu memastikan operasional perusahaan tetap solid sehingga layanan kepada pelanggan tetap optimal”.
Dengan mengintegrasikan pengelolaan jaringan dan Network Operating Center (NOC) maka diharapkan pengelolaan jaringan semakin efisien, serta konsolidasi mitra yang mendukung dalam pengelolaan operasional jaringan, dimana XLSMART didukung oleh ZTE dan Huawei. Selain itu, XLSMART juga tengah menjalankan modernisasi jaringan untuk memperluas kapasitas dan mempersiapkan pemanfaatan teknologi terbaru.