News
Malam Pergantian Tahun Puncak Trafik Layanan Data Telkomsel

Pemangkasan hari libur selama Natal dan Tahun Baru (NARU) 2021 hingga himbauan untuk tidak melakukan mudik atau berlibur ke luar kota tak membuat penggunaan data seluler menurun selama periode NARU. Lonjakan penggunaan layanan data tetap melonjak seperti yang dialami oleh operator nomer satu di Indonesia, Telkomsel. Tercatat selama periode tersebut, trafik layanan data atau payload Telkomsel yang dimanfaatkan masyarakat mencapai sekira 36,61 petabyte.
Dalam siaran persnya Telkomsel melaporkan telah mencatat berbagai temuan penting mengenai trafik komunikasi selama momen NARU 2020/2021. Jika dibandingkan dengan hari biasa di tahun 2020, trafik komunikasi khusus di momen hari raya Natal 2020 mengalami peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan data/digital dengan kenaikan payload sebesar 7,77%. Sedangkan jika dibandingkan dengan hari Natal 2019, trafik data di hari Natal 2020 pun tumbuh sekira 45,98%.
Lonjakan trafik layanan data di hari Natal 2020 tersebut didorong oleh peningkatan akses layanan digital dibanding hari biasa, yakni melalui akses browsing yang naik hingga 14,4%, layanan streaming video sebesar 9,12%, layanan media sosial sebesar 7,85%, layanan berbasis communications (seperti instant messaging dan layanan video conference) mencapai 6,26%, serta layanan aplikasi/situs media daring yang juga naik sebesar 4,61%.
Kemudian jika dibandingkan dengan periode NARU 2019/2020, trafik layanan data yang dibukukan tahun ini naik 53,28%. Lonjakan tertinggi justru terjadi di saat pergantian tahun pada 1 Januari 2021. Hal ini dkarena pada tepat tengah malam 2020 hingga sepanjang 1 Januari 2021 pelanggan Telkomsel secara masif mengakses media sosial maupun pesan untuk sekadar mengucapkan selamat Tahun Baru 2021. Telkomsel juga menemukan sejumlah aplikasi digital seperti Telegram, Netflix, MAXstream, TikTok, WhatsApp, dan Instagram sebagai enam platform yang memberikan kontribusi tertinggi terhadap trafik penggunaan layanan data secara umum.
Sedangkan layanan berikutnya yang banyak digunakan selama Tahun Baru 2021 adalah video, communications, games, dan e-commerce yang secara berurutan memiliki proporsi 28,27%, 19,58%, 2,64%, dan 1,85%.
