News
Kini Tiket.com Sepenuhnya Milik Blibli.com

Tingginya aspirasi Generasi milenial pada travel membuat bisnis Online Travel Agent menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Fakta lain menunjukkan kerelaan generasi ini untuk mengeluarkan uang rata-rata Rp 30 juta per tahun demi mendapatkan sebuah pengalaman dengan melakukan traveling masih sangat tinggi. Itulah kemudian yang memacu Blibli.com untuk mengembangkan kategori produk travel pada layanan eCommercenya. Jalan terbaik untuk mengembangkannya adalah menggandeng mitra yang sudah mapan dalam Online Travel Agent, dan dipilihlah Tiket.com.
Penandatanganan oleh kedua belah pihak dilakukan oleh Kusumo Martanto selaku CEO Blibli.com dan Gaery Undarsa selaku Co Founder sekaligus Chief Communications Officer Tiket.com pada Senin, 12 Juni 2017 lalu di Jakarta. Pada kesempatan yang sama, perusahaan sekaligus mengangkat George Hendrata sebagai CEO Tiket.com yang baru. Proses akuisisi ini sendiri telah dilakukan sejak 5 bulan lalu oleh kedua belah pihak Blibli.com dan Tiket.com.
“Tiket.com memiliki track record bisnis yang bagus dimana dalam waktu relatif singkat tumbuh menjadi salah satu OTA terbesar di Indonesia, sama-sama berfokus pada kepuasan pelanggan dan dinilai konsisten dalam menjalankan bisnisnya. Di sisi lain kami juga melihat visi misi dan nilai perusahaan Tiket.com memiliki banyak kesamaan dengan Blibli.com yang diharapkan dapat memudahkan proses sinergi. Berdasarkan pertimbangan inilah kami mantap untuk melakukan akuisisi,” jelas Kusumo.
Tiket.com saat ini merupakan salah satu OTA yang memiliki inventaris terbesar untuk produk tiket, pesawat, hotel, kereta api, car rental serta tiket konser; bekerjasama dengan lebih dari 35 maskapai penerbangan internasional dan domestik, dan bekerjasama dengan dengan ribuan hotel domestik dan international. Sedangkan Blibli Travel yang baru saja dikembangkan akhir tahun lalu telah memiliki lebih dari 1.000 varian produk travel seperti tiket kereta api, voucher hotel hingga tiket hiburan dan lifestyle. Blibli.com sebagai eCommerce juga bermitra dengan pilihan bank terbanyak untuk program cicilan 0% dan juga menyediakan semua tipe pembayaran bagi konsumen.
Blibli.com akan memberikan dukungan penuh untuk Tiket.com baik dari sisi share inventory, program penjualan, promosi termasuk penetrasi ke sosial media, serta memperkuat tim atau sumber daya manusia. “Blibli.com optimis dari sisi bisnis akan terjadi pertumbuhan secara organik dan non-organik sebanyak 2,5 kali pada semester dua tahun ini.” Jelas Kusumo mengenai target yang ingin dicapai pada semester dua tahun ini.
Dampak dari akuisisi ini adalah, dapat membawa Blibli.com sebagai salah satu pemain OTA terbesar dan menjadi The only eCommerce B2C di Indonesia yang pertama kali memiliki kanal bisnis OTA yang didalamnya memiliki variasi produk travel terlengkap. Walau tak ada yang mau menyebutkan berapa nilai akuisisi ini namun Kusumo Martanto menjelaskan bahwa pendanaan akuisisi ini diambil dari sumber dana internal untuk pengembangan bisnis Blibli.com dan dengan rupiah, bukan dollar.
Walau akuisisi ini tak berdampak pada pergeseran pada level eksekutif secara besar-besaran namun perusahaan menunjuk George Hendrata sebagai CEO Tiket.com yang baru. George saat ini menjabat sebagai Chairman BMJ, perusahaan specialty kertas ketiga terbesar di dunia. Beliau juga sekaligus menjabat sebagai Direktur Pengembangan / Diversifikasi Bisnis Djarum. George memulai karirnya di divisi paging Motorola di Florida, AS dan kemudian divisi telepon seluler di Chicago, AS.
