Product Info

OPPO ENCO Buds, Suara Memukau Harga Terjangkau

Published

on

OPPO memang dikenal sebagai pembuat ponsel canggih, namun OPPO juga memiliki lini produk yang lengkap termasuk earbuds.  Earbuds terbaru OPPO yaitu ENCO Buds, si imut teman mendengarkan musik ini memiliki harga yang terjangkau namun dengan kemempuan yang memukau.  Seperti apa OPPO ENCO, simak ulasannya berikut.

Saat unboxing ENCO Buds, Gadgetarian akan mendapatkan earbuds yang terbungkus dalam cangkang lonjong membulat dengan logo OPPO diatasnya.  Cangkang ini sekaligus sebagai tempat istirahat ENCO Buds sambil mengisi daya.  Dibelakangnya terdapat port USB Type C sebagai sarana untuk mengisi daya ketika ENCO Buds sedang beristirahat dalam cangkang.

Saat Gadgetarian membuka cangkang maka akan terlihat dua ENCO Buds di dalamnya.  Saat Gadgetarian membuka cangkangnya, akan nampak lampu kecil berkedip.  Jika baterai masih penuh maka akan lampu akan menyala berwarna hijau namun akan menyala warna merah/oranye saat daya baterai sudah harus diisi.  Dan dua ENCO Buds imut berwarna putih akan nampak bersemayam erat tak terguncang karena terdapat magnet yang memeluk erat keduanya.

Tak ada tombol on-off pada ENCO Buds, karena ketika Gadgetarian mengambil earbuds dari cangkangnya maka secara otomatis ENCO Buds akan aktif dan siap disisipkan di telinga kita.  Bentuk buds agak memanjang dengan finishing glossy pada seluruh bodinya.  Seluruh bodinya yang menggunakan finishing glossy sempat membuat kesulitan saat mengambilnya dari cangkang karena licin.  Namun ada triknya, yaitu menggunakan ibu jari untuk mengungkitnya keluar.

Jika kedua ENCO Buds terpasang di telinga maka bersiaplah untuk menyandingkan dengan perangkat lain seperti ponsel kita, jangan lupa aktifkan bluetoothnya ya.  Earbud ini kompatibel dengan Bluetooth 5.2 yang memberikan koneksi lebih stabil dan menjadi aksesoris sempurna untuk ponselmu seperti OPPO A74 5G.  ENCO Buds mudah dikenali oleh ponsel kita karena begitu bluetooth diaktifkan maka ENCO Buds langsung nampak di layar ponsel untuk disandingkan.  Selanjutnya mainkan musik atau mainkan video dan dengarkan dentuman serta gemerincing dari ENCO Buds.

Bagaimana dengan jangkauan bluetoothnya?  Saat kami gunakan dengan ponsel, ENCO Buds tetap terhubung dengan baik meskipun kami menjauh hingga ke lantai dua.  Namun jangan terlalu banyak tembok yang menghalangi, karena bluetooth bukanlah supir bajaj yang jago belok sehingga jika melewati tiga halangan seperti tembok, maka sambungan akan terputus.  Namun setidaknya Gadgetarian tak usah membawa ponsel ke toilet ketika akan BAB karena halangan satu dua pintu saja masih bisa diterobos kok dengan dengan Bluetooth 5.2.

Berikutnya Gadgetarian bisa mengoperasikan ENCO Buds dari ponsel atau dari ENCO Buds sendiri.  Jika Gadgetarian ingin menjeda musik yang sedang diputar cukup sentuh sekali ENCO Buds.  Sentuh buds dua kali maka Gadgetarian akan mendengarkan lagu berikutnya pada playlist.  Ketuk tiga kali untuk masuk ke mode game serta sentuk lama maka volume akan naik atau turun.  Dengan demikian Gadgetarian bisa mengatur ENCO Buds tanpa memegang ponsel sehingga ponsel tetap bisa tersimpan di tas atau kantong.

Suara yang dihasilkan jernih dan nyaman di telinga karena suara yang dihasilkan tidak bising namun pas di telinga.   Earbud ini juga menggunakan teknologi Call Noise Cancellation Cerdas berbasis model DNN, suara Gadgetarian akan diekstraksi dengan tepat dari kebisingan sekitar selama panggilan. Gadgetarian juga akan tetap dapat mendengar suara orang-orang di saluran lain meskipun Gadgetarian sedang menerima panggilan di tengah keramaian.

ENCO Buds memiliki sertifikasi IP54 yang tahan debu dan air, sehingga Gadgetarian tetap bisa mendengarkan musik atau menerima telepon saat sedang mandi sekalipun.  Meski demikian tidak dianjurkan mandi sambil dengerin musik ya, bisa-bisa nggak bersih mandinya, hehe.

Secara keseluruhan performanya baik, dan baterainya pun hemat karena kami gunakan untuk memutar ratusan lagu baterai masih oke, bahkan kami yang tak sanggup mendengarkan banyak lagu.  Secara teori earbuds ini bisa digunakan seharian tanpa kehabisan daya, sangat cocok buat Gadgetarian yang geman mendengarkan musik sepanjang hari atau sebagai teman di perjalanan.

Harga Rp 599.000

Kesimpulan:

Sebagai earbuds entry level, ENCO Buds memiliki kualitas suara yang prima dengan value for money yang cukup tinggi.  Tingkat kenyamanan yang cukup tinggi juga menjadi nilai tambah bagi ENCO Buds.  Dengan harga Rp 599.000 sangat layak untuk dimiliki apalagi jika membelinya saat promo.

Spesifikasi

Dimensi: (Case Pengisian): 67,0 mm * 40,4 mm * 27,2 mmUkuran (Earbud): 22,2 mm * 19,6 mm * 22,7 mmUkuran (Kotak): 120 mm * 120 mm * 36 mm

Bluetooth:  Versi Bluetooth: 5.2Jarak Bluetooth: 10 m

Kapasitas baterai: 40 mAh (Earbud) / 400 mAh (Case Pengisian Daya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Developed by PT Meta Abadi Komunika (c) 2023