Connect with us

Coffee Break

Artificial Intelligence Permudah Aktifitas Perbankan

Published

on

Di era yang serba digital ini, hampir semua lini usaha kini sudah memanfaatkan teknologi digital untuk memperlancar bisnisnya serta memberi nilai tambah kepada konsumennya.  Mulai dari UMKM hingga perusahaan besar dengan jutaan kostumer, kini sudah banyak menggunakan teknologi digital terkini untuk mengembangkan usahanya.  Salah satu teknologi yang beberapa tahun terakhir marak digunakan adalah AI (Artificial Inteligence) atau kecerdasan buatan.  Dengan teknologi ini kita bisa melakukan aktifitas ekonomi seperti pembayaran dimanapun hanya dengan ponsel.

Makin baiknya koneksi internet di Indonesia mendorong tumbuhnya teknologi digital dan digitalisasi semua sektor usaha di Indonesia.  Salah satu sektor usaha yang kini “wajib” melakukan digitalisasi adalah perbankan.  Jika sepuluh tahun yang lalu kita dikenalkan oleh mobile banking atau internet banking kini teknologi itu terus berkembang hingga kita masuk teknologi AI ke dalam perbankan Indonesia yang umum disebut sebagai intelligence banking.  Dengan intelligence banking nasabah seperti memiliki penasihat keuangan pribadi.

Salah satu bank yang menerapkan intelligence banking adalah PT Bank Amar Indonesia Tbk. (“Amar Bank”).  Bank yang berdiri sejak 1991 dan berkantor pusat di Surabaya ini merupakan perusahaan teknologi dengan lisensi perbankan dan bank digital murni pertama yang fokus pada pengembangan digital-only bank di Indonesia.  “Amar Bank berkomitmen terhadap inovasi yang mengubah hidup nasabah menjadi lebih baik. Berangkat dari komitmen tersebut, Amar Bank telah memperkenalkan pinjaman digital pertama di Indonesia melalui Tunaiku dan baru-baru ini juga telah meluncurkan inovasi produk berbasis aplikasi perbankan seluler berbasis AI, Senyumku,” ujar Chief Technology Officer Amar Bank, Kevin Kane.

Dua produk unggulan dari Amar Bank Aplikasi Tunaiku dan Senyumku hadir untuk dapat berkontribusi dalam upaya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia. Aplikasi Tunaiku mengutamakan kebutuhan nasabah dalam melakukan pengembangan produk dan fitur serta memberikan akses keuangan kepada masyarakat yang belum atau kurang terlayani oleh perbankan atau jasa keuangan formal.

Sedangkan aplikasi Senyumku merupakan aplikasi mobile-only intelligent bank pertama di Indonesia yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) yang canggih dalam memberikan layanan perbankan yang personal kepada nasabah dan masyarakat, khususnya kaum milenial. Senyumku dirancang untuk membantu nasabah menumbuhkan kebiasaan menabung, melacak pengeluaran, dan berinvestasi secara teratur untuk masa depan.

Saat acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Bank Amar Indonesia Tbk.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *