Connect with us

News

Sharp Siap Hadapi Raksasa Komputer di Pasar Laptop Indonesia

Published

on

Pasar komputer terutama laptop di Indonesia masih tetap ramai meskipun pasar ponsel kerap mengganggu mengingat kini banyak ponsel dengan kemampuan super yang bisa menggantikan laptop.  Namun Covid-19 justru membuat komputer terutama laptop kembali meraih kepopuleran dan banyak dicari orang. Hal ini karena banyaknya orang yang melakukan kerja di rumah, sehingga mereka yang selama ini menggunakan komputer kantor harus menggunakan komputer pribadi untuk bekerja di rumah.

Hal ini yang membuat pasar laptop di Indonesia semakin ramai dan membuat bisnis ini menjadi menjanjikan.  Karenanya terdapat beberapa pemain baru yang tertarik masuk ke pasar laptop Indonesia meskipun harus berhadapan dengan para raksasa komputer dari Taiwan seperti ASUS dan Lenovo.  Bahkan ada pemain baru yang memang sama sekali baru seperti Sharp Electronics Indonesia yang juga menjajal pasar laptop Indonesia melalui produk DynaBook yang diakuisisinya pada akhir Juni 2020 lalu.   Sharp Corp. secara resmi mengakuisisi 100% Dynabook Inc. selaku anak usaha Toshiba yang fokus pada produk notebook dan juga laptop.

Sharp terlihat sangat serius menggarap produk laptopnya di Indonesia.  Hal ini terlihat dengan semakin agresifnya Sharp meluncurkan lini produk Dynabooknya ke pasar laptop Indonesia.  Sharp pertama kali meluncurkan produknya pada 17 Agustus 2020 lalu melalui produk Satellite tipe L-40 G , pada Februari 2021 Sharp Indonesia kembali mengeluarkan Dynabook Satellite tipe C-40 guna memberikan pilihan produk bagi konsumen, baik dari segi fitur maupun harga.

Ardy selaku Head of Marketing AUVI Product Strategy Division menyatakan bahwa, “Indonesia memiliki pasar yang cukup besar dengan angka penjualan sekitar 120.000 unit per bulannya, dengan nilai sebesar Rp 600 miliar. Dimana pangsa pasar sebesar 80% masih didominasi oleh produk di bawah Rp 7 juta dan 20% untuk kategori produk di atas Rp 7 juta”.

Memberikan banyak pilihan kepada konsumen adalah salah satu cara agar produknya bisa eksis.  Karenanya Sharp Indonesia melalui Dynabook menghadirkan beberapa varian produk, mulai dari harga Rp 8 juta hingga Rp 16 juta yang menargetkan kelas menengah dan premium. Ke depannya Sharp Indonesia telah mempersiapkan untuk memperluas pangsa pasarnya dengan masuk ke pangsa pasar notebook di bawah Rp 7 juta.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *