News
SUV dan Motor Matic Laris di BliBli.com

Gaya hidup masyarakat yang mulai bergeser pada layanan digital kini merambah dunia otomotif di Indonesia. Jika dahulu kita harus mampir ke dealer mobil atau motor untuk membelinya, kini kita hanya perlu melongok ponsel pintar kita untuk membeli kendaraan yang kita inginkan. Setidaknya itulah gambaran yang terjadi di salah satu e-commerce terbesar Indonesia BliBli.com yang mencatatkan kenaikan penjualan produk otomotifnya seperti mobil dan motor sebesar 200% dibanding tahun lalu. Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.com Lay Ridwan Gautama mengatakan sektor otomotif merupakan salah satu kategori produk yang berkembang pesat di e-commerce khususnya Blibli.com.
Masyarakat sangat menyukai sesuatu yang praktis namun informatif dan hal itu terdapat pada pembelian secara online. BliBli.com yang memberikan informasi lengkap, serta didukung oleh kemudahan Cicilan dan konsep 3S (Sales, Service, Spareparts) yang memberikan kemudahan bagi pembelanja otomotif, ternyata menghasilkan dampak yang signifikan bagi penjualan produk otomotif di Blibli.com sepanjang semester 1 tahun 2017. SUV (Sport Utility Vehicles) dan city car merupakan jenis kendaraan roda empat yang paling laris selama periode tersebut. Sementara sepeda motor matic merupakan jenis kendaraan roda dua paling dicari. Kalau melihat dari merek kendaraannya, Honda dan Yamaha merupakan merek paling laris dibeli untuk kendaraan roda dua.
Pemicu lain maraknya pembelian secara online di BliBli.com adalah bukan hanya karena tersedianya Cicilan 0% hingga 24 bulan namun juga adanya layanan 3S yaitu Sales, Sparepart, Service. Dengan 3S ini kami tidak hanya menyediakan produk otomotif, namun juga menyediakan layanan pembelian dan pemasangan sparepart serta service kendaraan sama halnya seperti saat membeli di offline showroom/outlet,” jelas Lay.
Lebih dari 7.000 kendaraan bermotor berbagai merek dan kelas ditambah lebih dari 15.000 produk pendukung otomotif tersedia di website Blibli.com, plus kepercayaan berbagai brand otomotif seperti Cleveland, KTM dan Viar menjadikan Blibli.com sebagai partner eksklusif online store. Produk otomotif di Blibli.com juga diperkaya dengan variasi merek dan pilihan barang bagi pecinta otomotif seperti untuk aksesoris ada jaket, helm motor, ban, motorcycle box, sarung tangan dan jaket biker.
Strategi perluasan pasar juga dilakukan dengan mengikuti beberapa pameran otomotif di sepanjang semester I-2017; yang paling akbar adalah keikutsertaan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 sebagai mitra Official eCommerce Partner, Official Merchandise Partner, Official Ticket Partner dan Platform Online untuk penyewaan booth di IIMS 2017. “Pada ajang tersebut kami berhasil meningkatkan penjualan produk kendaraan bermotor, aksesoris dan suku cadang kendaraan bermotor,” pungkas Lay.
