News
XLSMART Siap Hadapi Nataru
Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2026, para operator seluler sibuk mempersiapkan diri untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya terutama selama musim liburan Nataru. Nataru tahun ini agar berbeda karena di Sumatera terjadi bencana yang membuat layanan seluler di lokaas bencana terganggu. Hal ini membuat operator seluler harus bekerja ekstra untuk menormalkannya kembali serta memperkuat layanan di wilayaah lain saat libur Nataru.
PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) telah merampungkan persiapan menyeluruh pada jaringan terintegrasi pasca merger XL Axiata dan Smartfren, untuk menghadapi potensi lonjakan trafik yang siginifikan selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2026. Kesiapan ini mencakup peningkatan kapasitas, optimasi, dan penempatan tim siaga di lokasi-lokasi strategis yang diprediksikan menjadi pusat pergerakan masyarakat.
XLSMART memprediksi akan terjadi peningkatan trafik selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2026 sekitar 20%-30% dibandingkan dengan rata-rata pada kondisi normal atau hari biasa. Lonjakan ini diprediksi karena adanya antusiasme masyarakat untuk pergi berlibur, ataupun melakukan perjalanan mudik Nataru, serta meningkatnya penggunaan layanan digital yang berkapasitas besar seperti penggunaan streaming, gim, dan berbagi momen Nataru melalui kanal media sosial (Instagram, Tik Tok, Facebook), serta peta digital (Google Maps).
Baca juga: XLSMART Perkuat Layanan di Bengkulu
Direktur & Chief Technology Officer XLSMART, Shurish Subbramaniam mengatakan “Melihat antusiasme dan besarnya minat masyarakat Indonesia untuk merayakan Natal dan Tahun baru, kami memastikan jaringan XLSMART siap sepenuhnya. Persiapan tidak hanya mencakup layanan pelanggan yang akan tetap beroperasi selama 24 jam dalam periode liburan, namun XLSMART juga mempersiapkan jaringan dengan kapasitas yang lebih besar dari hari biasa, guna memastikan kenyamanan bagi pelanggan meskipun terjadi lonjakan trafik yang signifikan.”
Shurish menambahkan, kenaikan trafik diprediksi tidak hanya terjadi pada layanan seluler semata, namun juga terjadi pada layanan internet rumah, XL SATU. Kenaikan ini disebabkan karena adanya banyaknya masyarakat yang akan mengakses layanan XL SATU selama menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru di rumah. Diperkirakan pelanggan akan banyak melakukan kirim konten berupa video atau foto untuk membagikan momen libur Natal dan Tahun Baru.
Untuk penyiapan jaringan, XLSMART melakukan fokus utama pada area-area yang menjadi pusat pergerakan masyarakat dimana lonjakan trafik diperkirakan akan terkonsentrasi di jalur mudik di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Pada jalur transportasi darat dan laut, XLSMART melakukan peningkatan kualitas jaringan mencakup 138 rute utama perjalanan Nataru, diantaranya yaitu 71 ruas jalan tol, 49 jalan utama, 16 jalur kereta api, dan 2 pelabuhan penyeberangan.
Untuk mengantisipasi kepadatan trafik di lokasi-lokasi yang padat aktifitas masyarakat pada periode libur Natal dan Tahun Baru ini, XLSMART juga telah menyiapkan rencana rekayasa jaringan, termasuk mengerahkan sekitar 101 unit Mobile BTS (MBTS) yang ditempatkan di sepanjang jalan tol, pusat keramaian pergantian tahun, tempat wisata, dan ruang publik lainnya.
Teknisi sedang melakukan pemeliharaan base transceiver station (BTS) milik XLSMART yang berlokasi di sekitar tol poros Klaten – Boyolali, Ngawen, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, awal November 2025 yang lalu. Foto:XLSMART